Rabu, 01 Agustus 2007

Pencabutan KITAS & Pemberian Surat Affidavit

Setelah SK Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia tentang Kewarganegaraan Nasha keluar, kami langsung menuju ke Kantor Imigrasi Jakarta Barat untuk keperluan pencabutan KITAS dan pembuatan Surat Affidavit.

Surat Affidavit ini menurut keterangan yang di dapat dari Imigrasi kemaren sih fungsinya sebagai dokumen yang menerangkan bahwa pemegang surat itu adalah Warga Negara Indonesia.  Surat tersebut harus ditunjukan kepada petugas imigrasi Bandara saat keluar dan masuk Indonesia.  Anak yang bersangkutan tidak perlu membuat passport Indonesia, dengan kata lain tetap menggunakan satu passport yaitu passport asing. Karena passportnya asing, si anak juga tidak dikenakan Fiskal saat akan keluar Indonesia seperti pemegang passport Indonesia.  Surat Affidavit ini harus disimpan sampe anak berusia 18 tahun, saat dia harus memilih satu kewaganegaraan.

OK, paling nggak gitu lah keterangan yang saya dapet kemaren.  Pelaksanaannya nanti belum tau gimana.  Apa masih tetap ditanyakan passport indonesianya atau tidak.  Atau kalo ada temen temen yang kebetulan udah pernah memakai surat ini untuk keluar masuk Indonesia... boleh doooong... sharingnya....  :)

Untuk keperluan pencabutan KITAS dan Affidavit, yang pertama tentu beli formulir dulu.  Formulirnya ada 2 map.  Map pertama warna kuning untuk pencabutan KITAS dan map kedua warna merah untuk permohonan Affidavit.  Setelah pyunya 2 map tsb, bawa ke loket WNA (loket Ijin Tinggal), nanti petugasnya bakal ngasih tau apa yang mesti dilakuin.

Pencabutan KITAS

  1. Surat Permohonan ditujukan kepada kepala kantor Imigrasi yang bersangkutan, disertai dengan materai.  Karena proses ini sangat cepat dan gampang, saran saya teteeep... persiapkan surat permohonan dari rumah.  Biar gak bolak balik.
  2. Isi formulir yang disediakan di dalam map kuning
  3. Fotocopy passport anak ybs
  4. Fotocopy KTP Ibu (WNI)
  5. Fotocopy Kartu Keluarga
  6. Fotocopy SK Menteri Hukham tentang Kewarganegaraan anak
  7. Fotocopy surat nikah
  8. Fotocopy akte kelahiran anak

Semuanya dimasukan ke dalam Map Kuning, disertai dengan KITAS anak yang asli dan Buku POA (pengawasan Orang Asing) yang asli

Permohonan Affidavit

  1. Surat Permohonan pembuatan Affidavit diberi oleh petugas loket WNA.  Diisi lengkap (boleh tulis tangan) trus ditempeli materai
  2. Isi formulir yang disediakan di dalam map
  3. Fotocopy SK Menteri Hukham tentang kewarganegaraan anak
  4. Fotocopy akte kelahiran anak
  5. Fotocopy Buku Nikah
  6. Fotocopy KTP Ibu
  7. Pas Foto terbaru anak ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar

Masukan semua bekas ke dalam Map Merah, disertai dengan Passport anak asli.

Jangan lupa bawa Akte Kelahiran anak, Buku Nikah dan KTP ibu asli untuk dicocokan dengan hasil fotocopynya oleh ptugas loket WNA.

Pencabutan KITAS dan Pemberian Surat Affidavit cuma perlu waktu 1 hari.  kalo kita dateng ke Imigrasinya pagi hari jam 08.00 - 09.00, Surat Affidavit udah bisa dimabil abis makan siang sekitar jam 14.00.

Tentu aja prosesnya akan jauh lebih cepat kalo ada 'memo'  dari salah satu pejabat kantor imigrasi. Tapi pasti kita harus siap bayar 'uang jasa' kalo pilih jalan ini :D.  Kalo pilih urus semuanya sendiri seperti saya kemaren yang emang sengaja menghindari segala bentuk memo dan pilih jalur umum, pengurusan semuanya ternyata....  GRATIS.

35 komentar:

Ag P. mengatakan...

tfs Lisa

Diana Agustin mengatakan...

belom pernah tuh.....tp thanks infonya

mariena payne mengatakan...

Lis...kayaknya urusan nya ribet banget ya.
Waktu urus pasport Josh di KBRI di Wellington, 2 orang bilang " oo agak sulit nih n makan waktu 3 bulan..mendingan bayar viscal aja deh " Tapi untung ada kepala bagian visa di situ n tuh Bapak langsung bilang " nggak koq...ini mah cepat ngurusnya..palingan cuma 3 hari selesai "
Ternyataaaaaaa..anak yg lahir setelah 1 Agustus 2006..gampang urus tp kalo yg lahir sebelumnya emang butuh agak lama ngurusnya, Lis.

Waktu Josh cuma serahin surat lahir n surat nikah ortu aja.
Bayar 490.000 an gitu deh.
Maka waktu aku baca persyaratan tuk urus pasport anak di Indo..ya amploppppppppp ribet amat ya.

Jadi Josh keluar masuk Indo kemarin pake pasport .

Lisa Aries mengatakan...

Josh keluar masuk Indo pake passport Indonesia..? Trus masuk US pake passport apa..? Indonesia...?

mariena payne mengatakan...

Josh punya 2 pasport, say......
Yg satu pasport Indo jadi dia ngak perlu bayar viscal
Satu nya pasport New Zealand
Jadi punya 2 pasport, tp yg Indo cuma bisa ampe umur 18 tahun aja, setelah itu kan harus pilih mau pegang pasport RI atau NZ.

Julie Villa mengatakan...

Makasih buat infonya mbak Lisa.....

nova lamanna mengatakan...

Thank's Lisa......

Hani Louisville mengatakan...

TSF Lisa:)

R G mengatakan...

Thanks for sharing Lis!

Liza Indrean mengatakan...

Thanks info-nya Lis, anak-anak sampai sekarang masih pakai KITAS, Insya Allah dijemput tahun depan, let's see mudah-mudahan saya punya waktu untuk ngurus DK-nya.. di Canada saya belum pernah cari info di konsulat untuk ngurus DK.. tau' nih kena syndrom ntar-sok hehehe.. sun sayang buat Nasha yaa..

Neng Fani mengatakan...

Mbak, makasih info nya

titie lindgren mengatakan...

makasih ya mbak Lisa untuk infonya ;))

D J mengatakan...

wah ternyata ribet yak.. thanks atas infonya ya mbak.. berguna banget.. dan salam kenal :)

annie kimura mengatakan...

salam kenal........Annie

Seriyawati - mengatakan...

makasih infonya...bermanfaat banget nih...mau coba urus ah...ke KBRI di Tokyo...

Mulyaning Indrasih mengatakan...

Salam kenal ....aku lagi cari agent untuk perpanjangan Kitas etc. bisa bantu ngak ya? Urgently banget......
Thank you
BR/Iin

agus nugroho mengatakan...

Hi Lisa..
SElamat atas pengurusan afidavitnya! setelah ada UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 12 TAHUN 2006; anak2 hasil wni dan wna itu emang dapet 2 warga negara; klo aank mix tsb buat passport indonesia maka pastikan pasport itu dapet stempel ni-nationality sebagai produk UU no 12 th 2006 itu; dan umur 18 ato 21 aku agak lupa tuh anak mesti milih mo jadi wni apa wna..jgn sampai ketinggalan update info; ketinggalan info bisa berape lo! Thanks. Agus Nugroho; FYI, multiply gue blom guwe update jadi masih kosong; akmu bisa tengok aku di http://agusnugrohojr.blogspot.com/ sudilah kiranya kau punya sedikit waktu and tinggalin komentar..blog itu terbuka untuk umum...salam kenal!

encs utama mengatakan...

aku riat,aku suka tuh berita dari kamu aku juga dah beberapa kali baca uu yang baru no 20 1 agustus 2006 bahwa anak yang lahir dari hasil perkawinan beda negara setelah uu ini ditetapkan akan memiliki 2 kewarganegaraan sampai umur 18 tahun atau sudah menikah dan harus menyampaikan permohonannya paling lambat 3 tahun setelah usia tersebut,yang pingin gue tanyakan sama kamu sejak usia berapa anak kita bis amembuat pasport indonesia dan pasport luar.ok thanks

Agus Nugroho mengatakan...

Hai Riat,

bedasarkan pengalaman pribadi ni ye...ga ada batasan mulai kapan anak boleh dapetin passport dalam negeri. Secepatnya aja klo emang anak tsb ingin berstatus dua warga negara yang segera daftarkan. Tentunya kamu mesti dapetin avidafit dulu. trus segera urus paspor wni nya. Nah dalam pengajuan pasport wni tar kamu bisa melampirkan copy avidafit untuk mendapat kan stempel khusus di halam muka pasport. Stempel tsb menerangkan bahwa status kewarganegaraan anak ini merupakan produk UU no 12 th 2006 yang pernah aku tulis diatas.

Sebenernya, klo dah punya pasport wni yang ber-stempel 2 warga negara kita ga perlu ngurus pasport luar negeri lagi sih. Krn aturan itu jelas berlaku untuk pasport indonesia aja.

Tp, klo emang pengin dapetin pasport wna ya..kpn aja bisa dibikin. Tp kamu harus milih dari awal, klo anak kamu mo dapetin pasport wna berartio kamu ga bakal dapet fasilitas istimewa dari negara indonesia, dua warga negara itu. Krn fasilitas dua warga negara di persembahkan utk anak2 pemegang pasport RI dan mempunyai ibu ato bapak wna. gitu...eh silaken dateng ke blog saya...
http://agusnugrohojr.blogspot.com/

Agus Nugroho mengatakan...

multiply gue: http://agusnugrohojr.multiply.com/

encs utama mengatakan...

buat kang agus nugroho,makasih banyak masukannya,bisa aku jadikan referensi nantinya,kebetulan anak aku baru lahir sedangkan menurut uu tersebut bahwa anak yang lahir dari hasil perkawinan beda negara setelah 1 agustus 2006 atau setelah ditetapkannya uu tersebut maka anak tersebut memiliki dwikewarganegaraan.secara otomatis anak tersebut sampai usia 18 tahun atau 21 tahun.menurut aku bisa memiliki pasport dua negara,yang belum aku pahami apakah anak aku harus mengurus avidafit dulu agar bisa membuat pasport wni.sedangkan anakku lahir setelah uu itu ditetapkan.terus ketika sudah sampai batas usia yang ditentukan untuk memilih salah satu kewarganegaraan apakah seorang anak bisa mendapatkan sttus wni sedangkan dia di lahirkan dan di besarkan di negara lain.dan andaikan aku harus mengurus surat avidafit kenapa tidak bisa melalui perwakilan negara kita di mana kita tinggal.makasih ya kang agus atas masukannya karena itu sangat bermanfaat buat aku dan keluarga aku

Agus Nugroho mengatakan...

Hoi Riat!

O ya…Jangan terlalu sungkan untuk bertanya.
Aku senang bisa berbagi informasi. Selamat ya..atas kelahiran anaknya!

Benar bahwa status warga negara ganda atau dwi-nationality itu hanya sampoai usia tertentu; 18 tahun. Nah..kalau anak kamu ada di luar wilayah teritori RI ya mesti ngikut aturan sono ga bisa ngikut aturan RI, krn dimana kita berpijak disitulah hukum yang berlaku buat kita termasuk anka kamu itu.

Soal pengurusan dua warga Negara untuk status anak harus diurus di wilayah Indonesia ga bisa di tempat lain, meskipun di kantor perwakilan Indonesia yang ada di Negara lain. Kenapa bisa demikian?? Krn UU tersebut adalah hukum RI jadi secara otomatis berlaku untuk di wilyah RI terutama masalah pendaftaranya.

Mau tau solusi lain ttg warga Negara?

encs utama mengatakan...

buat kang agus,

lah bagaimana dengan status anak yang lahir setelah uu itu di tetapkan.apakah tetap harus mengurus status kewarganegaraan indonesia,apakah sudah jelas di dalam uu tersebut disebutkan bahwa anak yang lahir setelah uu itu ditetapkan maka anak tersebut memiliki duakewarganegaraan sampai batas yang telah di tetapkan juga menurut uu tersebut.
makasih ya kang agus dan jangan bosan tuk kasih masukannya!

Agus Nugroho mengatakan...

ya, dalam uu tsb sudah jelas bahwa anak yang lahir dari perkawinan wni dan wna di indonesia akan mempunyai dua warga negara, tetapi ortu mesti ngurus pendaftaran ke imigrasi setempat....

semoga urusan kamu dan anak kamu lancar..have a nice weekend!

Agus Nugroho mengatakan...

buat riat,

janganlah sungkan bertanya....

alfonsus gollu mengatakan...

istriku ngurus avidafit di kbri tokyo minggu lalu, kayaknya gampang banget deh.
nggak tau sih bayarnya berapa,,tapi kayaknya mudah pengurusannya.
semoga memang mudah.

almira Green mengatakan...

salam,mau add comment ttg dual citizenship nih,putriku lahir bln january di riyadh,dady nya u.s, aku wni, terus sama kbri riyadh,kita disuruh bikin passport u.s. terus bikin yang indo dech,alhamdulilah lancar,cuma 5 hari n tak ada oknum yang meminta fee extra.

Tjenarvi Tjenarto mengatakan...

Halo Agus :-)

Ada pertanyaan nih:
1. Kalo anak nya adalah produk UU no 12 th 2006 dan mempunya paspor RI dengan cap 2 negara, bearti itu anak bebas visa ke negara sang ibu/ayah wna donk?

2. Ada informasi yg mantap dan jelas dan detail buat PEMBUATAN KITAS untuk sang Istri WNA dari hasil sponsor dari sang Ayah wni?


Terima kasih and Regards :-)

Heny Gerrits mengatakan...

Saya senang bisa dapt info banyak disini soal anak yg punya 2 kwarganegaraan. Saya ada pertanyaan bagi siapa aja yg bisa kasih masukan.
1. Anak saya yg pertama lahir 2004 (pake KITAS) dan sudah punya passport asing. Sudah urus pencabutan KITAS. Tapi belum punya passport Indonesianya. Apakah dia bisa keluar negeri hanya dengan menggunakan passport asingnya atau harus urus passport Indonesia juga?
Begitu juga anak saya yg kedua lahir tahun 2007, sudah punya passport asing.

Apakah kedua anak saya tersebut bisa keluar negeri hanya dengan menggunakan passport asing mereka?

Terima kasih and regards

Heny Gerrits mengatakan...

Sorry, belum kasih salam kenal buat Lisa, saya Heny.

Nambah nich pertanyaannya.
1. Apa anak dgn 2 citizenship bisa bikin passport Indonesia before 18 tahun?
2. Apakah dengan mempunyai affidavit, anak tidak dikenakan fiscal klo mo keluar negeri?
3. Anak saya yg kedua lahir 2007, sdh punya passport asing. Apa dia tetap harus mengurus surat affidavitnya?
Apa dia jg harus sertakan photocopy SK Menteri HUKHAM? waktu mau mengurus affidavit?karena dia ndak punya.

Thank you.

sara chan mengatakan...

1 .saya mau tanya kalau 2 warga negara mau sekolah di indonasia ribet nga?....terus per syaratannya apa aja?...kalau anak yang lahir sebelum agustus prosedurnya berapa lama?...tolong di jawab soalnya aku lagi butuh banget nih...tolonong jawabannya dikirim ke email,www.thomas chan99@yahoo.com.sg} masih ya gbu

panca buana mengatakan...

sy mau tanya ya, kalo orang asing sudah urus visa untuk datang ke indonesia dan skrng sudah punya kitas apakah mesti ngurus perpanjangan visa lagi ya? visa itu dibuat cukup sekali atau bgaimana. ini karena mau buat SKPPS dan SKTT. trims banget

Ina Malina mengatakan...

Terima kasih untuk info yg sangat membantu ini. Saya mau tanya,anak saya lahir tahun 2010 dan sudah memiliki paspor amerika. Yg mau saya tanyakan:
1. Apakah perlu pembuatan surat affidavit juga dan bentuknya seperti apa?stiker yg ditempel di paspor amerika anak saya atau selembar kertas?
2. Foto copy SK HUKHAM itu di dapat dari mana?krn waktu saya dapat akta lahir anak, saya juga dapat surat pernyataan bahwa anak saya memiliki kewarganegaraan ganda terbatas sampai usia 18 tahun. Apakah SK mentri HUKHAM adalah surat tersebut?
3. Pada saat akan pergi ke amerika, apakah bisa menggunakan paspor RI-nya saja walaupun tdk ada visa amerika.
Mohon bantuannya, terima kasih.

Unknown mengatakan...

Mohon Info.ini sangat gawat n penting.Saya WNA China.oleh Imigrasi pasport saya di stamp merah.katae GA boleh masuk ke Indonesia lagi karena saya melakukan (pemalsuan dokumen)nikah dgn WNI.kira2 betapa tahun ya Saya masuk RI LG.THX

Unknown mengatakan...

Salam sukses semuanya ...


Kami adalah Perusahaan Biro Jasa resmi di Kantor Dirtjen Imigrasi dan Depnakertrans. Kami dapat membantu rekan-rekan sekalian dalam hal kepengurusan dokumen Keimigrasian dan Surat Izin Tenaga Kerja Asing, seperti halnya :

- RPTKA ( Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing )
- IMTA ( Izin Mempekerjakan Tenaga Asing )
- Visa Tinggal Terbatas
- Visa Kunjungan Sosial Budaya
- Visa Kunjungan Beberapa Perjalanan
- Kartu Izin Tinggal Terbatas ( KITAS )
- Kartu Izin Tinggal Tetap ( KITAP )
- MERP
- Dan lain lain

Dengan bekerja sama dengan kami, kami pastikan bahwa semua permohonan dokumen Keimigrasian anda akan dapat di setujui oleh Dirtjen Imigrasi Jakarta dan Instansi Terkait, karena kami Perusahaan Biro Jasa resmi di Dirtjen Imigrasi Jakarta dan Depnakertrans.

BIAYA YANG KAMI TAWARKAN SANGATLAH JAUH LEBIH MURAH DI BANDINGKAN DENGAN AGENT - AGENT LAINNYA, KARNA NIAT KAMI HANYALAH MEMBANTU ANDA.
PEMBAYARAN DILAKUKAN SETELAH DOKUMEN / SURAT IZIN ANDA SELESAI.


PT. ELANG PRATAMA INDONESIA
081316746237 ( Call )
081316746237 ( Whatsapp )
nusantara.service.document@gmail.com