Jumat, 08 September 2006

Uzhunnu Vada


Description:
Uzhunnu Vada termasuk South Indian Snack yang cukup ngetop di India. Kalo kita ke RM pagi-pagi buat breakfast, biasanya vada ini munculnya bareng sama dosa atau poori. Dulu sy gak doyan sama sekali, tapi lama kelamaan suka juga.. ;-p Favorit saya dicocol pake Coconut Chutney, tapi bisa juga pake Coconut Chammanthi.

Ingredients:
1 cup uzhunnu (urad dal), rendam 4 jam
1 cm jahe, cincang halus
3 butir bawang merah, cincang kasar
8 lembar daun kari, cincang kasar
1 buah cabe hijau, cincang kasar
1 sdt baking soda
garam secukupnya
1/ 4 sdt asofoetida bubuk (sy gak pake, gak suka sama baunya)

Directions:


Tiriskan uzhunnu setelah direndam selama 4 jam, kemudian haluskan tanpa menambahkan air sampai lembut (saya pake blender)



Masukan semua bahan lainnya. Aduk rata kemudian diamkan selama 20 menit



Basahi telapak tangan dengan air. Kemudian ambil segenggam adonan dan bentuk seperti donat. (tangan harus benar-benar basah, supaya gampang memindahkan vada dari telapak tangan ke dalam minyak dalam penggorengan)



Goreng dalam minyak panas sampai mengembang dan berwarna kecoklatan.



Angkat dan sajikan dengan Coconut Chutney


Coconut Chutney


Sebelumnya saya pernah posting resep Chutney, tapi resep yang ini favorit saya. Rasanya pas dan sama seperti chutney yang saya makan di Rumah makan south India...

1/2 butir kelapa, parut
2 sdm uzhunnu (urad dal)
1 cm jahe
2 butir bawang merah
2 buah cabe hijau
garam secukupnya

seasoning
1 sdm coconut oil
1 sdt mustard seeds
8 lembar daun kari

Panaskan sedikit minyak, goreng uzhunnu (urad dal) sampai kecoklatan. Angkat

Masukan semua bahan kedalam blender, tambahkan sedikit air matang, kemudian haluskan. (Jangan terlalu lama memblender. Chutney tidak perlu halus sekali / halus tapi tetap bertekstur - tau kan maksud saya ;-p)

Sesudah itu biasanya siap dimakan, tapi saya lebih suka direbus dulu dengan sedikit air, biar gak cepet basi.

Dalam wajan, panaskan coconut oil. Masukan mustard seeds sampai meletup-letup. Tambahkan daun kari kemudian segera tuang dan campurkan ke dalam kelapa. Aduk rata.

14 komentar:

Mama's threeboys mengatakan...

Bentuknya kaya donat ya? .... keliatannya susah tuch ... gak berani nyoba ah takut gagal ...

Lisa Aries mengatakan...

bagian paling susah ngebentuk dan mindahin dari tangan ke minyak panas... hati-hati kecipratan...

Lisa Aries mengatakan...

Kelupaan.... buat yg belum tau...
Uzhunnu atau Urad Dal (Black Gram) bentuknya seperti ini....



Yang difoto itu kulitnya udah dikupas. Aslinya dal ini punya kulit berwarna hitam (makanya disebut black gram). Setelah direndam beberapa jam uzhunnu akan mengembang dan lebih lunak

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

penasran seperti apa ya rasanya...msih asing buat saya tapi berminat juga nyoba..

ditoko banyak jual gram flour, bisa dipakai aja sih Lis ?

Evimeinar Nasution mengatakan...

donat ala india.. india bikin donat aja pk daun kari :D

Lisa Aries mengatakan...

gak bisa mbak, soalnya gram flour itu kan bikinnya chana dal yang warnanya kuning. Kalo ini pake jenis dal yang lain... Yang biasa buat bikin dosa dan idli

Lisa Aries mengatakan...

kekeke... tapi rasanya jauh banget dari donat... ;-p
Ini masuknya savoury snacks

Evimeinar Nasution mengatakan...

asofoetida bubuk itu apaan lis?

Lia Gurun mengatakan...

wah gw belom doyan lia :( masih aneh rasanya dilidah gw, hiks....

Lisa Aries mengatakan...

kekekeke.....
Sama... gue juga dulu gak doyan sama sekali... Sekarang kalo pas makan dosa malah suka nyari.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

bubuk apaan yak.... gue juga gak tau pasti...;-p
Yang gue tau asalnya dari tumbuhan... gue pernah googling liat pohonnya

Evimeinar Nasution mengatakan...

ya yahh udah dapat lis di http://en.wikipedia.org/wiki/Asafoetida

Lisa Aries mengatakan...

elo emang tiada duanya....wekekeke

taufik ali murtaldlo taufik mengatakan...

wuih....yg kayak gini ni mbak aku paling suka. unik, menarik, dan tak ada dinegara lain. luar biasa. ternyata kulinernya kaya sekali dengan pernik-perniknya yah mbak.
jangan lupa mbak untuk ditulis dibuku biar kagak lupa. cantumin juga secuil kisanya biar tambah ngresep. salam yah buat suaminya. he3x......aku tunggu resep india lainnya. nanti kalau mbak pulang ke indonesia, kita bikin buku masak hidangan india peranakan bareng2 ya mbak. entar aku bantu. trimakasih.