Sabtu, 28 Juli 2007

Pendaftaran Dual Kewarganegaraan bagi anak hasil Perkawinan Campur

Seperti yang saya udah janjikan di postingan sebelumnya,  kali ini saya pengen menuliskan pengalaman kami pas ngajuin permohona dual kewarganegaraan buat anak kami, Nasha Nadeera.  Keseluruhan prosesnya, alhamdulillah berjalan lancar tanpa ada halangan yang berarti...  Kini kita udah bisa bernafas lega deh, gak perlu dipusingin soal ijin tinggal kalo mau masuk ke Indonesia....

Pendaftaran ini kami lakukan di Kantor Wilayah (Kanwil) Departemen Hukum & Hak Asasi Manusia DKI Jakarta Jln. MT Hayono, Cawang.

Berikut ini persyaratan berupa dokumen yang harus disiapkan untuk masing masing anak yang di daftarkan.  Keterangan selanjutnya, nanti saya tuliskan di bagian bawah...

  1. Surat Permohonan orang tua (yang WNI) ditujukan kepada Menteri Hukum & HAM melalui Kanwil DepHukham.  Diketik dan dilengkapi materai sebanyak 2 lembar
  2. Fotocopy kutipan akte Kelahiran anak yang disahkan oleh pejabat yang berwenang (legalisir) sebanyak 2 lembar
  3. Surat penyataan orang tua bahwa anak belum kawin.  DIketik dan dilengkapi materai sebayangak 2 lembar.
  4. Fotokopi KTP orang tua WNI yang disahkan oleh pejabatyang berwenang (legalisir) sebanyak 2 lembar.
  5. Fotocopy kutipan akte perkawinan / Buku Nikah atau kutipan akte perceraian atau akte kematian salah satu orang tua yang disahkan oleh pejabat yang berwenang (legalisir) sebanyak 2 lembar
  6. Fotocopy passport anak yang telah disahkan oleh pejabat berwenang (legalisir) sebanyak 2 lembar.
  7. Fotokopy Kartu Keluarga orang tua yang disahkan oleh pejabat yang berwenang (legalisir) sebanyak 2 lembar
  8. Pas foto anak terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 7 lembar

Keterangan yang saya tulis dibawah ini, cuma hasil dari pengalaman kami pas mendaftar 3 bulan lalu yang mungkin berguna sebagai bahan pertimbangan atau buat siap-siap aja.  Pengalaman ini mungkin banget berbeda dengan pengalaman orang lain.  Jadi gak bisa dijadiin patokan yang pasti yaaach.... Just for sharing...

  • Surat permohonan akan diberi oleh petugas Kanwil dengan biaya pengganti fotocopy Rp. 5000,- yang semuanya harus diisi dengan cara diketik kemudian dibubuhi materai.  Saran saya:  Supaya gak repot bolak balik ke Kanwil (bagi yang ngurus sendiri kayak saya yah, kalo pake agen ya yg repot agennya.. hehehe), apalagi di MT Haryono susah cari jasa pengetikan dan hasil fotocopy yang disediakan Kanwil kualitasnya jelek banget, mendingan disiapin aja sejak awal surat permohonannya lengkap dengan Materai.  Contoh surat Permohonannya ada banyak kok kalo di browsing.... atau hubungi saya ajah..  :D
  • Buat anak anak yang lahir di luar negeri, jangan lupa menyiapkan terjelmahan dari Akte Kelahiran anak dan harus diterjemahkan oleh Penerjemah tersumpah dan distempel resmi.  Akte kelahiran luar negeri dilegalisir oleh Kedutaan Negara yang bersangkutan.  Atau kalo gak mau repot repot ke Kedutaan, bisa legalisir di Kanwil asal membawa Akte Kelahiran yang asli dengan biaya legalisir Rp. 100.000,-
  • Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga bagi yang berdomisili di Jakarta dilegalisir di Kantor Kelurahan masing-masing.  Tapi buat yang di luar Jakarta kata petugas Kanwil legalisir dilakukan di Kantor Kecamatan.
  • Fotocopy passport anak dilegalisir di Kedutaan negara yang bersangkutan atau di Kanwil dengan membawa passport asli dengan biaya legalisir Rp. 100.000,-
  • Buku Nikah dilegalisir oleh Kanot KUA atau yang mengeluakan akte Nikah tersebut atau di Kanwil dengan membawa aslinya.  Biaya sama..  Rp. 100.000,-
  • Beli Map untuk keperluan arsip Kanwil Rp. 50.000,-
  • Biaya resmi pendaftaran WNI yang kata petugas Kanwil masuk ke kas negara adalah Rp.500.000,-  (disertai kuitansi) per anak.
  • Tapi hati-hati dengan Biaya Operasional.  Yang ini udah pasti gak ada tanda terimanya dan jumlahnya bisa beda beda.  Pertama saya tanya berapa biaya pendaftaran WNI, petugas langsung menjawab 1 juta rupiah.  Untungnya saat itu selain saya ada 2 orang ibu lagi yang sama sama mendaftarkan kewarganegaraan buat anak anak meraka.  Setelah perundingan kilat dengan ibu-ibu tadi, akhirnya kita sepakat protes karena ternyata kita gak dapet harga yang sama.  Baru deh ketauan bahwa biayanya cuma Rp. 500.000 saja.   Biaya Operasional menurut mereka digunakan buat transport bolak balik ke Pengadilan dan Kantor Menteri yang katanya gak mungkin keluar dari kantong mereka (hmmmm.... bukannya mereka udah dgaji yaaah..!?).  Jadi, biaya ini harganya bisa beda beda, tergantung kita kasihnya berapa.  Sebagai patokan aja, waktu saya tanya jawabnya buat yang ngurus sendiri seperti saya biasanya antara 300 - 400 ribu, sedangkan yg melalui agen itu 500 - 600 ribu.  Terserah deh mau kasih berapa....  atau bermuka tebal dan menolak bayar...? hehehehe...
  • Buat yang ker-KTP Jakarta, permohonan dilakukan di Kanwil yang di Cawang.  Sedang yang di luar Jakarta dilakukan di Kanwil daerah masing masing. Setingkat propinsi kali yah, saya gak tau pasti.  Tapi menurut petugas Kanwil kemaren, mereka bisa mengurus di Jakarta asal membayar ekstra 1 juta rupiah di luar biaya resmi.  Hmmm.. kayaknya bisa tawar-tawaran sih... cobain aja... hehehe
  • Lamanya proses permohonan sampai keluar SK Menteri itu maksimal 3 bulan.  Buat Nasha, berkas permohonan masuk tanggal 10 Mei 2007. SK ditandatangai Meneri Hukham tanggal 19 Juni 2007.  Tapi baru tanggal 19 Juli 2007 pas abis adzan Subuh saya dapet SMS mesra dari petugas Kanwil : "SK Menteri sudah keluar, ibu bisa ambil hari ini tgl 19 Juli 2007 jam 10.00 - 14.00 WIB.  Jangan lupa bawa oleh oleh ya Bu.. hahaha.."

Dan... resmilah Nasha berhak menyandang staus Warga Negara Indonesia.

Nantikan selanjutnya posingan tentang Tata Cara Pencabutan KITAS dan Surat Affidavit di Kantor Imigrasi... hehehehe...

Ntar tapi.... kalo ada waktu ke warnet lagi.. :D

 

42 komentar:

abid boedoyo (aka Weny K. Soeharjono) mengatakan...

Wah, ini artikel bermanfaat banget. Makasih udah sharing ya. Dan selamat buat Nasha...!!:)

Diana Agustin mengatakan...

Waduh kirain gampang bgt...kog rumit sekali keliatannya, nah yg bikin bingung surat permohonannya itu seperti gimana ??, waktu ini dpt kertas dr Embassy.... apa itu surat permohonannya ?belom liat semuanya... mudah2an disini lebih gampang. Selamat yah Nasha...

Lisa Aries mengatakan...

Yustin....
Kalo mendaftarnya di luar negeri... kemungkinan tata caranya gak bakalan sama seperti yang saya tuliskan di atas. Ini seribet ini mungkin karena kebetulan saya daftarnya di Jakarta (Indonesia) karena KBRI di new Delhi belum melayani pendaftaran dual kewarganegaraan.

Jadi untuk yg di luar negeri dan mau mendafatar di KBRI, coba deh hubungi KBRI atau temen yg udah mendaftar duluan....

Diana Agustin mengatakan...

OH gitu kirain sama ...Thank u.... emang kami udah ke KBRI en mereka bilang cuma suruh isi formulir yg mereka kasih en hrs bawa materai dr Indo....tp kami saat ini belom bikin ,thank u 4 the info...en kpn balik neh ?

Kucing Kembar mengatakan...

jadi serem mau punya anak. repot kali administrasinya. Ehehehehehehehhehehh....

Deby F mengatakan...

makasih mbak Lisa, blm baca semua ntar balik lagi

fitri - mengatakan...

mbaa...itu dokumen2 lampiran nya semua di keluarkan oleh pemerintah indonesia ? ato bole pake semacam akte lahir, surat nikah yang di keluarkan pemerintah tempat kita bermukim (USA) ? karena aku blom sempet ngurus akte kelahiran indo nya baby ku, bisa ga ya ?

Sefa Firdaus mengatakan...

selamat ya Nasha, udah punya dual kewarganegaraan

Lis, apa kabar?

lagi malas ngempi . mengatakan...

wah ribet banget ya say..baru baca yg atas aja dah pusing deh gue haaa..kayaknya mendingan ngurusinnya disini..biaya 100 euro dah bersih tuh..trs dikirimin lagi persyaratannya dan semua formulirnya, bisa ngurus melalui post. lamanya juga 3 bln. kemaren itu ngak blm bikin disini, krn kirain bikin di indo lbh murah dan gampang, taunya persyaratannya lbh bertele2 . anyway tfs..

Ma Belle Vie mengatakan...

OMG.... biaya operasional, alasannya tetep :P

Mama's threeboys mengatakan...

Makasih banyak Lisa ... postingannya pasti bakalan sering aku tengok nich :) .. bener2 makasih ya ... titip hugs and kisses buat Nasha cantik :)

Julie Villa mengatakan...

Wado byk jg yah biayanya....tfs mabk

istana sari mengatakan...

kalo sy mungkin kalo nanti menetap di Indo minta surat pengembalian kewarganegaraan nih mba lisa...thx

Florian Hutagalung mengatakan...

ih, smsnya kok gak tahu malu banget sih.... Nggak sekalian aja, "jangan lupa sogokannya yah bu!" Nyolong uang saudara senegara...

Tapi, buy the way anyway busway... Selamat yah mBak Lisa... Nashanya dah jadi WNI^^

Sylvie Gill mengatakan...

sharingnya berguna tuk teman2 yang anak2nya wna, lis
how are you.... ? kangen euy...

lily kusumah mengatakan...

ribet ribet ribet.. tapi yang penting nasha udah jadi wni ya mak.. badewei, itu sms mesra banget yakk...kukukukuk... enggak malu banget yang sms.. emang deh kalo ngadepin para oknum petugas ini bener bener 10 x 10, capeeee deeee

Coni Immanuel mengatakan...

trus nasha passportnya dua ya Lis? India dan Indonesia?
atau cuman satu aja Indonesia doang??
gue denger India nggak ada perjanjian dual nationality sama indonesia/
gimana tuh lis? gue jd bingung deh.
btw makasih postingannya ya.
salam manis buat nasha

suzan md mengatakan...

aku belom punya anak sihh..tapi aku rencananya kalau punya anak, aku maunya punya 2 nationality. thx ya mba Lisa udah kasi info. cenkyu cenkyu....heheheh muahhhh

Ria Tea mengatakan...

nasi kuning dong, nasha udah jadi wni...selamat ya lis. btw, nama keduanya nasha samaan nih sama si angel di rumah

nova lamanna mengatakan...

Thank's yach Lisa & selamat buat Nasha..... berguna sekali nih.aku baru mau bikinin buat Jasmine bln sept ini........

Deandra F mengatakan...

lg jalan2 kesini ga cm dapet ilmu resep tapi jg dapet info bagus soal dual kewarganegaraan. Lucky!! Terima kasih infonya & salam kenal dari Jepang!

F&H's Mom mengatakan...

gw juga pusing neh huhuhu...

suci sadiq mengatakan...

lis gue jawabin ya nunggin lu ke warnet kelamaan, mbak cony dah gak sabar *kidding* hehehe
jadi pasportnya mah tetep satu mbak, pasport india.
jadi nasha 'cuman' dapet kertas (affidavid) yang menyatakan nasha adalah wni yang fungsinya sama aja dengan wni lainnya (kecuali gak bisa ikut pemilu), yang pas usia 18 nanti baru nasha disuruh pilih (yg ini pasti dah tau ya) mau wn mana. jadi, saat ini, kalo nasha mau traveling, dia tetep pake pasport indianya.. sekian dan terimakasih hehehe

Mom AG mengatakan...

duh ribetnya ya kalo ngurus di Indo ... blom tau nih mbak kalo ngurus disini...

tnx for infonya mbak.

flora mitton mengatakan...

Kalo di KBRI Thailand sepertinya gak begitu sulit, aku pernah teelp. cuma foto copy passport suami, akte kelahiran suami dan anak harus di cap oleh Kedutaan mereka.Nah yang itu aku belum sempat ngurusnya.so jadilah anakkku masih tetap satu warga negara. Hehhehe padahal pas ngurusin passport inggrisnya gampang banget loh. anyway, SELAMAT YAH NASHA ! ntar kalo pulang ke Indo gak bayar visa lagi hehehehe

Anty Harton mengatakan...

Salam kenal dari Ireland. Ngga sengaja ngeliat MP Lisa dan jadi curious juga soal kewarganegaraan anak ini.
Sampai sekarang saya belum daftar anak-anak saya. Apa ada yang bisa sharing kerugian dan keuntungan untuk anak-anak hasil kawin campur untuk punya passport Indonesia? Karena saya masih mempertimbangkan dan sampai sekarang kesimpulan masih banyak keuntungannya mereka tidak punya passport Indonesia daripada punya. Tapi kalo ada yang kasih tahu lebih banyak untungnya punya kewarganegaraan Indonesia mungkin saya bisa bujuk suami. Thanks.

Lisa Aries mengatakan...

Buat Mbak Anty di Ireland...

Menurut keterangan petugas imigrasi ketika saya mendaftarkan wni buat putri saya, saya gak perlu membuat passport indonesia. Anak saya tetap punya satu passport yaitu passport India (warga negara ayah). Dan untuk keperluan perjalanan keluar masuk Indonesia anak saya dibekali Surat Affidavit (liat postingan saya selanjutnya) yang harus ditunjukan kepetugas airport Indonesia setiap keluar atau masuk Indonesia. Surat ini harus kita simpen sampe anak berusia 18 thn.

Jadi kesimpulan sementara yang bisa saya ambil SK Mentri tentang kewarganegaraan anak dan surat affidavit itu cuma berlaku jika melewati imigrasi airport indonesia aja (dgn menggunakan passport tetap passport wna). Kalo sang anak melakukan perjalanan di luar indonesia kemungkinan tetep statusnya wn negara yang bersangkutan (bukan wni, karena gak punya passport Indonesia)

So far, saya belum bisa share tentang kerugian atau keuntungannya. Karena anak saya baru jadi wni selama 3 bulan dan selama itu saya belum pernah menggunakan surat affidavit di airport Indonesia. Keuntungan yang bisa saya rasain sementara ini adalah gak perlu repot repot memperpanjang ijin tinggal yang ribet makan banyak waktu dan biaya kalo tinggal agak lama di Indonesia seperti sekarang ini. Yang udah kebayang saya bisa pulang ke Indonesia sama anak kapan aja saya mau dan selama apapun saya mau... hehehhee... Tinggal ambil tiket dan terbang ajah. Tentu aja kalo kita gak punya rencana untuk tinggal lama di Indonesia, kayaknya gak perlu ribet mikirin soal ini ya.. :D

Kalo ada yang punya pengalaman merugikan dengan status wni-nya... boleh dong di -share.... Kepengen juga denger kerugiannya punya status wni buat anak kita.

Anty Harton mengatakan...

Thanks Lisa. Memang kalo harus tinggal di Indonesia lebih dari 3 bulan jadi repot ya kalo harus mengurus ijin tinggal terus-menerus.
Yah sudah, karena sekarang kita kalo ke Indonesia paling setiap 2 tahun sekali dan tinggal tidak pernah lebih dari 1 bulan, saya pikir anak-anak tidak perlu dual citizenships. Thanks once again and tetap posting hal-hal seperti ini ya, it's brilliant, really useful for other people.

Lisa Aries mengatakan...

Sama sama....

Nambahain aja. beberapa mnggu lalu saya nontn Kick Andy di Metro TV yg membahas soal anak anak perkawnan campur yg terpaksa terpisah dari ibunya yg WNI. Jadi menurut ibu-ibu yg tampil di Kick Andy ini, status dual WNI diharapkan mebantu ketika hal buruk terjadi dalam perkawinan campuran kita.

Auzdubillahi min dzalik.... amit-amit... Kita gak mau ya ada yg jelek jelek di perkawinan kita. Maunya langgeng sampe mati.... Tapi misalnya terjadi perpisahan entah itu perceraian atau kematian, kita sebagai ibu tidak kehilangan hak kita mengasuh anak-anak kita.... Seperti yg dialami ibu2 di Kick Andy itu...

Jap Siek Ling mengatakan...

Salam kenal Mba....Nama saya Ling. Infonya bermanfaat banget nih.... Kalo diijinkan pengen japri donk soalnya saya butuh informasi lbh lanjut.. Thanks banget ya......

Insebu *-* mengatakan...

Mbak..makasih banget ya. Ini ngebantu banget. Aku link blog Mbak buat temenku yg kebetulan lagi ngurus dual citizenship.

wu meini mengatakan...

sis,mau nanya lagi nih!
kira2 kl anak-ku lahir di indo(suami org korea),maka anak warga negara mana?
ada yg bilang kl dapat 2warga negara,apa betul?
maaf jadi merepotkan dengan pertanyaan2 ini.
mohon bantuannya ya ^^

TQ

hayati you mengatakan...

thanks ya for sharing...soalnya anakku baru 2 bulan lom di daftarin dengan adanya info ini sangat membantu....kesian klo anakku jadi warga korea...

me yayuk mengatakan...

hai april, thanks for sharing.artikelnya berguna sekali..salam kenal

IKEU YOO mengatakan...

Lam knal semuanya aku Ikeu anakku usia 8 tahun ......kebetulan aku ngerasa senasib karna anak ku jg berwarga negara ganda (sudah mengurus semuanya sampai tahap affidavit ) dan sekarang sedang tahap kelurahan utk memasukkan nama anak di KK dgn status WNI tp jadi bingung apakah perlu mempunyai pasport indonesia atau tidak ya??? karna menurut ibu kanwil setelah affidavit selesai kita harus memasukan nama anak ke KK setelah itu membuat pasport kemudian tahap berikutnya ke kantor pengadilan yg ada di Slipi membawa AKTE utk membuat catatan pinggir menyatakan bahwa si anak telah mempunyai dwi warna negara karena Aktenya adalah WNA, agar bisa bersekolah di sekolah mana saja di Indonesia (selama ini anaku bersekolah di sekolah International Korea )

anggia jenny mengatakan...

Lisa, apakah boleh saya kontak lewat japri, ada banyak hal yang ingin saya tanyakan karena suami juga orang India. mohon kirim kesediaan ke email saya anggiajenny@hotmail.com. terima kasih.

ponco cio mengatakan...

Salam Kenal Mas...
saya sedang ingin mengurus kewarganegaraan anak saya dari wna menjadi wni
boleh saya minta contoh surat permohonan affidavit-nya gak??
terimakasih sebelum...

ija abdullah mengatakan...

hi mba lisa...
salam kenal yah...
mba aku mau tau donk agen apa aja yah mau ngurusin kewarganegaraan.secara aku baca kok keliatan nya mumet bgt aturan nya...
dan aku punya big problem,ternyata sekarang ini keluar peraturan bahwa anak yang lahir di atas 2006,paling lambat ngurusin nya agustus 2010 kemrn,aku nga tau ...
aku udah nanya ke KBRI,mereka bilang mesti ada acc dr imigrasi jakarta,dan aku tanya mereka bilang nga bisa lagi karena udah di kasi waktu ampe agustus 2010 kemrn. this is my fault :((
mungkin ada ibu-ibu yang masalah nya sama seperti aku,bisa sharing nga..
atau mau kasi info,bagi orang tua yang terlambat mendaftarkan anaknya.

thank you for helping me...

kartini aprilia mengatakan...

Hi mba lisa,

salam kenal

makasih buat infonya tp boleh tau ga agen yg ngurusin dua kewarganegaraan bis kyaknya ribet.
kebetulan akhir bulan ini saya akan melahirkan di jakarta, jadi perlu ngurus2 dokumen.
sekalian boleh minta japrinya dan contoh surat permohonannya.
makasih banyak ya mba

ade

Charlene OLshop mengatakan...

Sϊƨ gimana carangurus surat affidavit di indonesia? Dimana yah? Anakku kelahiran america tapi mau tinggal di indonesia sampai 18th gitu.. Gimana ngurus surat2nya yah kira2? Tolong email aku yah di merrydelacour@yahoo.com, tq :)

sameer sultan mengatakan...

mba nasha, kalau pakai passport india dan visit ke india, kan kalau pulangnya di airport nanya
visa untuk indonesia mana, sedangkan apa yang saya tau, kalau udah ada affidivit dari kanwil
kitasnya di tarik, dan kalau nggda kitas reentry permit nggda, dan kalau di airport mana saja
di india pasti nanya visa untuk kembali ke indonesia, tolong dong balas ya, trm ksh

LAPAK SYIFA mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.