Kamis, 21 September 2006

Sate ayam


Description:
Kemaren bikin lontong gara-gara Uppa bawa daun pisang gede-gede banget. Sayang kalo gak dimanfaatin... ;-p. Jadi selain bikin sayur pepayanya, bikin sate juga.... dikit doang, cuma 25 tusuk, Nggo tamba kepengin kekekeke... Rasanya enak tapi beda banget sama yg dijual abang-abang.... kekekeke. Ya gpp lah, namanya juga kepepet...

Ingredients:
400 grm ayam beserta kulitnya, potong kecil-kecil
1/2 sdt garam
1/4 sdtmerica bubuk
kecap manis
minyak ayam

saus:
3 sdm kecap manis
200 ml air matang
minyak goreng

Haluskan:
200 gr kacang tanah
2 bh cabe merah
3 siung bawang putih
1/4 sdt merica
1/2 sdt garam
1 sdt gula merah

Directions:
1. Lumuri daging ayam dengan garam, merica dam minyak ayam. Diamkan 1 jam.
2. Tusukan dading di tusuk sate, sisipkan kulit ayam. Lumuri sate dengan kecap manis dan bakar diatas bara api sampai matang. (karena gak punya bakar-bakaran, sy pake oven aja). Sesekali olesi dengan kecap dan minyak ayam.
3. Tumis bumbu halus hingga matang, tambahkan kacang, tuang air lalu didihkan.
4. Tambahkan kecap manis, cicipi sampe rasanya pas. Setelah dingin, siramkan keatas sate ayam.

Sumber Resep: Gak tau deh nih dari mana Mak Opal ngasih contekan. Resepnya di-scan dari buku masak yg udah lecek trus dikirim pake YM dari saudi ke India...kekekkee

44 komentar:

F&H's Mom mengatakan...

endang gurindang neh mbak

Lia Gurun mengatakan...

aslinya gw punya poto sate ini dr kemaren, kalo gw post pasti ga ada yg tahu, kekekekkeke.........

Lisa Aries mengatakan...

woiii... sembarangan....
Kan udah dicap wekwekekkeke...

Lisa Aries mengatakan...

ehmm.. enak tapi rasanya gak sama sama sate abang-abang.. :-(

Lia Gurun mengatakan...

gw mau brambang gorengnya yg banyak, males bikin ndiri,wekekekekekek :p

lily kusumah mengatakan...

wah..salut deh sama temen gw yang satu ini, walopun (sering) kepepet tapi kreatip banget.. eh kok gw jadi muji muji elo... iiih gak gw banget deh komennya..

Lia Gurun mengatakan...

yg kejam dunk mak opal, "ini jangan jangan sate beli di resto" lah gw koq yg kejam :D

Lisa Aries mengatakan...

wah, gak elo banget komennya...
Gue mengharapkan komen kejaaaam....

Lisa Aries mengatakan...

wakakakaka....
ketularan Mak Opal looo..

lily kusumah mengatakan...

satu dua tiga empat lima enam... lhaaa kok cuman enam maaakk...katanya 25 ????? eh ini kurang kejam ya.... ntar gw pikir lagi deeh.

Lisa Aries mengatakan...

wakakaka... kuraaaaaaang

F&H's Mom mengatakan...

kalo mau rasa abang2, suruh abangnya *swami mbak* yg bikin satenya, pasti rasanya rasa abang abang hehehe...

Lisa Aries mengatakan...

abang india doooong.. ;-p

realist craftsman istp mengatakan...

mbak daku mau nanya..
kenapa yah kalo aku masak ayam pakai daging dada.. selalu jadinya kayak kurang meresap gitu bumbunya?
sempat masak sate ayam dgn merendam cuma 2jam.. (mustinya dah cukup ya?) tapi rasa satenya kayak agak2 seperti karet.. maksutnya dalemnya gak meresap bumbunya.. kenapa yak..

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

wih jadi kepengan bikin sate lagi ... :))

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

wah cantiknya nih sate, omong2 kita kalau buka pusaa nanti menunya mesti sate deh dirumah bu Dubes....

helien sampurna mengatakan...

kurang ya rasanya? bumbunya juga kurang soalnya, mangkanya rasanya kurang, untuk marinatednya kasih cummin dikit ama corriander dikit tuh ayam, pasti tar rasanya kayak yg abang abang punya deh.

helien sampurna mengatakan...

aku jawabin yah, ini karena dada emang lebih keras, jadi harus lebihlama marineted nya,the best part buat bikin sate itu meriland fillet(paha atas) cepet ngeresep bumbunya dan embuk dagingnya.

Lisa Aries mengatakan...

Udah dijawab mbak Tika yak.... ;-p
Setahu aku emang kalo dada itu dagingnya lebih liat yak.... Makanya aku gak gitu suka bagian dada kecuali buat nyampur ke masakan lain atau buat isian kue macam pastel atau risoles... ;-p
Kemaren aku pake daging paha atas...

Imazahra Chairi mengatakan...

Terlihat menggoda, nyam nyam nyam :-) *nceeeeeeeees...* huhuhuhuhu, kirim sini juga duooooooong Mba :-)

Lisa Aries mengatakan...

ayo bikin lagi kalo gitu...;-p

Lisa Aries mengatakan...

duh, kepengen deh bisa buka puasa bersama bareng orang indonesia lain.... :-(

Lisa Aries mengatakan...

ini cuma dikit, gak bisa dibagi...kekekkekke... *pelit*

Lisa Aries mengatakan...

Ooo.. kuarng ya mbak...kekekeke.
Abs browsing-browsing dimana-mana rata-rata bumbunya sama sih, gak ada yg dipakein cumin sama ketumbar ;-p Jadinya aku gak tau....

Aku rasa itu kurang sama sama abang abang juga karena manggangnya pake oven, bukan diatas bara api. Jadi gak ada sensasi rasa gosongnya areng... ;-p

eva amalia mengatakan...

aduh liza liat sate teh jadi ujug2 laper cuma kalo mo bikin mualesnya.......untung tetenggaku tukang sate( tkg bikin maksudnya), jadi..... nunggu kiriman aja ah.........

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

hayoooo nggosipin aku ya .... *tetangga datang sambil bawa pentungan* ...

jenny intan mengatakan...

wah lis...ayam lo keliatan menantang nih..maksud gw nantang dimulut hehehe...
kemaren bikin rotinya ngembang tapi tetap enak dilidah huahaha...buktinya abis tuh ama anak2...mungkin lagi kelaperan kali...hehehe

Yola Dowling mengatakan...

Lisa, mau dong gue mak! Gue kalo bikin sate ayam, kenapa keras ya hasilnya. Huuhuhuuu...

Lea sajah mengatakan...

gile subuh2 dah liat beginiannn
tegaaaaaaaaaaaaaaaaa

realist craftsman istp mengatakan...

makasih jawabannya mbak tika & mbak lisa..
sebetulnya aku dah pernah coba sampe pinjem pressure cooker temen india hehehe.. (mereka doyan pressure cooker yak), buat ngerebus supaya empuk.. lumayan sih.. apa caranya harus gitu yah? trus marinatednya juga harus lama ya? semaleman gitu?
soalnya di sini klo daging ayam potong adanya daging dada.. gak ada yg daging paha atas.. adanya drumstick (masih bertulang2), ada juga ayam utuh. kalo yg masih bertulang2 gitu syereeeem -_-;;

Evimeinar Nasution mengatakan...

makk pesen sateee 20 tusuk pake sambel, jangan dikasih bawang merah goreng yakkk

mariena payne mengatakan...

Duhhh Lisa..........untung kemarin nya aku baru buat tuh, selama berbulan bulan aku ngidam lontong sate akhirnya tercapai juga. Kalo kemarin kagak buat, ngeliat yg satu iniiiiiiiiiiii..........aku bisa sempoyongan n tergeletak berlumuran iler whoaaaaaaa whoaaaaaaaaaaaaaaaaaa.

Mama's threeboys mengatakan...

Ngeliat longtong sate beralas daun pisang ,..... mana tahaaaaaaaaaannnn .. nggak ku kuuuuuuuu.... mana lagi males gini ...teganya dirimu Lisa ....

Lita Koeswandi mengatakan...

Pesen dong buat lebaran!

Lisa Aries mengatakan...

nah itu yg tadinya pengen gue tanyain....
Jadi ya rotinya.... syukur deeeeeh...kekekke

Lisa Aries mengatakan...

pake oven juga kan Yo..?

Lisa Aries mengatakan...

salah sape coba... kesininya pas subu sih lo..
Kan gue postingnya siang... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

jadi gak pernah beli ayam utuh yak... kekekeke....

Lisa Aries mengatakan...

Biasanya sih kalo sate ayam gak perlu direbus dulu kali ya... marinatenya juga gak perlu sampe semaleman...

Lisa Aries mengatakan...

yaaah.. kenapa.. lo gak suka bwang goreng..?

Lisa Aries mengatakan...

wakakakaka... Mari.. elo ada-ada aja.... *asli ngakak*

Lisa Aries mengatakan...

padahal gw juga males sebenernya... kemaren nusukinnya sambil marah2... kekeke

Lisa Aries mengatakan...

wah iya.... buat lebaran.....

realist craftsman istp mengatakan...

iyah sbetulnya aku kan rada2 vegetarian.. gak tega makanin hewan (selain hewan laut). tapi ayam terpaksa nih.. demi bisa makan bareng temen :p