Selasa, 06 Maret 2007

Bakpia Kacang Hijau


Description:
Dikomenin ".. rajin amat..." gak papa deh... Emang saya bikin bakpia ini udah lama diniatin kok ;-p. Gak mungkin banget milih bikin bakpia kalo alesannya cuma iseng... hahaha.

Sejak liat resep berikut fotonya di majalah Sedap (dari jaman make free trialnya Cepeceng), saya udah kepengen banget nyoba bikin sendiri. Cuma kayaknya agak ribet pas baca cara membuatnya. Setelah beneran dicoba... ternyata gak susah susah banget kok. Mulai dari tahap pertama sampe tahap menggiling, menggulung melipat.. lancar dan cepet... Masalah baru timbul pas nyampe bagian ngebuletin adonan setelah diisi... hehehe. Gimana cara ngerapetinnya sampe sekarang masih bingung...

Ingredients:
Bahan A:
250 gram tepung terigu protein sedang
1 sdm mentega putih (karena gak punya pake mentega biasa aja)
50 gram gula tepung
140 ml susu cair

Bahan B:
250 gram tepung terigu protein sedang
100 gram minyak goreng
1/4 sdt garam

Bahan isi:
100 gram kacang hijau kupas, rendam 1 jam
150 ml santan dari 1/2 butri kelapa
1/8 sdt garam
1 lembar daun pandan
75 gram gula pasir


Directions:
1. Isi: Kukus kacang hijau selama 20 menit, angkat.
2. Masukan santan, garam, daun pandan dan gula pasir. Masak sambil diaduk sampai kalis. Angkat. Bentuk bola-bola dan sisihkan.
3. Bahan A: Campur tepung terigu, mentega, gula tepung dan susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. bentuk bulat, sisihkan.
4. Bahan B: Campur semua bahan sampai rata dan menggumpal
5. Timbang bahan A masing masing 15 gram dan bahan B masing masing 10 gram. Bulatkan
6. Pipihkan bahan A. Isi dengan bahan B. Giling tipis panjang, gulung. Lipat kiri ke kanan, sisihkan. Lakukan hal yang sama pada semua adonan.
7. Pipihkan adonan, beri isi kemudian bentuk bulat. Pipihkan sedikit. Letakan di atas loyang tanpa dioles margarin
8. Oven 10 menit dengan suhu 180 C. Keluarkan dari oven, balik semua bakpia kemudian oven lagi 10 menit.
9. Balikan ke sisi pertama, oven 5 menit. Balikan ke sisi kedua, oven lagi 5 menit sampai matang (cape gak...? hehehehe)



Saran Pakar: seperti ditulis di majalah Sedap
Kalo dioven langsung 15 menit, bagian atas bakpia akan menggembung sehingga ketika dibalik tidak akan menghasilkan permukaan yang rata (dan bener lho... hehehe)

Tutup adonan yang lagi nunggu dikerjain dengan lap basah supaya gak kering. Kalo kering kulit bakpia bakal pecah pas digiling (yg ini saran -standar- saya hehehe.. )

Sumber Resep: "Oleh-oleh khas Berbagai Daerah" Majalah Sedap edisi I / VIII / 2007
Waktu itu bikin Onde onde juga dari sumber ini...

98 komentar:

Rini rienee mengatakan...

Aduh Lisa.............ini mah prof banget..........aku mo coba bikin ahhhhhhhhh
Aku pernah buat, tapi kok kulitnya jadi keras ya, salah dimana ya Lis.
Love, rini

indry hadiutami mengatakan...

Ibu satu ini emang rajin banget.. andaikan aku tetangganya pasti deh kecipratan bakpia yang masih anget.. (hi..hi.. gr amat yak!)
Aku suka yang isinya cokelat dan keju.. ada resepnya gak?

ummi nida aufal mengatakan...

subhanallah Lisaaaa
acung jempol deh, buwat lisa!

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

resep satu ini harus disimpen ... langsung aku print ya Lis ...
sorry gag langsung dicoba ... tau ndiri kan, tukang bakarnya lagi gag di rumah ... :))

suci sadiq mengatakan...

waaah top banget lo mak!! itu bisa bikin dua kali gak kira2??
hehehehe

Lisa Aries mengatakan...

Wah.. gak tau juga mbak Rini.... aku juga baru bikin sekali ini doang... hehehe
Ini juga kulitnya gak selembut bakpia pathok Yogya sok.. agak kering memang. Makanya pas masih agak panas langsung aku taro ditempat tertutup.. biar kulitnya agak lembut kena uap.. hahahahha..

Lisa Aries mengatakan...

Kalo buat aku, bakpia itu isinya harus kacang Hijau.... hahahaha
Gak ada resepnya mbak Indry... pake keju dipotong potong aja kali...

Lisa Aries mengatakan...

Alhamdulillah Feb... ternyata bisa juga makan bakpia di India.. hehehe

Lisa Aries mengatakan...

Nah.. Fit, ntar kalo bikin trus hasil kulitnya lebih lebut dan tau cara ngerapetin adonan setelah diisi.. bagi bagi ilmunya yak..

Nining Soeryono mengatakan...

iyah bener... rajin banget lu :))

Lisa Aries mengatakan...

Nah itu dia mak.. yang gue belom yakin... wakakakkaa *puas lo?*

Lisa Aries mengatakan...

ya harus dooong... kekekeke

Caroline Atmadja mengatakan...

Kayak ngelipat bakpao kali terus ditekan *saran ngawur :D*

Lia Gurun mengatakan...

pesen aje deh gw ga mungkin bikin beginian mah, pemalas.co.id :P

Lisa Aries mengatakan...

udah kepikiran gitu Lin.. tapi ini adonannya kering, diteken gak bisa nempel...
btw, ada resep bakpao gak... hehehe

Lisa Aries mengatakan...

iya.. lo pesen aja sono... mau pulkam ini kan...
Sekalian pesenin gue yak... hehehe

Ezra Thadeus Karundeng mengatakan...

slruuuuuuuuup....pas banget nih buat temen minum kopi sore hari. bagi dong lis!

maaf jarang online ... mengatakan...

top markotop beneran mbak lisa ini!! mantabbb lah!!

Lia Gurun mengatakan...

mau berapa kardus, gw mau beli bakpia patok neh :p

Riama Haryanto mengatakan...

Nyam nyam ..:D buka usaha bakpia aja lo disana, Lis :D

Lisa Aries mengatakan...

yang banyaaaaaaaaaak....

Lisa Aries mengatakan...

*lari kedapur bikin kopi, bentar lagi sore*
hehehehe

Lisa Aries mengatakan...

wadoooh.. tengkyuuuu... bikin geer ajah

Lisa Aries mengatakan...

Hmmm.. *mikir-mikir*
Ntar setelah gue menemukan cara ngerapetin adonan setelah diisi.. hahahahhaa

Ara Jakbar mengatakan...

rajin banget dech..ibu ini

Lisa Aries mengatakan...

tuh kan.... heheheh Jadi maluuuu.. ;-p

★ 김 호 은 ★ mengatakan...

Nich...akhirnya dapet juga resepnya mbak Lisa........terimaksih banyak yach mbak, tak copy dech resepnya aku tuh dari dulu mikir ada ngak yach yg bisa buat resep Bak'pia . ternyata oh...ternyata dateng juga impianku .

Sefa Firdaus mengatakan...

aduuuhhhhhh beneran hebat deh dirimu Lis, semua makanan yg gue suka elo bisa
jadi pengen jadi tetangga sebelah deh

Helen Manik mengatakan...

waktu aku bikin bakpia, gak aku balik2 tuh mbak
soalnya aku pikir kan nantinya didalam perut dibalik2 lagi *kabuuur*

Helen Manik mengatakan...

waktu aku bikin bakpia, gak aku balik2 tuh mbak
soalnya aku pikir kan nantinya didalam perut dibalik2 lagi *kabuuur*

Helen Manik mengatakan...

9. Balikan ke sisi pertama, oven 5 menit. Balikan ke sisi kedua, oven lagi 5 menit sampai matang (cape gak...? hehehehe)


waktu aku bikin bakpia, gak aku balik2 tuh mbak
soalnya aku pikir kan nantinya didalam perut dibalik2 lagi *kabuuur*

Lisa Aries mengatakan...

sama-sama....
Minggu lalu ada juga lho yg sukses bikin bakpia... tapi saya lupa, mp-nya siapa ya... hehehe

Lisa Aries mengatakan...

gue juga mau tetanggan... bisa nitip nasha kan.. hehehhe

Lisa Aries mengatakan...

hehehe.. bisa aja mbak helen niiiiiih.. *kejaaaaaaaaar*

XXXX YYYY mengatakan...

duh..gw pengen buat...cm deg2an...takut ga jadi :(
ngiler banget lis liatnya....

Rita bellnad mengatakan...

Lissss... bakpia dari dulu masuk list daftar coba, tapi gak pernah kesampean... huebat bener kamu....huhuyyy.... kost deh kost di india aku hiahahah...

F&H's Mom mengatakan...

wahhhhh kangen sama yg ginian, jajanan waktu kecil nih, eh didaerah kita nyebutnya roti O nih, soalnya bulet2 seperti O kekeke...

Lisa Aries mengatakan...

pasti jadi deh... soalnya kan ini kue yg gak perlu pengembangan (apa yak bahasa yg pas... kekeke, maksudnya kuenya gak perlu ngembang gitu...;-p)
Pasti jadi asal sabar... hahahhaa

Lisa Aries mengatakan...

sama mbak Rita... hehehe. Bakpia juga udah lama ada list.. sekarang udah bisa aku coret dari daftar deh... hehehehe

Lisa Aries mengatakan...

daerah mana tuh Ish..?

Annisa 4482 mengatakan...

wowww loooks sooo good goood gooooddd comot ahhh satu eh dua.. hihihi.. jadi kepengennn

F&H's Mom mengatakan...

daerah rumah ku dan sekitarnya kekeke...

mariena payne mengatakan...

Ini kesukaan ku....rajin banget sih Lis...juga hasilnya cantik banget.
Kelihatan lembut kulitnya ya...kalo deketan aku bisa bisa minta nih..heee

Nana Heitmeier mengatakan...

wadoh mak....ini makanan paporitku...mau dunk mak dikirimin 2 biji ajah :-D

Mamiek Syamil mengatakan...

Whuaaa...cuantiikkk....!

Lisa Aries mengatakan...

Ayo Nis... coba bikin.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

pentung Aisha.... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Iya emang niat banget pengen nyobain, mbak Mari.. ;-p. Udah lama bakpia ada di daftar tunggu resep yg pengen dicoba.... Sekarang daj puas deh... hhhehe

Lisa Aries mengatakan...

masih banyak nih Naaa...

Lisa Aries mengatakan...

*geer dipuji mbak Mamiek* Thanks ya mbak.. ;-p

Nita Aryanti mengatakan...

Ck ck ck ck..hebatnya dikaw bikin bakpia..Aku ikutan seneng liat resepnya aja deh..:-P

Lisa Aries mengatakan...

gak susah kok Nit.. (kecuali pas ngebungkus isi... hahahahah)

Dany Primanita Kartikasari mengatakan...

weits ada master cook Lisa, mau nanya nih, ngupas kacang hijaunya gimana caranya :(

Lisa Aries mengatakan...

ini beli yang udah dikupas.. ;-p. Banyak yang jual kok mbak..

Ma Belle Vie mengatakan...

Bakpianya bagus banget say :)

Dave Kahlil mengatakan...

mbak, boleh juga kumpulan resepnya diterbitan jadi buku panduan masak!
hitung-hitung tular ilmu, apalagi ada ragam kaya kuliner India!

Lisa Aries mengatakan...

hiihihi... lumayan lah nih... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Dibikin buku...? wah gak berani mimpi Bang Dave... Wong resep saya dapet nyontek semua kok.... *malu*

realist craftsman istp mengatakan...

jadi inget.. aku mau bikin bread/roti.. tapi kecelakaan, trus teksturnya jadi kayak bakpia (>_<) keras pula. ada hangus2 gitu di 2 sisi rotinya juga, krn aku gak punya oven, masak pakai loyang dimasukin panci (>_<).. hiks.. musti kecelakaan lagi biar jadi bakpia lagi hihihi..

Coni Immanuel mengatakan...

buseeeet lisa... iya niat bener :) sallluuuut dah

Ani Bowolaksono mengatakan...

bakpia bangeeeeet, mba

Mama's threeboys mengatakan...

Gileeeee .. cantik banget bakpia-nya ... rasanya mirip bakpia pathuk nggak Lis? apa lebih enak malah? ...*mauuuuuuuuuuuu* ....

Romanya Romanya mengatakan...

mau coba ah! Lis, temen saya, org sini, liat blog MP kamu..ngiler ama curry chicken muffin kamu, terus minta di terjemahin ke Engish....:) kayanya dia mau coba bikin...

Dwiana Porter mengatakan...

Iya nih Lis, mayan banyak loh yg suka ama makanan india mu. kenapa gk di post pake inggris aja jadi kita gk pusing terjemahinnya kemereka hahaaaa...
ini jajanan pasar ueenaaakkk banget jadi inget kampung halaman.

Estri U mengatakan...

Lis..bener2 niat loe ya bikin bakpia...segitu ribet cara bikinnya....*sambil nyomot atu*

Sefa Firdaus mengatakan...

bisa dong ;;)

vivi rahayu mengatakan...

Menggiurkan banget sih mbak. Baker sejati nih.... disana ada kacang ijo kupas yak?! *jadipengenmakanbakpia*

Lisa Aries mengatakan...

eh iya... bisa ya, pancinya gosong gak Nit.. *pertanyaan oon* ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Iya Con.. emang niat banget kok bikin bakpia...
Wah, kalo gak bener diniatin, gak baklan bikin deeeeh... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

iya mbak Ani... lumayan lah.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

lebih enak ya gak mungkin Lin... hahahahaa...
Rasanya ya bakpia... masih jauh banget dari nikmatnya bakpia pathuk ;-p. Tapi lumayan lah mengobati rindu...

Lisa Aries mengatakan...

Orang India Roos..?
Chicken Curry Muffin itu sebetulnya rasanya gak seperti chicken curry sih.... kebetulan aja pake chicken sama bumbu curry... ;-p. Tapi menurut saya rasanya gak India.. hehehe

Lisa Aries mengatakan...

Sebetulnya aku emang lagi nyoba bikin resep pake English. Cuma karena keterbatasan banyak hal (baca: keterbatasan kemampuan berbahasa Inggris... hahahaha)... jadinya ya pelan pelan aja deh.. hehehe...

Kalo mau liat silakan klik di http://aprilisa-kitchen.blogspot.com (sekalian promosi aaah..)

Kalo mau nyari resep masakan India... coba browsing ke blog-blog resep orang India deh. di blog saya itu banyak link-nya... Resepnya bagus bagus...

Lisa Aries mengatakan...

Wah, niat udah dari dulu banget tri... hhahaha.. di list daftar coba resep ada diurutan atas... Sekarang baru berani nyoba.... ;-p
Baca cara membuatnya emang ribet banget keliatannya... Cuma pas dipraktekin, ternyata gak serumit bacanya.. Gw cuma butuh waktu 1,5 jam buat ngerjain dan matengin... Cepet kan...?

Lisa Aries mengatakan...

Ada banyak yang jual... alhamdulillah...
ayo coba bikin mbak Vivi.. :-)

S.e.C.r.E.t Pavilion mengatakan...

Cakep bakpia nya....lo emang yahud deh kalo bikin makanan :)

Lisa Aries mengatakan...

ah jangan gitu aaaah.. *towel Dian*

ati kusumawati mengatakan...

halah deh niy ibuw satu.....rajin bangeth yah...sayang dikau jauh Lis...walau senegara..hikzz bangetthhh....
kirimin napa ????pake DHL juga bisa koq...

Lisa Aries mengatakan...

hehehehe...
Ini juga belom maksimal kok hasilnya mbak Ati... Baru pertama kali nyoba... Jadi hasilnya masih seadanya.. *malu*

ati kusumawati mengatakan...

masih mending nyoba Lis..kita dsni ga pernah ada yg kepikiran bikin bakpia..repot banggetthh.com...

Lisa Aries mengatakan...

ini kan ceritanya selain emang kepengen makan bakpia, nyoba bikin sendiri juga sebagai 'pembuktian' diri mbak.. hhahahahaha

nova lamanna mengatakan...

Lisa, bikinin donk..............

Lisa Aries mengatakan...

Ayo coba bikin... Gak susah kok... :-)

realist craftsman istp mengatakan...

jelas gosong mbak.. abis kelamaan sih.. >_<
bikin roti gak bisa sebentar. dah gitu "oven gadungan" gitu kan cuma bisa panas rendah. kalo ketinggian ya gosong aja pantat si panci..
aku sukses waktu bikin cheesecake aja krn butuhnya emang cuma panas rendah..

Romanya Romanya mengatakan...

bukan, org bule....saya suka nyontek resep kamu khan (ngaku...:) malu deh!) terus website kamu saya link dari blog saya, dan ini temen buka linknya...:)

Romanya Romanya mengatakan...

lis, kalo pake soyabean bisa engga yach?

Estri U mengatakan...

mayan cepet seh kalo dibanding bikin cheesestick...hahaha. makannya cepet banget bikinnya lamaaaa (kalo ngegiling manual) *lah napa juga gue bandingin ma bikin cheesestick hihihi*

Lisa Aries mengatakan...

apanya..? isinya..?
Wah gak tau deh... mending diganti keju aja kali kalo gak ada kacang ijo. Kan ada tuh bakpia isi keju sama coklat

Lisa Aries mengatakan...

Nah.. bener tuh, cheese stick malah lebih lama....

Helvin_Rita Tirtajaya mengatakan...

cakep banget jadi laper niiii.. aku penasaran ama kulitnya yang berlapis-lapis itu, ntar mau cobain ahhhh... tengkiu yaaaa buat resepnya :D

XXXX YYYY mengatakan...

Hi, kalo in Australia saya tidak bisa dapat tepung terigu protein? Boleh pakai tepung terigu saja.

dita alexandre mengatakan...

lihat resep resep mu mantaf kali deh lisa,dan yg ini mau coba buat deh mudah mudahan jadi hihih lam kenal ya

dita alexandre mengatakan...

sekalian mau tanya dunk,kacang hijau kupas apa ya artinya.terimakasih

asri wahyuningsih mengatakan...

salam kenal mbak Lisa....
kemarin aku habis nyobain bikin bakpia ....masih penasaran kenapa ya kok bikin kulitnya belum bisa seempuk bakpia pathok hehe...

nana kar mengatakan...

Salam kenal Mbak Lisa,
Saya Nana dari Surabaya.
Minta ijin praktek resep ini ya mbak..
Bagaimana ya caranya supaya setelah ngisi, kulitnya bisa dibentuk mulus? karena di Surabaya ada yang jual Bakpia yang mulus banget bentuknya, malah diolesi entah apa sehingga jadi kuning kecoklatan dan mengkilat waktu keluar dari oven.
Kalo resep mbak di tambah kuning telor, boleh ga? apa masih bisa berlapis2 renyah? dan kalo mau diolesi kuning telor + susu supaya bisa kuning mengkilat, kapan ya enaknya dilakukannya?
Terima kasih mbak untuk pertolongannya.
Salam Nana

the dessaque mengatakan...

hm... begono tokh cara bikinnya.... orang jogja yang gak ngerti cara bikin bakpia... ^_^

rosi meilani mengatakan...

pas bgt ..lg nyari resep bakpia.nyangkut disini, nyontek yah..salam kenal..kapan2 mampir yah..:)

Unknown mengatakan...

as.wr.wb. mbak saya iseng2 googleing dan baca artikel yg mbak tulis.sya kebetulan mempunyai usaha donat karna lesunya perekonomian saat ini membuat omzet menurun karna gorengan tdk tahan lama,kemudian sy berusaha untuk menambah varian dg membikin bakpia basah.untuk rasa pia yg saya bikin rasanya lumayan enak tapi sayangnya untuk kulitnya teksturnya seperti roti dan g bisa lembek sarta berminyak kulitnya,kalau mbak punya resep serta bahan tambahan apa yg bisa membuat kulit dari pia menjadi berminyak dan elastis sudilah kiranya berbagi.trmksh