Sabtu, 17 Februari 2007

Onde-onde (lagi)


Description:
Li.. ini lho.. yang kemaren pas chatting gue tinggal tinggal melulu... hehehhe. Sorry ya mak... ;-p

Sisa tepung beras yg kemaren nemu di kardus itu... separo dibikin kue bugis, sisanya bikin onde onde lagi aja... wong cuma 100 gram. Udah gak bisa dibikin apa-apa lagi... ;-p. Lumayan lah... dapet 8 biji...

Dibawang in saya tulis resep dengan ukuran aslinya aja. Kalo mau bikin tinggal disesuaikan takarannya dengan bahan yang tersedia...

Ingredients:
bahan isi:
150 gram kacang hijau, rendam 1 jam
100 ml santan dari 1/2 butir kelapa
15 gram coklat bubuk (gak pake)
1/2 sdt garam
130 gram gula pasir
2 lembar daun pandan

bahan kulit:
1 sdm tepung kanji
230 ml air
75 gram gula pasir
1/4 sdt garam
300 gram tepung ketan
75 gram wijen
air untuk pencelup

Directions:
Isi: Kukus kacang hijau sampai mekar. Angkat. Tambahkan santan, coklat bubuk, garam, gula pasir dan daun pandan. Masak sampai kalis dengan api kecil. Dinginkan. Bentuk bulat kecil.

Kulit:
1. Rebus 50 ml air (dari 230 ml) dan tepung kanji sambil diaduk sampai meletup letup. Sisihkan
2. Didihkan sisa air gula pasir dan garam. Biarkan hangat. Tuang sedikit demi sedikit ke dalam tepung ketan. Aduk rata. Tambahkan rebusan tepung kanji. Uleni sampai rata dan kalis.
3. Ambil sedikit adonan. Pipihkan dan beri isi. Bulatkan kembali.
4. Celup ke air kemudian gulingkan ke wijen (tekan tekan dengan lembut dengan tangan supaya wijen menempel)
5. Goreng dalam minyak yang sidah dipanaskan dalam api sedang sampai matang.




Resep Onde Onde yang dulu saya posting, liat di sini
Sumber Resep: Majalah Sedap Sekejap

43 komentar:

Lia Gurun mengatakan...

udah abis ngapain juga sih dipajang bikin gw ngiler aje ;P

Lisa Aries mengatakan...

kikikiki
tau gak mak.. kemaren laki gue cuma makan satu akhirnya.. Nashsa juga satu... Yang 6 masuk perut gue semua... hahahahaha

Lia Gurun mengatakan...

kekkekek doyan apa laper lo :p gw dah rendem kacang ijo semalem tau deh jadi bikin apa ngak, kalo ga jadi palingan buat toge, kekekkekeke.....pengen bgt cuman males masaknya ;(( abis yg makan gw sendiri palingan....

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

hahhhh ????? ....

evida kartini mengatakan...

mbak lisa, kulitnya pake tepung beras gak???
onde2nya bikin ngilerr...

Diana Agustin mengatakan...

Hmmmmmmmmmmm......nyummy.....masak terus yach mbak lisa?

XXXX YYYY mengatakan...

cakep amat onde2nya say... jd pengen euyyy

realist craftsman istp mengatakan...

hiks.. di india ada kacang ijo jg yah.. di sini gak ada..

Helen Manik mengatakan...

mbak Lisa, sorry kemaren gak permisi, aku contek resep onde2 ketawanya mbak lisa.... enak lho. ntar aku posting ya

Henny K Teguh - mengatakan...

hmm...ini doyanan suami dan anak2, mo nyoba ah..Makasih Lis, resepnya..Mo ngerendem kacang ijo dulu deh :)

Irma Rode mengatakan...

onde-ondenya cuakep :-)

Sefa Firdaus mengatakan...

pengen sih bikin onde-onde, tapi males

Lis, tepung kanji itu tapioka bukan?

Caroline Atmadja mengatakan...

Lis, pakenya tepung beras atau tepung ketan ? Bukannya tepung ketan....

nova lamanna mengatakan...

Lis, nyomot 3 yah ...........

Coni Immanuel mengatakan...

Lisye.....sirik gue, kok eloe gampang amat dpt tepung kanji..... diganti ama tepung hunkue (corn flour) bisa nggak yah? bisa kali yah

Pottre Medure mengatakan...

hmmm bikin kangen onde-onde deh mbak... :)

Diana Agustin mengatakan...

mbak lisa....kacang ijonya gimana supaya kulitnya ilang ? di kupas satu persatu atau bakalan lepas sendiri waktu di kukusnya?

Mama's threeboys mengatakan...

Aduh ... asli ngeces nich .. pengen pisan bikin tapi males melulu nich Lis .. kumaha atuh ...*nyomot dulu aja 3 biji ya* ...

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

walah onde2 rek...bagi dong

Lita Koeswandi mengatakan...

gue minta jadi nya aja deh Lis...males bikinnya :)))

Riama Haryanto mengatakan...

Sempet2nya lo bikin Lis :)

Lisa Aries mengatakan...

Waduh Fitri......
Dilarang memberi komentar yang mengesankan gue maruk dong.... kekekeke.

Lisa Aries mengatakan...

Gue juga males bikin isinya mak..
Karena gue males gue ogah rugi... sekalian bikin agak banyak isinya... Ntar sekalian buat isian roti goreng.... mm.. apa bakpao aja yaaa...

Lisa Aries mengatakan...

resep yang aku bikin kali ini sih gak pake

Lisa Aries mengatakan...

hehhe.. kalo gak masak, gak makan dong.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

hehehee... thanks ya. Sayangnya udah abis jadinya gak bisa bagi bagi..;-p

Lisa Aries mengatakan...

Ada banyak banget Nit....

Lisa Aries mengatakan...

Wah, kao mau nyoba resep gak usah permisi juga gpp kok... hehehe....
Suka gak sama rasanya..

Lisa Aries mengatakan...

oke deeeeeh.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Thanks mbak Irma.. :-)

Lisa Aries mengatakan...

kayaknya sih.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

emang tepung ketan.. ..

Lisa Aries mengatakan...

telat.. telat... hehehe.. gak bisa bikin lagi.. tepungnya dah abis...

Lisa Aries mengatakan...

yaaaah.. ini sisa sisa jaman penjajahan... kekeke
Kan udah gue bilang.. di Amma Nana ada... Coba deh ke sana. Ntar kalo elo ke sana, gue titip ya.. :D

Lisa Aries mengatakan...

coba bikin aja kalo gitu.. :-)

Lisa Aries mengatakan...

Itu aku beli yang udah di kupas..
Kalo di sana gak ada.. pake aja yg ada kulitnya.. gak papa kok. Palingan warnanya aja nanti jadi ijo kecoklat coklatan.. gak kuning

Lisa Aries mengatakan...

yang agak males emang bikin isinya Lin.... kalo onde ondenya sih cepet...
Makanya ini aku sekalian dilebihin bikinnya.. biar bisa buat isian lain..:D

Lisa Aries mengatakan...

hehehee... disana banyak tepung ketan kan mbak... Aku dah gak punya

Lisa Aries mengatakan...

Kalo bisa beli sih beli aja Lit.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

bikinnya pas hari Sabtu Rie.... kan gue libur masak wiken.. ;-p

F&H's Mom mengatakan...

pengen, tapi gag punya tepungnya hiks

Ani Tan mengatakan...

aduh..aduh..aduh.. mbak satu ini super rajin yah.... Ini juga menantang sekali... aduh... pengen.... kirim donk mbak ..he..he.he.... Nanti saya coba bikin yah.. abis di sini.. kebanyakan yg jual onde...dalemnya kacang merah.. saya kurang suka.. enakan kacang ijo... Thanks for the recipe..

kelinci mengatakan...

Wow manteb nih onde-ondenya.
Kelinci