Selasa, 30 Januari 2007

Putu ayu


Description:
Iseng nih, jam 12 malem tapi nasha belom tidur, posting aja deh... hehehe

Ini bikinnya udah lama.. Udah sekitar 2 minggu yang lalu. Termasuk jenis kue yg paling sering dibuat, karena gampang, dan murah meriah. Yang paling penting, Nasha doyan banget. Jadinya sekalian buat cemilan dia..

Dulu udah pernah diposting juga... Kali ini saya coba pakein sp. Emang adonannya lebih ngembang dan lembut. Tapi tau kenapa saya lebih suka yg gak pake sp untuk rasa. Jadi lain kali kalo bikinnya buat sendiri doang.. mending gak usah pake. Tapi katanya kalo bikin dalam jumlah besar, sp ini membantu banget supaya adonan gak cepet turun.

Trus karena saya gak punya kelapa muda, terpaksa pake kelapa seadanya alias tua. Jadinya kasar dan gak rapih. Sebisa mungkin pake kelapa muda kalo mau bikin yaaa...

Ingredients:
2 butir telur
80 gram gula pasir
1 sdt sp (emulsifier)
125 gram tepung terigu
100 ml santan, rebus dgn 1/2 sdt garam. dinginkan.
1 sdt pasta pandan
kelapa muda parut + sedikit garam, dikukus dulu.

Directions:
Isi 1/2 tinggi cetakan putu ayu dengan kelapa parut, tekan tekan, sisihkan.

Kocok telur, sp, dan gula pasir sampai putih dan mengembang (kira-kira 10 menit). Tambahkan tepung terigu sambil diaduk rata. Tambahkan santan cair dan pasta pandan. Aduk kembali hingga rata.

Tuang kedalam cetakan putu ayu sampai penuh. Kukus dalam dandang panas selama 10 menit. angkat

PS: Resep putu ayu yg dulu pernah saya posting lihat di sini

52 komentar:

Romanya Romanya mengatakan...

Lis, cantik amet putu mayangnya...jadi pengen, tapi engga punya cetakannya...:(

Mama's threeboys mengatakan...

Cantik banget putu ayu-nya Lis ... kaya yg bikin :):):) .... *nyomot satu ya* ...

Dewi OFF for a while mengatakan...

Pinter banget mba Lis bikinnya... bener2 ayuuuuuuu......

XXXX YYYY mengatakan...

ehmm..udah alam nih ndak mkn beginian..anyway thanks ya say..:)

Donna K. mengatakan...

cantiknya putu ayune...
wess... 1 buat aku sisain ya :)

Nana Heitmeier mengatakan...

tiga2nya dicomot boleh gak neh...:-D

Helvin_Rita Tirtajaya mengatakan...

aku sukaaaaaaaa... hm.. cantik banget kaya yang bikin :>

Dwiana Porter mengatakan...

lah jgn kan Nasha yg suka - aku aja suka kok. Tapi gk pernah bikin wong cetakannya gk punya. Waktu pulkam lupa bawa he3x.

Imazahra Chairi mengatakan...

Cetakannya kudu khusus ya Mba? Hiks, gak punya soalnya, huhuhuhuhu T_T
Kirimin daku dong Mba, pesan 10 biji, dibayar pake pounds deh ^_^

Sefa Firdaus mengatakan...

putu ayunya bener-bener ayuuuu

Lita Koeswandi mengatakan...

Gue mau makannya ajah...kirimin dong!

Lisa Aries mengatakan...

pake cetakan mangkok kecil kecil aja.... bisa juga kok. Atau dibikin pake loyang gede sekalian. Cuma ngukusnya lebih lama. Makannya di potong potonng kayak cake

Lisa Aries mengatakan...

aduuuh.. itu kelapanya kasar gitu kok.. gak rapi

Lisa Aries mengatakan...

ini termasuk kue yg gampang bikinnya kok mbak...

Lisa Aries mengatakan...

sama sama mbak Marlene....
Bikinnya gampang dan cepat kok, dicoba aja... sebagai pengobat rindu...

Lisa Aries mengatakan...

hehehe.. ayo deh ke sini... nanti kita bikin lagi...

Lisa Aries mengatakan...

duh, elo mah jagoan Na... putu yu sih kegampangan buat elo... kekekekee

Lisa Aries mengatakan...

Yang kebaca cuma 5 kata terakhir nih... wekekekkee

Lisa Aries mengatakan...

pake cetakan apaan aja bisa dicoba... mangkok mangkok kecil

Lisa Aries mengatakan...

waaah.. mauuuuuu... wakakak

Lisa Aries mengatakan...

kaya yg bikin kan... wakakaka

Lisa Aries mengatakan...

wah ini kalo yg moto elo.. pasti jadinya keren banget Lit...

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

duh, lagi laper diliatin kue kesukaan ... tersiksa dech ...

Lia Gurun mengatakan...

emang ayu keq yg bikin, dah gw puji bagiiiiiiiiiiiiiiiiii dunk :p

Coni Immanuel mengatakan...

gue tuh kepengen banget makan putu ayu....tp mesti makan yg vegetarian pegimana dong lizzzz, itu telornya kalo diganti corn flour kira kira bakal bagus gitu nggak yah??

F&H's Mom mengatakan...

putunya ayu bener :P

Rini rienee mengatakan...

Aduh..cantiknya..........aku suka .............mau dong Lisa...........
Love, Rini

★ 김 호 은 ★ mengatakan...

Kirim dong kalau ada sisanya Lisa he...he....

Dely d'Lisle mengatakan...

cantik sekali putu ayunya... jadi pengen coba jg

Sefa Firdaus mengatakan...

he eh... makanya Nasha juga cantik ;;)

Lisa Aries mengatakan...

Yaaaaaah.. kan elo jagoan dalam hal kukus mengukus...

Lisa Aries mengatakan...

bikin aja bikin... ini resep anti gagal... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

lah, emang corn flour dikocok bisa ngembang apa..?
Gue gak berani nyobaa... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

kayak gue kan.....?

Lisa Aries mengatakan...

sama mbak.. aku juga suka bangeeeet... Ayo kita bikin lagi.. :-D

Lisa Aries mengatakan...

sekarang sih udah abis... kan bikinnya udah lama.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

ayo coba... bikinnya gampang banget...

nova lamanna mengatakan...

bagus bener jadinya..........ini mah iseng yg membawa hasil.................heheheheheheh

Lisa Aries mengatakan...

iyaaa.... anakpun jadi ada camilan.. ;-p

Nana Heitmeier mengatakan...

wakakak..jagoan makan seh iya :-D

Nita Aryanti mengatakan...

Lis..kl pake kelapa parut kering yg dikukus utk gantinya kelapa parut bisa gak ya? Punya cetakan udah setahun yg lalu tapi lum pernah dicoba..hehehehe

Lisa Aries mengatakan...

Gue belom pernah nyoba Nit, jadi gak bisa jawab bisa apa nggak. Tapi gue saranin sih mending pake kelapa yg muda... Jadinya putu ayunnya juga rapi....

Atau, elo coba deh.. ntar kasih tau hasilnya... ;-p Gue juga suka males marut kelapa. Kalo males marut biasanya putu ayunya gak dipakein kelapa... Ijo doang... kekeke

Diana Agustin mengatakan...

Joepie.....ini kebetulan yg aku mo bikin hari ini.....makasih mbak lisa....tak nyoba dulu dech.....*ngelonyor nang dapur*

Shelvy Linares mengatakan...

mau bikin juga tapi hak punya emulsifiernya.bisa gak yah gak pake..
eh lupa belom kenalan...lam kenal dechhh

Lisa Aries mengatakan...

Gimanaaa...? Udah jadi..?

Lisa Aries mengatakan...

Salam kenal juga....
Gak pake emulsifier juga gpp kok. tetep Putu ayunya bakal jadi. Saya malah lebih suka rasa putuayu yg tanpa emulsifier lho..

Ara Jakbar mengatakan...

lam kenal mba....

enak mana mba sama resep yg satunya :d

Lisa Aries mengatakan...

kalo aku sih lebih suka resep yang dulu. Cuma kalo pake resep yang ini pasti berhasil deh. Adonannya ngembang banget dan lebih lembut.

Lia Gurun mengatakan...

kemane aje lo mak??

Lisa Aries mengatakan...

jalan... daripada dirumah kompie gak sehat terus..

Lia Gurun mengatakan...

kenapa kompi elo emang? ngadat apa mati lampu?? pantesan aja gw buzz diem aje :D

Lisa Aries mengatakan...

ya gitu deeeeeh...
Lagi manja aja kali.. pengen dielus elus... kekeke