Senin, 12 Februari 2007

Kue Bugis


Description:
Bikin dikit nih tadi sore... Nyontek dari NOVA dengan sedikit (beneran sedikiiiiiit..) perubahan. Cuma setengah resep, karena tepung ketannya juga udah sampe titik darah penghabisan.. ;-p

Ingredients:
Bahan:
375 tepung ketan putih
1/2 sdt garam
250 ml santan
50 ml air daun pandan dan suji (diganti beberapa tetes pasta pandan, dan menambah takaran santan jadi 300 ml)
daun pisang secukupnya

Isi:
300 gr kelapa setengah tua, kupas, parut
200 gr gula jawa
1/4 sdt vanili
1/4 sdt garam
150 ml santan

Directions:
1. Buat isi: campur kelapa parut, gula pasir, vanili, garam, dan santan, masak sambil diaduk sampai matang dan air habis, angkat, sisihkan.
2. Rebus santan dan garam hingga mendidih, biarkan hangat.
3. Tuangi santan hangat dan air daun suji sedikit demi sedikit ke dalam tepung ketan sambil diuleni sampai dapat dipulung.
4. Ambil 1 sdm adonan tepung, beri 1 sdt adonan isi, bulatkan, letakkan di atas sehelai daun pisang. Lakukan sampai adonan habis, kukus sampai matang.
5. Ambil selembar daun pisang olesi dengan minyak, bungkus



Tips:
- Saat membulatkan adonan, tutup wadah dengan lap basah, biar gak kering. Kalo terasa kering, celeupkan ujung jari ke air sebelum membentu bulatan.
- Selama mengukus, sesekali buka tutup dandang untuk mengeluarkan uap yang terlalu panas, supaya kue tidak mengembang terlalu besar.

68 komentar:

Trie Mayor A mengatakan...

Hmmm....menggiurkan sekali kue bugisnya Lis. *ngiler* krn aku penggemar kue bugis banget.

Lisa Aries mengatakan...

agak agak keijoan ya.. *malu*..
tadi pasta pandannya maen tuang aja sih... kebanyakan deeeeeeh

yuni hanafi mengatakan...

kuwe nang nggonku jenenge kueku lid.....

Lisa Aries mengatakan...

neng nggonku malah gemiyen ora tau nemu... ;-p

Lisna MM mengatakan...

Mama Nasha..dapat gula jawa darimana ?
uhuhuhuhuuhuh....aku gak tahan....plis deh :(

Lia Gurun mengatakan...

gw cuman bisa melongo, hiks

F&H's Mom mengatakan...

nelen ludah doank nih :P

Lia Gurun mengatakan...

gw udah beli tepung ketan lamaaaaaaaaaaaaaa bgt, mau bikin ga jadi jadi ga punya daun :(( mak lo dpt tepung ketan dimana?

Lisa Aries mengatakan...

Laaaaaah... bukannya ada banyak di India.... Yang jaggery itu loh....
Agak agak beda rasa sih, tapi gakpapa lah.. darurat... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

jangan melongo mak.. monggo diicip..

Lisa Aries mengatakan...

cari tepung ketan giiih.... ntar baby ileran lho.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Dari kardus.... wakakakaka...
Kemaren kemaren lagi beberes kardus, gue nemu tepung ketan sisa.. ada 300 gram... kekekeke. Gue udah kupa. Dicek kadaluarsanya masih desember 07... Bikin deh gueeee...

Lisna MM mengatakan...

kekekekekekkeke...macam-macam curiga aku tadi dengan kata gula jawanya itu :D
iyalahhh....sipplahhh....nanti buatin aku yahhh :D

Lia Gurun mengatakan...

sudah kau kan satu negara sama mak nasha mintalah kirim tinggal transfer aja, hehhehehehhehehe

Lisa Aries mengatakan...

harusnya gula india ya bang... hahahahhaa...

Lisa Aries mengatakan...

hush.... biar Kak Lisna cari dulu di Mumbai...
kau ini zenangnya ngomporin aza.... kekekeke

Caroline Atmadja mengatakan...

Lha itu yang dibungkus model nagasari apa Lis ?...
Kue bugisnya menarik........nyam...nyam.....*pura2nya bisa ikutan makan*

Lisa Aries mengatakan...

ya itu bugis yang dibungkus.... biar gak kering...

realist craftsman istp mengatakan...

kuehku bukannya yg isinya kacang ijo seperti isi onde2?
itu singkatan dari nama melayunya di malaysia/singapore disebut kueh angku..

realist craftsman istp mengatakan...

di india ada daon pisang yah mbak?

Lisa Aries mengatakan...

banyak bangeeeeet

Lisa Aries mengatakan...

o iyaaa... baru inget sama kue ku...
beneryang isinya kcang ijo... yang biasanya bentuknya kayak kura kura ya.. warna merah ngejreng... hehehe.. Aduh, jadi kepengen...

Kucing Kembar mengatakan...

Lis... orang Minang nyebutnya Lapek Bugih'. Sebelum dikukus, bisa ditambahkan santa di atas bugisnya. Lebih lezaat.

Lisa Aries mengatakan...

iya... hasil browsing sebelum mutusin pake resep Nova juga gue nemu banyak resep yg ditambahin santan areh sebelum dikukus.... Cuma akhirnya gue gak milih itu karena males repot... (baik nyiapin bahan, juga pas makannya... kekeke)...

Trus trus, gue sebetulnya kesemsem sama lapek bugis yg pake ketan item... cantik banget. Sayang gue gak ada tepungnya

Lia Gurun mengatakan...

gw dr tadi bolak balik kesini mulu "pdhal sibuk berat dikantor" kepengennnnnnnnnn

Romanya Romanya mengatakan...

aduh, Lis, jadi inget nenek gw, beliaw tukang bikin kue basah di Bdg....dulu wkt kecil, suka dibikinin bugis, kue pisang, lolos dll...sayanknya bakatnya engga nurun ke gw...:( jadi memble deh...

Anita M~ mengatakan...

enak buanget ni, makasih ya resep mau nyontek kapan2 punya waktu...

Rini rienee mengatakan...

Lisaaaaaa.............aku lagi numbuk ketan hitamnya mo buat lepat bugis.....sampe sekarang lom selesai......asyik juga di kasi warna hijau, kalo tau gitu mending warna hijau aja biar ngak cape numbuk sendiri............hiks
Love, Rini

Dewi OFF for a while mengatakan...

Aku minta aja deh mbak lis... *maunya*

Mama's threeboys mengatakan...

Lisaaaaa..... dari dulu kpengen bikin gak jadi2 ajah ... lagi dirundung penyakit malas nich .... *nyomot ah*

Lisa Aries mengatakan...

Waduuuh... bikin klepon aja gih... kan gak perlu daun pisang jadinya...

Lisa Aries mengatakan...

Iya Roos, tetangga depan rumah gue juga tuh.... tukan kue basah... Setiap hari kecium bau bermacam macam kue basah.. Yang paling semerbak tuh bau daun jeruk di kue pepe.... wuiiiih...

Lisa Aries mengatakan...

sama sama... aku juga suka banget
Enak....

Lisa Aries mengatakan...

Iya mbak Rini...
aku kesemsem banget sama lapek bugis yang pake ketan item... trus kelapanya pake gula putih... Jadinya cantij banget warnanya.... Sayang gak ada tepungnya...

Lisa Aries mengatakan...

siniii.. masih ada niiih... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Ini aku bikin gara gara punya ketan item aja Lin... keburu kadaluarsa...;-p

Mama's threeboys mengatakan...

Ketan item koq jadi ijo say? ... hmmm ... jadi ngebayangin bugis ketan item ... enakkkkkk

Lisa Aries mengatakan...

wakakaka.... salah ketik... *salah tingkah*

Si Neuneuk mengatakan...

ini favorite saya :( hiks hiks..mau mau...., dulu kalo ibu atau teman2 ke pasar, titipnya kue bugis :) ...rinduuuuu

Nana Heitmeier mengatakan...

*mengagumi kue bugis emaknya Nasha*

Sefa Firdaus mengatakan...

Lisaaaaaaaaaaaaaaaa, ihiks ihiks... pengen :(
cantik banget dan pasti enak

Mama's threeboys mengatakan...

hehehe ... tapi aku jadi ngebayangin bugis ketan item lho ... dikasih lagi santen kentel luarnya lekker pisan ....

S.e.C.r.E.t Pavilion mengatakan...

Kalo gitu, lo wajib kirim ke gue nih Lis..kapan lagi ngerasain kue bugis di India buatan elo..khan tepung lo dah abis nih.... :P

Yeni Yulinda mengatakan...

Salam kenal mbak...Makasih ya resep kue bugisnya

Lisa Aries mengatakan...

iya.. kalo ada tepung ketan item, mau juga bikin...
Ini gak ditambahin santan areh karena males repot Lin.. repot bikin sama repot makan.. ;D

Lisa Aries mengatakan...

ayo coba bikin aja kalo gitu... :-)
Di Canada ada tepung ketan..?

Lisa Aries mengatakan...

Eh, ada Nana... masak apa Naaa...

Lisa Aries mengatakan...

ini gue bilang keijoan warnanya Sef..... pas nuang pasta pandannya keterusan banyak...

Liesma Ibrahim mengatakan...

aih rajin banget deh...klo saya di sini pengen tinggal beli...makanya jadi pemalesan hehe

Lisa Aries mengatakan...

elo bawa tepung ketan gak... bikin giiiih...

Lisa Aries mengatakan...

Sama-sama... Salam Kenal juga.. :-)

Lisa Aries mengatakan...

Ini kan rajin karena kepepet aja Bun.... Kalo bisa beli juga aku mendingan beli deh... hehehehe

Ningtyas Sidhi mengatakan...

Wah makasih ya resepnya. Harus dicoba nih. Nggak kebayang kalau kue begini bisa dibikin sendiri. Kue ini ditempatku namanya 'papais', bedanya dibungkus dulu baru dikukus. Enak yah? Kabita euy... menggiurkan sih

Lisa Aries mengatakan...

Hehehe.. dulu aku juga gak kebayang mbak Ning.. wong enakan beli daripada bikin. Ternyata bikinnya gak susah lho... eh, pas ngebuletin setelah diisi agak susah siiih... ;-p

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

kalo di aku, disiram pake areh dulu baru dikukus ... namanya "mendut" ... he he he ...

Lisa Aries mengatakan...

iya... gw juga pernah bikin mendut pake santen areh. Sekali ini gue gak milih resep itu karena ales nyiapin santennya dan biar gak terlalu ribet makannya...

Sefa Firdaus mengatakan...

gpp, malah tambah menggoda kata gue.. apalagi gue pencinta warna hijau
udah habis ya Lis?

Lisa Aries mengatakan...

masih ada 2 biji tuh di kulkas.. wekekeke

Sefa Firdaus mengatakan...

kesana ah, sekalian jemput Nasha :)

Mamiek Syamil mengatakan...

Wuaaaa...ini kue kecintaaan! Muah...muah...*cium monitor hehehe...*
Sama kue ku dan mendut...sip deh!

Lita Koeswandi mengatakan...

Bagi dong..gue demen banget nih kue kayak beginian..

Lisa Aries mengatakan...

gue jugaaa.. Dan Lit, ini terakhir kali gue bisa bikin... tepung ketan abis... huhuhuhu

Lisa Aries mengatakan...

kue mendut... hihihihi.. Jadi inget mimpi mbak Mamiek dulu... ;-p

Lita Koeswandi mengatakan...

Terakhir kali?? Knapa? emang di sono gak ada tpg ketan? kudu import dari Indonesa?

Lisa Aries mengatakan...

iya, gak ada Lit....

Si Neuneuk mengatakan...

ada tepung ketan, tp daun pisangnya susah cari :( hiks hiks...

kuyung ilung mengatakan...

Kalau dak bikin sendiri,nggak ada tu jualan kue bugis.lagian susah tu cari daun pisangnya.

*♥ d!@n ♥* mengatakan...

Terima kasih ja Lisa, saya nyontek ja.