Kamis, 11 Januari 2007

Tumis Ikan Asin Cabe Ijo


Description:
Kemaren masih dalam rangka males masak... Jadi masaknya masih yang praktis tetapi sedap... ;-p

Ingredients:
250 gr ikan asin shark (terserah apa aja)
minyak goreng untuk menggoreng ikan
4 siung bawang putih, iris tipis
10 butir bawang merah, iris tipis
6 buah cabe ijo (atau menurut selera),iris serong
1 buah tomat ukuran besar, potong potong
2 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1/2 sdt gula pasir
200 ml air*

*gak dikasih air juga gakpapa.


Directions:
Rendam dan cuci ikan asin dengan air garam, tiriskan kemudian potong potong. Panaskan minyak secukupnya, goreng ikan setengah matang (gak terlalu kering, biar gak keras. Atau kalo suka, boleh juga sampe kering). Angkat. Sisihkan.

Panaskan sedikit minyak sisa menggoreng ikan. Tumis bawang merah putih sampai harum. Tambahkan tomat dan cabe ijo. Tumis sampai layu.

Masukan kecap manis, gula dan saus tiram, masak sebentar sambil diaduk aduk... Masukan ikan asin trus diaduk aduk lagi. Tuang air dan masak hingga air menyusut dan bumbu meresap dengan api besar.

PS: Gak usah ditambahin air juga gakpapa. Saya suka dikasih supaya ikan asinnya lunak... hehehe...

62 komentar:

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

yang ini beneran bahagia makannya abis itu nyesel...karena pasti makannya sebakul bo..... timbangan bakalan meledak lagi he he he

Lisa Aries mengatakan...

hahahahha... betul banget mbak...
Masa semalem aku makan sampe 2 piring.... *malu* Malem lho... 2 piring, gak nyadar badan udah gendut...

Annisa 4482 mengatakan...

Yummyy..uwenakkk buanget... nah makanya skrg lagi aku ngurangin masak yg ikan asin begini, adiktip! Makannya gak brenti2, kalo nasinya belom abis di rice cooker, terusss nambahh... *yg lagi program penurunan berat badan hiks2*

Lisa Aries mengatakan...

setujuuuu... hehehee..
Tapi kan gue kemaren masaknya udah kari terus... jadinya gpp kan sekali kali masak ikan asin... *ngeles aje* ;-p

yuni hanafi mengatakan...

lah lis lombokke medeni temen kuweh..mesti kiyeh dipangan dewek yah,nasha karo uppa ndeleng thok wedi kari lomboke...kekekeke

Lisa Aries mengatakan...

Lah kuwe muganeng aku tambahi "menurut selera" kkekekekke...
Ya sekarepe sing mangan, pengen sepira pedese... Angger pada ora doyan pedes ya siji bae cukup... Tapi aja diilangna, mengko judule jadi ganti... ;-p

yuni hanafi mengatakan...

kekekekeke angger bojoku njaluki lombokke separo....wedi banget karo pedes lis.

Anita M~ mengatakan...

Kelihatan nya enak banget, abang sukak amat ama ikan...
makasih ya resep nya.....

Yuli Satriana mengatakan...

wooo banyak lomboknya, pedess kayaknya tuh,
harga lombok naik nih... sekarng lombok lagi mahal disini

Dian P mengatakan...

enyak..enyak..enyak..jadi laper nih mbak lisa .. caranya gampang pula, cuma ditumis aja. Kalo aku biasanya di balado, pake cabe ijo juga sih cuma gak pake kecap or gula dan cabenya diulek . mmh..jadi tambah laper :P

F&H's Mom mengatakan...

waduhh ngilerrrrrrrr...udah lama gag makan ikan asin nih huhuhu...

julia setyowati mengatakan...

ikan asin....asin banget yah tp klo dibikin gini masih asin gak yah?

Lisa Aries mengatakan...

laaaa, lombok separo langka rasa pedese mbokan Yun... kekekeke...

Lisa Aries mengatakan...

sama sama.. :-)

Lisa Aries mengatakan...

hehehe... emang sengaja dibanyakin, biar pedes... Kalo gak suka ya kurangin aja....
aku seneng sih sama rasa pedes dari cabe ijo... Beda rasanya sama cabe merah

Lisa Aries mengatakan...

Aku udah gak pernah bikin balado lagi sejak susah nyari cabe merah seger.... hehehe

Lisa Aries mengatakan...

elo juga udah lama gak nongol... Kemana aja sih..?
Muntah muntah ya... *teteeeeeeeeeeep* kikikikiki...

Lisa Aries mengatakan...

direndem dan dicuci pake air garem dulu konon bisa mengurangi rasa asinnya ikan....
Aku nyucinya sampe digosok gosok gitu... kekekeke

F&H's Mom mengatakan...

muntah2nya seh belum mak, pusing2nya yg udah kekeke...:P

yuni hanafi mengatakan...

jare wong liya iyah.tapi nang kene lombok siji wis pada tulung2 kepedesen...mbiyen pas nganten anyar nganti aku diguyu bakul lotek gara2 kon tuku lotek njaluk lomboke separo...

julia setyowati mengatakan...

hmmm enak yah lis aku cuman pernah beli ikan asin yg digoreng kering asinnya mak minta ampun harusnya di masak kayak gini yah

maaf jarang online ... mengatakan...

sedep mantep... sepiring ga cukup kali ya :)

Rini rienee mengatakan...

Lisa, cantik banget fotonya............aku sudah masak nasi putih nich......ikan asinnya sekarang.....
Love, Rini

Lisa Aries mengatakan...

asyiiiiik.. jadi ditunggu ya... muntah-muntahnya... wakakaka...

Coni Immanuel mengatakan...

buset, gue sampe ngences geneh cuman baca commentnya temen temen...

Lisa Aries mengatakan...

saiki aku sing ngguyu yah... wakakakakakaka..

Lisa Aries mengatakan...

belinya udah sekalian di goreng..?
Kalo belinya masih mentah, bisa di rendem air garam dulu....

Lisa Aries mengatakan...

semalem aku du apiring... hahahaha.. mau nambah sepiring lagi malu ah.... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

asyiiiiiik.... nasi anget sama ikan asin, cocok banget deeeeh...

Lisa Aries mengatakan...

jangan ngeces mak... cari deh ikan asin, banyak kok di sini....

julia setyowati mengatakan...

iya lis kebetulan ada ikan goreng tipis dan kering taunya asin pisan.....aku pikir apa bisa dibumbuin begini biar si asinnya ilang abis enak juga sih renyah....asinnya alamak

Lisa Aries mengatakan...

Kalo renyah berarti kalo mau dimasak begini biar renyahnya gak ilang jangan dikasih air.... tumis bumbu dulu sampe mateng dan rasanya pas, trus masukin ikannya dan cepet cepet diangkat ya...

Kalo nggak nanti ikannya jadi lembek..

julia setyowati mengatakan...

iya lisa betul juga aku cuci jadi lembek en berair-2

Lisa Aries mengatakan...

waaaaa... bener ya... trus gimana..?

julia setyowati mengatakan...

ya udah kumakan aja tapi gak terlalu asin bingung sih klo dibikin sayur udah jadi bubur alias lembek...lis eniwei aku nyoba lontong nasi gak jadi alias jadi nasi timbel tuh

Lisa Aries mengatakan...

waduh, gimana... ngerebusnya kurang lama gak..? Kerendem semua kan lontongnya...
dipotongnya kalo udah dingin....

julia setyowati mengatakan...

direbus ato di kukus?aku dikukus jadinya nasi timbel padal udah kuteken-2 gitu lho iya klo dingin baru dipotong

naih Soepangat mengatakan...

ini obat ngegemukin nih....pasti dicoba....sudah dipraktekin soalnya, resep2 Lisa ok punya...dan selalu berhasil. Thanks sayyy....

S.e.C.r.E.t Pavilion mengatakan...

Nyari ikan asin di mana Lis? Gak pernah nemu di sini :(

Dewi OFF for a while mengatakan...

aduuuhhh enaknya mbak LIs..

Sefa Firdaus mengatakan...

ikan asin shark? shark ikan hiu?

*♥ d!@n ♥* mengatakan...

Makasih Lisa buat resep Ikan asinnya, biasanya saya goreng sama minyak aja, habis nggak tau mau di buat apaán ikan asin

Lia Gurun mengatakan...

bagiiiiiiiiiiiiiiii gw ga punya ikan asin neh :((

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

masakan ini kesukaan bapakku, tapi sekarang jdia kesukaan suamiku juga ... :)

Lisa Aries mengatakan...

Direbus mbak Julia... bukan dikukus....
Emang aku nulis di resepnya waktu apaan ya...? bukannya direbus..?

Lisa Aries mengatakan...

gue juga... wekekekeke...

Lisa Aries mengatakan...

ntar bikinnya kalo pas elo punya berarti.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

sama sama mbak Dian..
Kalo ikannya berdaging tebal kayak gini... biasanya aku masak gini...

Lisa Aries mengatakan...

iyaaa... kekekeke.. heran ya... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

enak banget sama nasi anget doang ...

Lisa Aries mengatakan...

waduuuuh... gak ada juga...? Disini banyak bangeeeet.
Mungkin karena Hyderabad ditengah gurun yak.. :D Maksud gue gak deket pantai.... ikan gak gitu banyak..

Lisa Aries mengatakan...

Wah, Teh Naih... saya jadi ge-er.... hehehee

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

disitu emang jam berapa sich Lis, kok masih onlen ...

Nana Heitmeier mengatakan...

doohhh....ngiri bgt bisa makan ikan asin...

Evimeinar Nasution mengatakan...

haaa beneran pk ikan asin hiu?

Lisa Aries mengatakan...

semalem...? jam 11.30... hehehehe...

Lisa Aries mengatakan...

iyeeeee.e..... kekeke..gue juga sambil deg-degan masaknya... kekekeke...
Mana ikan asinnya gede banget Pep... pas di tokonya.... itu ngasininnya gimana yak, ikan segede gitu..;-p

Tapi rasanya sama aja sih, gak jauh beda sama jambal atau kakap....

Lisa Aries mengatakan...

Emang disana gak ada Na..?

Papinka .. mengatakan...

wah asik bisa dpt ikan asin hiu disana, kalau di kampung gw(bangka) jg byk toko2 yg jualin tuh ikan,di goreng n mkn campur bubur jg enak, tp yg lu masak lebih mantappppp.coba kalau laki gw bisa mkn ikan gw masak jg nih.(jd gak gemuk sendiri ^-^)

Lisa Aries mengatakan...

yang dicampur ke bubur ikan asi hiu Dev...? Duh, gue jadi penasaran pengen nyobain...

S.e.C.r.E.t Pavilion mengatakan...

Ikan sih banyak....jenisnya juga banyak kayak waktu di Mumbai...cuman kok gak pernah nemu ikan asin ya...jadi ya, ikan seger terus deh belinya.

Lisa Aries mengatakan...

masa seeeeh...