Kamis, 01 Maret 2007

Kue Sus


Description:
Tadi pagi yang biasanya jadwal tetap saya abis sarapan tuh chatting (hehehe..) sambil nyuci (mesin yg nyuci, saya mah tetep aja online)... jadi berantakan gara gara komputer ngadat. hang setiap 10 menit.. waduuuh... stress... hehehe. Jadi tadi sambil nungguin komputer ngadem... 1/2 jam-an saya pake buat ngaduk kue sus. Iseng aja sih, dari pada bengong... kekeke...

Believe it or not, ini kue sus pertama saya. Bikinnya cuma 1/2 resep aja. Selain takut gagal, juga karena sisa mentega yg ada di dapur cuma 1/2 kotak (50 gram). Alhamdulillah, jadi 12 biji ukuran jumbo.. dan sukses... Kue sus gak kempes setalh keluar oven dan tetap empuk setelah dingin. Hmm.. rasanya enak, dan bikinnya cepet. Bakal bikin lagi kayaknya nih kalo ada tamu mendadak.. ;-p

Ingredients:
130 gr Tepung Terigu Cakra Kembar (saya pake tepung terigu biasa)
1 sdt garam
100 gr margarine
4 butir telur
250 ml air

Directions:
Air, garam dan margarine dimasak sampai mendidih.
Masukkan tepung, aduk sampai matang dan tercampur rata. Biarkan hingga adonan agak hangat.
Panaskan oven 200 derajat Celcius. Masukkan telur ke dalam adonan tepung satu persatu sambil terus diaduk atau dimikser sampai rata dan halus.
Semprotkan atau sendokkan ke atas loyang kue kering beralas kertas roti/silikon. Panggang selama kurang lebih 25 menit. Angkat.
Isi sesuai selera.



sumber resep: Milis Dapur Bunda

Tips dari juru baking yang saya ikuti dan berhasil dgn sukses:
- Untuk mendapatkan kulit yang kokoh, jangan membuka oven selama memanggang.
- Kalo di permukaan kue masih ada buih buih mentega, jangan dulu diangkat dari oven. Kemungkinan kue sus bakal kempes setelah keluar dari oven. Jadi panggang sampai buih buih itu menghilang.
- Tusuk tusuk bagian bawah dan samping kue sus yang baru diangkat untuk mengeluarkan uap. Lalu letakan di rak kawat.

Nambah:
Tadi karena saya males bikin vla dan karena jadinya juga cuman dikit, jadi susnya saya isi pake sisa vla jagung manis pas bikin Sweet Corn Tart kemaren. Hehehe.. dah lama ngendon di kulkas siiiiy.... *malu*

Kalo ada yang mau diisi pake vla yg paling umum : Vla Vanilla, berikut ini saya cp dari Tabloid Nova

Vla Vanilla
500 ml susu cair
½ sdt garam
¼ sdt vanilla
75 gr tepung maizena
2 kuning telur
100 gr krim kocok

Campur tepung maizena dengan sedikit susu hingga rata, sisihkan. Masak sisa susu dan gula hingga mendidih, masukkan campuran tepung yang sudah dicairkan, aduk hingga kental. Kecilkan api, ambil sedikit adonan, campur dengan kuning telur, ratakan, tuang kembali ke dalam adonan, aduk rata, angkat. Setelah dingin, campur vla dengan krim kocok, ratakan, angkat, sisihkan.

43 komentar:

Lisna MM mengatakan...

Duh Makkkk...isengmu sungguh menggoda...kue susnya kelihatan enak sekaleee...dan pasti enak kalo Mamak yang buat kekekekekkeke :)

Pertamaaaaaaa!!!

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

mayan Lies pertama juga dah okeh banget

Sefa Firdaus mengatakan...

pertama udah cantik, bagi dong Lis
ihiks... ditempat Mbak Esther ada es kacang merah, disini ada kue sus
ngileeeerrrrrrrrrrrrrrrr

F&H's Mom mengatakan...

kirim ya selusin kikiki...

Sefa Firdaus mengatakan...

kalo gak punya rak kawat gimana?

Lisa Aries mengatakan...

isengnya menambah timbunan lemak ya... hhahahaha

Riama Haryanto mengatakan...

Dah gue tunggu2 postingannya... eh ada juga :D Mantap banget deh kue sus mu Lis :D

Lisa Aries mengatakan...

iya mbak Esther.. Alhamdulillah... :-)

Lisa Aries mengatakan...

iya alhamdulillah Sef... hehehehe
udah deg-degan takut gagal juga sih... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

yaaaa.. jangan dong, jadinya juga cuma selusin..;-p

Lisa Aries mengatakan...

ya gimana kek caranya... *bingung jga* pokoknya bagian bawah kue kudu kena udara.. biar gak lembek dan basah kena uap...

Gue juga gak punya rak kawat... pake tatakan panci yg banyak bolong bolongnya.. :))

Lisa Aries mengatakan...

kekekek.. thanks buat tips-nya Rie.. ;-p

Sefa Firdaus mengatakan...

oooo gitu ya Lis, thanks.. gue baru tau alasan pake rak kawat :D

kayaknya punya deh tatakan panci, tapi kecil... gpp kali ya

Nana Heitmeier mengatakan...

iseng membawa nikmat neh mak

Papinka .. mengatakan...

gw gak baca ah cara buatnya, pening n ribet ah, gw cuman minta tolong aja ya Jeng, TOLONG KIRIM KE RUMAH GW.
gw jd inget kalau lg pas di Bangka, hampir tiap pagi papa gw beliin kue sus,cake,dll buat sarapan.

Lisa Aries mengatakan...

gitu deeeee...
tak ada rotan akar pun jadi kan...;-p

Lisa Aries mengatakan...

lemayan nih Na....

Lisa Aries mengatakan...

wakakakaka...
Ayolah jeng Devi... ini gak sesulit bacanya kok... kkekkee

Mamiek Syamil mengatakan...

Aseeeekkk! Kue sus saya baru aja habis:). Bagus banget Mbak kue susnya:).

Rini rienee mengatakan...

Haaaaaaaaaaa.........sambil melotot...............bagus Lisa............pengen buat juga.............hehehehe
Payah ya, setiap kali liat makanan cantik semuanya pengen di buat, siapa yg makan ...........
Love, Rini

Caroline Atmadja mengatakan...

Jadi emang bener keluar buih2nya ? Aku juga belum pernah bikin soalnya.

nova lamanna mengatakan...

ini mah bukan iseng Lis tapi keratif...........hehhehehehhee
masih ada ngak , minta donk

S.e.C.r.E.t Pavilion mengatakan...

Ada yg sisa buat dicicipin gak? :D

indry hadiutami mengatakan...

Wah.. susnya mentul mentul... kemarin aku juga buat mbak Lis.. pakai vla moka.. eh ternyata Dzaki gak suka kalo sus dengan vla moka... jadi dia makan kulit susnya sendiri, trus vlanya sendiri.. di sendokin kayak bubur sumsum.. hi..hi.:)

Ani Bowolaksono mengatakan...

ada hikmahnya komputer ngadat ya, mba
jadi bisa bikin sus :D

Lisa Aries mengatakan...

Iya, alhamdulillah, ternyata gak susah susah banget ya bikin kue sus.. *malu*

Lisa Aries mengatakan...

Kalo aku suka buat bekelin suami ke kantor mbak Rini... nanti sama dia dibagi bagi...;-p

Lisa Aries mengatakan...

Iya... bener keluar buih buih banyak banget.... Coba deh bikin, gampang kok... :-)

Lisa Aries mengatakan...

hehehe... udah abis doooong..... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Jelas udah abis dong ah... elo kayak gak tau gue aja... kekeke

Lisa Aries mengatakan...

heheh.. ternyata kemaren pada rame rame bikin kue sus ya.. ;-p
Sama mbak Indry... Nasha juga yg abis duluan kulitnya.. Makanya beberapa biji gak akukasih vla.. buat Nasha...

Lisa Aries mengatakan...

iyaaaaaa.. kayaknya kalo gak ngadat, bakal keasyikan chatting.. hehehe

Lita Koeswandi mengatakan...

Kulit sus-nya kayaknya krispi banget ya Lis, kayak yang di Merdeka...

Lisa Aries mengatakan...

gue malah belom pernah nyobain sus merdeka.. wakakakaka..

indry hadiutami mengatakan...

Kulit sus enak sih mbak.. gurih.. he..he..:)

Lisa Aries mengatakan...

iyaaa... jadi kepngen nyoba bikin sus kering

afifah azzahra abdurrahman mengatakan...

hmmm lekker ,salam kenal yah mbak

fathima huriyya mengatakan...

aduhh menggoda banget nih kue susnya...:)

Lisa Aries mengatakan...

Salam Kenal juga... :-)

Lisa Aries mengatakan...

hehehehe... ayo bikin kalo gitu... ;-p

*♥ d!@n ♥* mengatakan...

Lisa mau tanya, boleh dialasin kue saus sama kertas dan cetakan ini nggak ?

Lisa Aries mengatakan...

bisa mbak....
Gak usah di kasih kertas... loyangny a dioles mentega tipis tipis

*♥ d!@n ♥* mengatakan...

Makasih Lisa, saya udah buatin ada di MP saya sekarang ini, hasil contekan resepnya Lisa. Makasih banyak2 lisa.