Rabu, 04 April 2007

Wajik Ketan


Description:
Hari ini mulai tahap 'pembersihan' stok bahan makanan di dapur sebelum hari H (hari H apaan sih...? ntar aja jelasinnya ya ;-p).

Yang pertama ditemukan di kardus adalah 300 gr beras ketan putih sisa oleh oleh Uci pas ke Madras waktu itu (weeeh, udah lama banget itu ya Ci hehehe..). Yang kepikiran sih dibikin Lupis. Cuma males nyari daun pisangnya. Jadinya mending yg gampang aja.... yang gak perlu dibungkus bungkus.

Ini kedua kalinya saya bikin wajik setelah dulu pernah bikin Wajik Pandan Nangka. kepengennya sih dicampurin nangka biar legit.... Tapi ya itu... males nyarinya.. hehehe

Ingredients:
300 gram beras ketan putih, rendam 2 jam
150 gram air panas
200 gram santan kental dari 1/2 butir kelapa
250 gram gula merah, sisir halus (saya pake 200 gram saja)
2 lembar daun pandan, sobek sobek
1/2 sdt garam

Directions:
1. Kukus beras ketan 15 menit. Angkat kemudian siram dengan air panas. Aduk dan biarkan hingga meresap.
2. Kukus kembali selama 30 menit sampai matang. Angkat.
3. Masak santan, gula merah, pandan dan garam hingga gula larut.
4. Tambahkan ketan. Aduk rata dan masak hingga santan meresap.
5. Tuang ke loyang ukuran 16 x 16 x 4 cm yang sudah di alas daun pisang (saya pake 18 x 18 dialasi plastik, makanya agak kurang tebal hasilnya). Tekan tekan dan padatkan.
6. Potong potong setelah wajik dingin.



Sumber Resep : artikel "Oleh oleh Khas Berbagai " majalah SEDAP edisi I / VIII / 2007
Resep lain yang udah saya coba dari artikel yang sama:
Onde-onde dan Bakpia Kacang Hijau

45 komentar:

Dewi Joris mengatakan...

Mbak, I love wajik even nggak nge fans amat. Cuman kok males mbikin sendiri soale disini udah banyak sih ya...tapi boleh juga ah kapan2 bikin sendiri hehehehehehehe

Lisa Aries mengatakan...

hehehe.. iya mbak Dewi..
Saya juga kali kalo bisa beli mendingan beli aja... hahaha.

★ 김 호 은 ★ mengatakan...

Mantep nich hasil bikin sendiri yach mbak , enak dan gurih nich keliatannya bagi dong !!!

ine elkaje mengatakan...

aku juga demen wajik...asal nggak ngletis.
pernah bikin dah lamaaa .... di cetak pake cookie cutter satu persatu, jadi.. wajiknya nggak berbentuk wajik. yang doyan cuma aku sendiri...jadi kapok bikin!

tapi kalau wajik Ny Weeks....gak mau ah...muaniiiiis banget!

Lisa Aries mengatakan...

di Korea ada yang jual beras ketan gak..? Bikin aja..

Lisa Aries mengatakan...

Wah, boleh juga ya di cetakin pake cookie cutter.... ;-p. Pariasih gitu.. hehehe
Aku juga gak suka Wajik yang terlalu manis mbak Ine... eneg makannya.

Ezra Thadeus Karundeng mengatakan...

aku doyan...aku doyan....tapi belum bisa bikin sendiri. ihiks!

Lisa Aries mengatakan...

pasti bisa..... hehehe. Cupcake aja bisa kan.. ;-p

Riama Haryanto mengatakan...

Lis... enak nih :)

fitri - mengatakan...

doyaaaaaaaaaaan.. tapi yang makan pasti cuma aku kalow buat gini.. minta ajah yaa.. he..he..eh

helien sampurna mengatakan...

hem wajikkkkkkkkkk, kapan kapan bikin ahhhhhhhh.

Julie Villa mengatakan...

Gampang yah ternyata, nyontek yah mbak.........

Caroline Atmadja mengatakan...

Gampang ternyata tapi ketannya ngga ada hehe...sama juga boong :(

Romanya Romanya mengatakan...

Lis, wajikkk....udah lama engga liat nich makanan...:)

yulini aredini mengatakan...

Aduh Lisa, jadi ngiler deh, kayaknya oke tuch.. aku ngiri dech, habis kayaknya disitu enak ya bisa masak2 terus.. waduh kalo aku susah kalo dah niat mo buat apa2 eh Rafee-nya ngak bisa diem..

maaf jarang online ... mengatakan...

hmmmm mantafff!!! eh salah mantabbbb pake B :)

Lisa Aries mengatakan...

mayan mayan...

Lisa Aries mengatakan...

Ini juga kayaknyabakalan aku yang paling banyak makannya nih.... hahahaha..
Tapi Nasha doyan lho.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

disana gak ada yang jual mbak..?

Lisa Aries mengatakan...

Iya.. bikinnya lumayan gampang kok... Dulu juga aku kira ribet... ternyata bisa lah...

Lisa Aries mengatakan...

hehehe.. Iya ya.. India emang gak ada beras ketan sih....
Eh, tapi katanya di Madras ada yang jual lho

Lisa Aries mengatakan...

bikin yok bikin...gampang...

Lisa Aries mengatakan...

hehehe.. nunggu Rafee-nya agak gedean aja kali, baru bisa ditinggal ke dapur.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

di Perancis ada yang jual beras ketan gak...

Ema Rahmah mengatakan...

hmmmm....mulai sibuk yang mo mudik (lagi) ya...? *soktahu.com*

Mama's threeboys mengatakan...

Duh bikin ngeces ajah ....*nyomot ah*...

Diana Agustin mengatakan...

asyik bisa di coba neh resep....sepertinya gampang en praktis ( mudah2an) hahahah..........

Nana Heitmeier mengatakan...

aku mau matengnya ajah :-)

R G mengatakan...

wah Lis...wajiknyaaaaa....dulu aku suka bikin, tapi sekarang disini banyak jadi males

Pottre Medure mengatakan...

makasih buat bagi-bagi resepnya ya, mbak Lisa. you're one of my best mp cooking mentors! ;)

Nining Soeryono mengatakan...

gue fans berat wajik... :D
Pernah dulu gue jadi wellsite witness di rig. Service company-nya tau, klo gue yang akan witness the job. Sampe rig, ada wajik segambreng...banyak banget, udah menunggu...
Kerja jadi terasa lebih menyenangkan :)))

Nita Aryanti mengatakan...

Mau pulang ya Lis? *nebak* Hehehe...gw dah lama gak bikin wajik euy...Pdhl itu kesenengan si yayang..*cuek*

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

doyan tapi gag maniak banget ... he he he ...

Lisa Aries mengatakan...

kalo aku.. DOYAN BANGET... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

mau pulang ataaauuuuu...? hehehhee

Lisa Aries mengatakan...

sama... gue juga nge-fans banget sama wajik....
sayang belom pernah ada yang nyedian wajik segambreng buat gue.. hahhaa

Lisa Aries mengatakan...

Aduuuh....
Mbak Sri membuat aku ge-er nih... *maluw*

Lisa Aries mengatakan...

hehehe... iya ya rat...
Sekarang lagi berada di 'sarang' wajik... Ngapain repot repot bikin.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

ah.. elo Naaa...

Lisa Aries mengatakan...

gampang kok... gampaaaang...

Lisa Aries mengatakan...

bikin yuk bikin.... gampang kok...

Lisa Aries mengatakan...

hmm.. mudiiik... ;-p

Helen Manik mengatakan...

sama doyan baaaanget juga nih mbak Lisa

Santy Tan mengatakan...

aloo....makasih banget yaa untuk recipe-nya.
Aku tadi coba bikin and hasilnya enak and gurih sekali loh.
Sebernernya yg kpengen makan itu papa-ku tapi satu kluarga pada bilang enak loh.

thank you so much for sharing the recipe with us here.

Unknown mengatakan...

Klo hasilnya nglethis apakah bisa dimasak lagi?