Sabtu, 10 September 2005

Indian Bread

Rating:
Category:Other
Indian Bread yang paling umum di kenal banyak orang terutama di luar negeri adalah Chappati dan Naan. Chappati juga jadi makanan yang umum tersebar di seluruh India. Sebetulnya ada sedikit perbedaan antara North Indian Bread dan South Indian Bread. Yaitu pada bahan baku dan cara pembuatannya.

North Indian

Bahan baku North Indian Bread pada umumnya adalah wheat flour (atta-whole wheat flour). Basic-nya adalah chappati, poori dan paratha. Ketiganya terbuat dari wheat flour yang dicampur dengan air dan sedikit ghee. Perbedaannya terletak pada cara pembuatannya.

Chappati itu dimasak (dipanggang) diatas tava (wajan datar) tanpa menggunakan minyak. Sedangkan Poori digoreng di dalam minyak yan panas. Paratha memiilki sedikit perbedaan saat menggiling... Adonan yang sudah dibulatkan, ditipiskan setipis-tipisnya.. kemudian digulung lagi menjadi bulatan.. baru ditipiskan berbentuk bundar seperti chapati. Hasilnya menjadi berlapis-lapis. Pada saat memanggang juga dibubuhi sedikit minyak atau ghee. Dari Basic Bread ini kemudian berkembang macamnya. Adonan Chappati ada yang diisi dengan potato masala (Aloo ka Paratha). Caranya adonan ditipiskan seperti biasa, terus diisi dengan potato masala, dibulatkan lagi.. dan digiling tipis lagi... baru dipanggang. Ada yang diisi Onion, Telur, Paneer dsb.. tergantung selera.

North Indian Bread yang paling populer ya Naan (banyak yg tanya kaan..? hehehe..). Naan bikinnya pake all purpose flour (tepung terigu) yang dicampur dengan curd (yogurt), telur, dan baking powder. Bentuknya biasanya nggak bundar, tapi lonjong dengan ujung meruncing. Cara masaknya dipanggang dalam oven. Naan ini juga banyak variasinya.. Pada saat memanggang, ada yang ditaburi Onion, Coriander leaves, chasew nut, kismis dll...

Yang ngetop lainnya adalah Roti. Jangan dibayangkan kaya' roti di Indonesia yah... Roti jenisnya ada Rumali Roti. Bahanya terigu campur air dan ghee, terus ditipiskan dan (banting dan lempar diudara.. heheh) setipis-tipisnya mirip kulit martabak telor. Nah yg istimewa.. cara masaknya dipanggang di atas wajan yang dibalik (cembung). Sesudah matang penyajiannya dilipat-lipat. Jenis lain Tandoori Roti. Bikinnya pake wheat flour, ditipiskan seperti chappati, trus cara masaknya ditempelkan di dinding tandoor sampai timbul bercak-bercak hitam dipermukaannya.

South Indian

Bahan baku South Indian Bread yang paling umum adalah beras baik berbentuk butiran atau tepung dan kelapa. Untuk makanan sehari-hari, selain chappati, poori dan paratha, ada banyak pilihan yang bisa dibuat. Di south India.. Paratha (di sini disebut Porotha) biasanya dibuat dengan menggunakan tepung terigu. Cara bikinnya sama.. adonan ditipiskan seperti kulit martabak, terus digulung menjadi bola.. dan ditipiskan. Bentuk (berlapis-lapis) dan rasanya sama dengan roti cane (di india sendiri gak ada yg tau kalo ditanya roti cane hehehe).

Karena saya tinggal di South India, jadinya saya lumayan familiar dengan berbagai jenis dan cara pembuatan South Indian Bread. Kalo menurut saya banyak sekali kesamaan dengan makanan yang kita buat di Indonesia. Berikut ini macam-macamnya :

Pathiri pada dasarnya sama dengan chappati. Bedanya tepung yang digunakan adalah tepung beras. Caranya air dididihkan dulu dalam panci, kemudian masukan tepung beras aduk rata. Setelah itu buat adonan... ditipiskan dan dipanggang tanpa minyak. Pathiri ini makanan khas umat muslim. Biasanya jadi hidangan pembuka puasa.

Appam atau orang south biasa menyebut vellappam. Bentuknya mirip kue apem atau kue ape di indonesia. Biasanya orang disini sangat jarang membuat vellappam dirumah.. karena konon pembuatannya susah. Kalo mau makan appam, bisanya mereka pergi ke hotel (rumah makan maksudnya hehehe..). Bikinnya dari beras dan kelapa yang dihaluskan dan difermentasi selama 10 jam. Setelah itu baru dimasak dalam appachatti.

Idiappam bahan bakunya juga tepung beras yang dicampur dengan air panas. Setelah dipukul-pukul dan menjadi adonan yang lembut trus dimasukan kedalam cetakan idiappam yang bentuknya mirip putu mayang. Kemudian baru dikukus sampai matang. Rasanya pun mirip putu mayang hanya saja yang ini teksturnya lebih kasar. Lebih mirip dengan bihun.

Puttu ya sama dengan putu Indonesia.. hehehe.. Gak nyangka ternyata disini ada puttu juga. Bahan baku tentu saja tepung beras yang diperciki air sampai lembab, kemudian dimasukan ke dalam cetakan puttu yang gede banget buat kita yang biasa liat puttu Indonesia yang ramping dan cantik.. hehehe. Bedanya lagi.. disini puttu makannya pake kari. Kalo lagi kepepet banget gak ada waktu bikin kari, biasanya dimakan pake pisang...

Idli atau rice cake. Buatnya dari beras yang direndem 6 jam dicampur dengan Urad Dal (Black Gram) yangjuga direndem. Abis itu keduanya di haluskan sehalus-halusnya... Difermentasi lagi semalem (bisanya idli buat sarapan). Paginya dimasak dengan cetakan idli dan dikukus sampe mengembang. Temennya biasanya sambar, coconut chutney dan pickle.

Dosa menjadi makanan asal South India yang ngetop di seluruh penjuru India. Bahannya sama dengan membuat Idli, kadang ditambah dengan nasi matang yang dihaluskan. Setelah difermentasi sampe 10 jam... Dosa siap dimasak. Caranya adonan yg kental di tipiskan di atas wajan dosa yg terbuat dari batu atau besi yg tebal.... Dimasak sampe benar-benar kering dan crispy. Penampakannya mirip banget sama D'Crepes... Makanya saya dulu niat banget kepengen nyobain.. ternyata rasanya asaaam.. hehehehe... Dosa biasanya dihidangkan pagi hari atau sebagai snack. Karena ngetop banget, dosa variasinya jadi macam-macam. Diisi dengan bebagai macam isian: kentang, bawang, telur, tomat dsb.... Dosa stall di depan supermarket langganan saya menyediakan dosa dengan 36 variasi rasa..!

Uttappam dibuat dengan adonan dosa. Bedanya, Uttappam tidak dilebarkan dan ditipiskan sepeti dosa, tetapi berbentuk bundar dan tebal. Diatasnya ditaburi Onion, Corriander leaves, dsb. Setelah satu sisi matang kemudian dibalik (sisi yang ditaburi bawang) dan masak sampai matang. Sekarang variasi Uttappam juga bermacam-macam.. ada yang ditaburi capsicum, paneer dsb.

Nah, selain bermacam-macam jenis yang disebutkan itu, untuk sehari-hari, terutama sarapan, kadang-kadang orang south india suka bikin appam yang gampang saja. Dari beras atau wheat yg direndam dan dilauskan bersama kelapa. Kemudian dipanggang tanpa minyak dalam wajan tanah liat. Persis sama dengan kue serabi yang sering kita beli dipinggir jalan kalo abis subuh. Tapi tentu saja disini temannya kari, bukan kinca....

27 komentar:

iir mamanya bella mengatakan...

semuanya gw doyan...kebetulan gw lagi laper nih lis....
foto2 itu bikin gw ngiler aja...
yg biasa gw makan butter naan, poori, chapati n paratha....

iir mamanya bella mengatakan...

bisa dibilang semacam pizza ga? indian pizza...hmmmm pengen nyoba...

Lisa Aries mengatakan...

iya.. emang roti asal North India itu lebih ngetop diluar...dari pada south. Kari aja beda lo antara North dan south. Kalo north itu seringnya pake cream dan sejenisnya.. kalo south pake santen...

Lisa Aries mengatakan...

Itu juga yang ada dipikiran gw pas pertama kali liat...hehehehhe

suci sadiq mengatakan...

wahhh top deh emak indian yang satu ini... baidewei, lu dah bisa bikin semuanya, ya??? kereenn....

Lisa Aries mengatakan...

ya belom lah nek... gile aje... hehehehe...
Bangsa Naan, paratha itu ribet.. mendingan beli...hhehehe

Ag P. mengatakan...

lengkap nih infonya. Aku sudah pernah makan tapi belum berani bikin sendiri.
butuh waktu lama ya. Ingin makan apem nih, tapi mahal sekali kalau beli di restauran india. Thx resep resepnya.

*tidak ingin kalah dengan temen2 nya suami yg orang Kerala asli*


Lisa Aries mengatakan...

Kalo apem itu katanya emang susah bikinnya.... Waktu itu ada yang coba mempraktekan resep yg saya post, gagal.. hehehe
Saya jadi nggak enak niiih... :(

naih Soepangat mengatakan...

Tapi diantara makanan diatas (North India) yang paling disukai berarti jenis Chappati, habis tidak tahu namanya maen hantem aja. Terima kasih, Alhamdulillah ada tambahan ilmu pengetahuan nich mengenai roti perrotian India.

Ag P. mengatakan...

nanti malam ada pesta "Onam" di Cologne, sayangnya tidak ada yg bisa beri kepastian apa ada apem disana. Suatu saat akan aku coba tuh resep apem (* penasaran*)

Lea sajah mengatakan...

dulu pernah kerja bareng orang India dia kalo bawa luch yah roti modelbeginian trus nyobain enakkkk...coba nyari2 yg jual gak ketemu..

Lisa Aries mengatakan...

Hehehehe.. Iya mbak Naih, Chappati dan Naan memang yang paling terkenal di seluruh duania. Kalo nyebut roti India pasti yang kebayang dua jenis roti itu..

Lisa Aries mengatakan...

Wah... perayaan Onam udah mulai ya di sana...? Banyak apa orang Keralanya. Disini libur Onam dimuali tanggal 14 september sampai 18 september. Tapi suasananya udah kerasa dari 2 minggu yang lalu... :D

Lisa Aries mengatakan...

Emang gak ada resto India di sana mbak..?

Ag P. mengatakan...

buanyaakkk, lebih banyak dari orang indonesia. Angka: seribu mungkin. Inipun untuk daeran Bonn dan Cologne. Aku akhirnya tak ikut krn pasti tak ada apem ;-)
Tapi karl bawain aku nasi + lauk (Kari tentunya, dan vegetaris). Mereka bahkan sudah di generasi ke tiga.
PS: di jerman kira kira 30 ribu orang dari India.

Lea sajah mengatakan...

udahh udah...ketemu...ketemu....*kegirangan*...di toko halal meat td sore.....

Lisa Aries mengatakan...

Orang India emang ada dimana-mana ya mbak... hehehehe

Lisa Aries mengatakan...

Selamat.. selamat... hahahaha... udah nyobain dong.... :D

Lea sajah mengatakan...

ho..oh...enyak..enyak...*sambil ngunyah*

F&H's Mom mengatakan...

aku sukanya paratha hehehe...

XXXX YYYY mengatakan...

mbak lis....carane bikin kolom recipes gimana ...kasih tahu ya mbak

Lisa Aries mengatakan...

gue pilih Naan.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Saya gak tau mbak..
Secara punya saya dulu udah disediain dari sananya.... ;-p

betsy yokhebed mengatakan...

mbak..beli whole wheat flour dimana ya??harganya kira2 berapa ya mbak?soalnya aku tuh ga pernah masak2 beginian..skarang lg liburan panjang,jd pengen isi waktu luang dgn bikin2 kue2 n makanan yg enak..aku tertarik mau bikin aloo paratha mbak..hehe.tlg bantuannya yaa..

oiya,ghee itu apa ya??pas manggang,pake minyak goreng aja boleh?

makasi ya mbak..

betsy yokhebed mengatakan...

mbak..kayanya naan juga enak yaa..jd pingin coba.hehe..yeastnya itu beli di toko kue aja ya?bilangnya beli ragi/yeast gitu aja kan yaa??trus mbak,yoghurtnya boleh pake plain yoghurt yg biasa dijual untuk diminum atau yoghurt khusus mbak?gheenya boleh diganti sama minyak goreng ga?

betsy yokhebed mengatakan...

mbak whole wheat flour itu maksudnya tepung terigu protein tinggi yaa??aku mau bgt bikin paratha..gee-nya boleh diganti minyak goreng ato mentega biasa ga mbak?

Regina B mengatakan...

lis,thanks buat ngejembrengin jenis2 roti di sini. aku jadi tahu beda2nya... ternyata banyak jg ya jenis2nya. aku paling suka dgn naan bread yg dimakan pakai curry... sedep....