Senin, 05 Februari 2007

Bolu Kukus Santan


Description:
Nasha sekarang setiap sore selalu nagih cemilan... "Mama... kue mana.. kue mana.." ;-p. Padahal udah semingguan saya gak bikin kue. Nasha kayaknya bosen dikasih biskuit melulu.

Bolu Kukus santan ini beberapa minggu yang lalu lagi heboh dibicarain di NCC. Kemaren juga sempet jalan jalan di MP ada yg bikin juga... (tapi MP siapa ya... lupa... *malu*). Katanya sih resepnya dari kemasan Kara. Tapi ya saya ganti santan kentel dapet meres sendiri...

Ingredients:
500 gr gula pasir
500 gr tepung terigu
6 butir telur
200 cc santan kara (saya ganti santan kental biasa)
200 cc sprite
1sdm emulsifier
Vanili secukupnya
Pasta coklat/mocca/strawberry/pandan

Directions:
Kalo menurut yang tertera di kemasan Kara yang saya baca di NCC:
Campur semua bahan kecuali pasta, kemudian kocok dengan mikser kecepatan tinggi hingga mengembang. Kalo pake hand mixer bisa sampe 20 menit. Kalo miksernya bagus (kenwood/bosch) sekitar 7 - 10 menit.

Yang tadi saya bikin sih pake cara biasa (dengan pertimbangan takut mikser rusak dan takut gak mekar ;-p)
- Gula pasir, telur dan emulsifier dikocok dengan mikser kecepatan tinggi hingga mengembang dan kaku (10 - 15 menit).
- Kemudian campur bahan-bahan lain (terigu, santan dan sprite) sambil diaduk hingga rata.
- Ambil sedikit adonan, beri warna menurut selera. Tuang kedalam cetakan bolkus yang sudah dialasi kertas sampai penuh.
- Kukus dalam dandang panas dan tertutup rapat selama 15 menit.



Saya bikinnya cuma 1/2 resep. Hasilnya lumayan banyak kok

58 komentar:

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

waaaa ... terkena wabah bolkus kara juga loe ...

Lisa Aries mengatakan...

Bukannya terkena wabah Fit... *ngeles*
Penasaran aja.. kok kayaknya banyak yg gagal ya... ;-p. Jadi sekalian bayar tagihannya Nasha sekalian nyobain.. kekekeke

JuLia G mengatakan...

Kayaknya yg bikin kemaren itu Irma, Lis. *laporan dr tukang intip resep kue tapi jarang praktek*

Sefa Firdaus mengatakan...

tunggu punya kukusan gede dulu deh Lis, skg spt biasa minta aja sama elo :))

F&H's Mom mengatakan...

cakep bolkusnya

XXXX YYYY mengatakan...

cakep bgt lis bolkusnya :) pasti enak bgt itu...apalagikl msh anget2 yummmyyy.....

Lisa Aries mengatakan...

Oiyaaaaaa... betul... Baru inget sekarang... *malu*...

Lisa Aries mengatakan...

waaaaaa.. kukusan elo pendek yak...

Lisa Aries mengatakan...

bumil.. bumil...

Lisa Aries mengatakan...

enaknya bolkus itu bisa diangetin lagi ya... ;-p

Sefa Firdaus mengatakan...

iyaaaaaaaa, 3 tingkat *ntar diphoto kalo sempet*
eh kayaknya kalo buat bolu kukus sih muat, tapi masalahnya gak punya cetakannya

Lisa Aries mengatakan...

pake cetakan cupcake yg satuan..? gak ada juga..?

Lia Gurun mengatakan...

ah keduluan elo deh ah, baru kemaren gw koment ama irma pengen nyontek :p

DhoNatneth s mengatakan...

mekar bagus lis... dulu aku pernah bikin jg cuman manyun abis.

Lisa Aries mengatakan...

ya elo bikin juga dong ah...
ini kan gue bikin bakal camilannya nasha...

Lisa Aries mengatakan...

ini juga tadi gue kabat kebit... takut gak mekar.. :D

Anita M~ mengatakan...

Thanks for the recipe.. :)

Nana Heitmeier mengatakan...

aku mo yg coklatt

Diana Agustin mengatakan...

kirim kesini dong mbak lisa.....keliatan enak bgt sih...ampe ngiler akune....disini aku masih susah tuk bikin kue mbak, abis masih sibuk ngurus si kecil.

S.e.C.r.E.t Pavilion mengatakan...

cakep bener tuh bolkus lo Lis...:)

Romanya Romanya mengatakan...

Lis kalo engga pake emulsifier, kho jadinya engga ngembang yach...ada pengganti emulsifier engga?

Lolli Pop mengatakan...

nyontek yee...!

Lisa Aries mengatakan...

you're welcome.. :-)

Lisa Aries mengatakan...

emang bikinnya banyakan coklatnya.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

hehehe.. iya, tunggu aja dulu kalo si kecil udah bisa ditinggal tinggal.. :-)

Lisa Aries mengatakan...

iya doooooong *jawaban standar*.. kekeke

Lisa Aries mengatakan...

Udah nyoba yang gak pake emulsifier..? Beneran ya gak ngembang...?
Kalo bolu kukus yang biasa sih waktu itu pernah nyoba gak pake, tetep mekar kok...

Lisa Aries mengatakan...

sok wae..!

Sefa Firdaus mengatakan...

gak punya, hehehe belum sempet beli
eh iya, kalo ovalet itu termasuk emulsifier bukan?

Romanya Romanya mengatakan...

udah Lis, hasilnya kho kaya kue mangkok, ngembang sich tapi engga lembut kaya bolu kukus. Kenapa yach?
ini saya post-in di blog saya yang lain:
http://bandung-as-you-know-it.blogspot.com/2006/12/steam-cake.html

Yola Dowling mengatakan...

Ya, Lis... Nasha udah pinter itu namanya, dia udah bisa ngebedain mana makanan enak buatan emak, mana yang hasilnya keluar dari pabrik. Wekekekekkk...

Lisa Aries mengatakan...

saya udah liat Ros... Mekarnya bagus banget padahal ya...
Terus terang saya gak tau kenapa hasilnya bisa gitu... Mungkin memang karena emulsifiernya...

Lisa Aries mengatakan...

iya... termasuk ovalet, so, quick, VX

Lisa Aries mengatakan...

kekeke.. kayaknya sih karena biskuit yang gue kasih rasanya itu itu terus... kekekeke

tiara nusantara mengatakan...

lisa, mau nanya nih enakan rasanya yang pake santan bolkusnya atau bolkus yang nggak pake santan? ,soalnya ada 2 versi, apa yang pake santan jadinya lebih lembut dan gurih?, thanks yah lis.

Imazahra Chairi mengatakan...

Mba, baking soda dan soda kue itu termasuk dalam kategori emulsifier gak?
Hiks, ngiler jadi pingin nyoba euy, menggoda IMANKU :-)
*Nasha, bagi kuenya dong ke tante* :-p

Lisa Aries mengatakan...

Kalo aku bilang rasanya sama aja... hehehe... Gak gitu terasa gurih santannya...
(secara aku cuma mengenal dua rasa: enak sama enak banget... ;-p)

Lisa Aries mengatakan...

Setahu aku sih bukan Ma... Kalo soda kue itu setahu aku untuk mengembangkan kue...
Kalo emulsifier untuk melembutkan sekaligus menjaga agar adonan tidak cepat 'turun' CMIIW.

naih Soepangat mengatakan...

Saya coba ya Lissss......kebetulan baru dapet kiriman bahan pengembangnya (emulisifier). Thanks resepnya.....resep Lisa ok punya.

Lisa Aries mengatakan...

*sambil ge-er dipuji Teh Naih* ;-p
Silakan Teh... rame rame bikin bolu kukus...

Lia Gurun mengatakan...

bikin 1/2 resep jadi berapa mak? gw pengen bikin 1/2 aja nih satu kayanya kebanyakan :D

Lisa Aries mengatakan...

1/2 resep jadi banyak... hehehe...
Gue pake cetakan agak kecil... jadi 20-an lebih

Lia Gurun mengatakan...

oke deh tar kalo dah bikin laporan, eh mak header baru mp gw gimane "pamer" masih bikin bkground neh belom jadi

Lisa Aries mengatakan...

MP..? gue baru liat yg blogspot... emang mp baru juga...

Lia Gurun mengatakan...

iye mp baru mak sayang nih ps gw lagi error bikin bkgorund belom jadi :(

Lisa Aries mengatakan...

dah liaaaaat... hehehee.... oke jugaaaaa...

Lita Koeswandi mengatakan...

Keren bolkusnya Lis..Mekar dengan sukses!

Lisa Aries mengatakan...

alhamdulillah... padahal sempet takut gak mekar.. ;-p

ati kusumawati mengatakan...

mengecewakan bangeth deh Lisaaaa...aq bikin ga pernah jadiii..huaaaaa....akhirnya..masuk tempat sampah...niy terakhir mo nyoba ah..klo gagal juga..ywdh..ga mau bikin lagi...
gampangan bikin baso deh kayaknya..(putus asa bangeth)
Lisa...cek Pm yah...dah aq jawab tuh...

Lisa Aries mengatakan...

Whuaaaa.. mbak...
Aku belom pernah berhasil bikin bakso yg nikmaaaaat... Tukeran yuuuuuk...

ati kusumawati mengatakan...

Lis..mau resep baso??nanti aq kasih ya....pake ayam cincang aja lah..
ataw aq kirmin baso??temen nya anak ku ada yg mudik ke sono ...

itu cetakan2..bawa dari Indo ya Lis???komplit bangetthhh....

Lisa Aries mengatakan...

whuaaaaaa... mau mbaaaak..
Mau bangeeeeeet....

ati kusumawati mengatakan...

aq kirim lewat piem aja ya Lis...panjang boq...

Lisa Aries mengatakan...

ok mba...

Imazahra Chairi mengatakan...

TBM itu termasuk emulsifier bukan Mba kalo gitu??? Aku bingung niy, hiks :-(

W.R Winarni mengatakan...

salam kenal makasih dah sharing ya, saya mau coba soalnya gatot mulu alias gagal total klo buat bolkus

Enny rahman mengatakan...

hai hai..salam kenal ya....lagi browsing cari resep bolkus eh ternyata nyasar ke sini...cantik banget bolkusnya...aku nyontek resepnya ya.....boleh???????

rita khairani mengatakan...

mbak gmana cra naruh pastanya n klo sp gmna/mbk? Mna lbh bgs pake vx ato sp . Mksh ych mbk.