Kamis, 28 September 2006

NASTAR


Description:
Persiapan lebaran...? Iya dooong. Kan gak kayak lebaran lalu, sekarang udah ada otang, jadinya kudu dimanfaatin.... ;-p Hmm, bikinnya emang setengah mati yak... ribet. Untung rasanya enak...kekeke. Resepnya sy culik dari milis NCC. Gak tau resepnya siapa yang jelas disitu judulnya Kursus NCC - Aneka Kue Kering 1, 21 Agustus 2006

Ingredients:
Bahan Kulit :
250 gr Margarine
250 gr Butter
100 gr Gula halus
4 btr Kuning telur
700 gr Tepung terigu
4 sdm Susu bubuk FC (full Cream)

Bahan Polesan :
3 btr Kuning telur
1 sdt Cookie glaze (sy gak pake)

Selai Nanas:
4 bh Nanas palembang, haluskan (sy pake nanas india... kekeke)
200 gr Gula pasir
1 sdt garam (gak pake)
1 ptng kayu manis
2 butir cengkeh (tambahan)

Directions:
Aduk mentega, gula dan telur hingga rata. (mixer speed 1, asal nyampur)
Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk perlahan hingga tercampur rata.
Ambil sedikit, bentuk bulat (atau sesuai selera), isi dengan selai nanas. Susun diloyang tipis, beri jarak satu dengan yg lain.
Oven dengan suhu 140’C selama lk. 30 menit, keluarkan dari oven, poles dengan bahan polesan, oven lagi hingga kuning mengkilat.
Angkat, biarkan dingin, susun dalam toples, tutup rapat.

(Kemaren sih sy langsung dipoles aja sebelum dioven... gak sabaran kalo kudu keluar masuk oven.. ;-p)

Selai Nanas:
Masak nanas halus bersama airnya, garam dan kayu manis hingga kering, tuang gula pasir, masak terus dengan api kecil hingga kering dan liat. Angkat. Dinginkan
(Kalo saya simpan dulu semalaman di kulkas)

Nastar bentuk bulat



Nastar bentuk keranjang



Nastar bentuk sabit



Mama saya kalo bikin nastar pasti bentuknya sabit ini... makanya sy juga bikin, biar berasa makan nastar kiriman Mama ;-p

103 komentar:

Evimeinar Nasution mengatakan...

ada yg kurang bentuknya lis... biar lengkap :D

mariena payne mengatakan...

no.1,,,,,,,,, hadiahnya nastar setoplessssssss.
Cantik2 amat Lis, nastarnya..itu pake cetakan yach yg bentuk keranjangan?
Duhh mau donggggggggggg. Ceritanya dach siap siap tuk lebaran nihhhhhhh.

mariena payne mengatakan...

wahhhhhhhh...sebenarnya pas ngirim barengan ama Pepy...tapi Pepy masuk nya duluan..no 2 deh aku..
kagak apa setengah toples juga koq.

Evimeinar Nasution mengatakan...

wakakak... mbak mariiii lucuuu

mariena payne mengatakan...

Kamu dapat setoples tuh Pep..hoki banget haaaaaaa........

Evimeinar Nasution mengatakan...

asyikkkk gak usah bikin nastar lagi :D

Sylvie Gill mengatakan...

aduh..... lisa..... cantik2 sekali kue nastarnya.
nastar kegemaran si papap, cuma bikinnya itu.... rada jelimet ya.
mesti dilakoni nich untuk lebaran tahun ini.

Kucing Kembar mengatakan...

kalau mak gue lagi rajin, punggung nastarnya digunting2 pake gunting kecil, jadi kayak duren... :D

Evimeinar Nasution mengatakan...

betulllll itu bentuk yg gw maksud...

Lita Koeswandi mengatakan...

Rajinnya ibu ini...Kalo gue, kuker itu tobaat deh!

Vania Samperuru mengatakan...

Lisa...
cantik2 bgt nastarnya.... pengen bgt makan nastar nih...tapi gak mau bikin sendiri ...biassa...males.com.
Lis, resep coffee muffin-nya dah keterima blom?

Dany Primanita Kartikasari mengatakan...

Mbak, sip deh fotonya, apalagi kalo ngrasain kuennya :D
Btw, mau dong resep selainya mbak, aku slalu gagal di selainya si.. jadi penasaran

F&H's Mom mengatakan...

makkk pesen 5toples yah hihihi:D

Liesma Ibrahim mengatakan...

jeng...rajin bener siy...persiapan lebaran ya...:)

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

waks ... ini dagangan mpok ? ... lagi promosi ya ? ... kirim tester donk ... he he he ...
Lis, satu yang aku kagum ... kok bisanya sich, nangkringin sebuah nastar keranjang dipinggiran wadahnya gitu ... jadi takut jatuh euy, sayang ... he he he ...

Lisa Aries mengatakan...

yang digunting2 gitu gue gak sabaran Pep... gile... yang keranjang aja udah bikin gue marah...kekekee
Ada benuk2 lain kan... yang digulung, yang bentuk daun...

Lisa Aries mengatakan...

iya... pake cetakan nastar yang keranjang kan di Indo banyak yang jual... tapi ini juga gw gak beli sih, dapet ngembat punya nyokap...kekekkee

Lisa Aries mengatakan...

Tenanga-tenang jangan rebutan... nastar tidak untuk dibagikan... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

iya mbak... bener...
aku aja kemaren rasanya mau marah banget... gak abis-abis adonannya... kekekkee

Lisa Aries mengatakan...

gpp lah setahun sekali... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Udah mbak.... udah diterima dengan sukses...
kekeke... lucu banget ya bukunya.. tulisannya pake huruf sambung. Imut banget lagi huruf sambungnya... kayak tulisan anak sd... kekekeke
Nanti pasti dicoba mbak itu muffin...

Lisa Aries mengatakan...

gagal gimana maksudnya..?
Selainya gak kering-kering ya pas dimasak... Saya sih kalo bisa ngalusinnya jangan diblender, tapi di parut aja... Diblender gapapa sih, cuma suka lama masaknya..

Lisa Aries mengatakan...

gak... kalo elo kagak boleh pesen... sono gih bikin.... ekekekeke

Lisa Aries mengatakan...

iyak.. sebentar lagi lebaran, walaupun kayaknya bakal abis sebelum lebaran nih... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

kekekekeke.. hebad kan nastar gue... bisa akrobat... wakakakak

lily kusumah mengatakan...

yaah.. gw mau muji jadi gak tega..elo sih kirim message ke YM minta dipuji puji...jadi kan gw ilfeel mau muji wekekee... tapi sip deh lis, salut gw ama elo, secara elo bela2in bangun ampe jam 3 pagi. elo memang layak menyandang panggilan 'MOMMY LISYEEEEE'..................

lily kusumah mengatakan...

kikikikik..fit, lisye itu emang niat banget deh kalo foto buat posting resep. itu aku curiga kalo nastarnya dipakein isolasi biar nempel di pinggir keranjang...*kabuuuuuuuuuuurrrrrrrr*

Lisa Aries mengatakan...

woi... sirik aje lo....curigailah diriku.. kalo itu gak bener.. akan menambah pahala puasaku... wakakakakak puitis bgt

Lisa Aries mengatakan...

bangun sampe jam 3 paginya jangan disebut dong mak.. ah elo.. kesannya gue niat banget (padahal iya..kekek)
btw.. elo muji-muji gue jangan sambil cemberut gitu dong....wakakakaka

aya munir mengatakan...

C***K, kuenya cantik2 banget Lis..asli deh two thumbs..:)

Lisa Aries mengatakan...

eh.. thank you... jadi malu nih .. kekke *pura-pura imut*

lily kusumah mengatakan...

iih..biasa aja tuh kitanya wekekekke.. eh kok lo gak komen gw panggil mom lisye :p

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

waduh, thanks banget ya Lis, dirimu posting ni nastar ... jadi inget euy kalo beberapa hari yang lalu dah beli nenas 2 biji buat nyicil bikin selai ... untung aja belum bonyok ... he he he ...

Lisa Aries mengatakan...

gpp.. itu kan udah takdir gue...wakakak *garing*

Lisa Aries mengatakan...

doooh... biasa aja ah.. kan banyak lagi yg posting nastar juga...

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

Lisa, cantik banget nih nastarnya, saya kemarin udah bikin isinya, bulet2in dulu semuanya itu aja 2 jam asli sambil nonton TV, tapi biasanya yang lama emang isinya ya ?
Tinggal sekarang bikin kulitnya, lha kok ilang mood....

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

ups, emang mbak Esther bikin selai dari berapa buah nanas tuch ? ... bikinnya partai besar yach ? ... coba deketan, pesen aja engga capek ... he he he ...

Lyyyyyyyyyy ... bu Yahya jualan kuker nggak ? ... hi hi hi ...

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

bikin dari 4 nanas aja, kan di C4 lagi obral nanas filipine murah meriah 14 dhs 4 buah...nah itu gak sampai sepanci kok, cuman under2 kecil2 banget segitu kan loama... bete deh.... untung disambi nonton CSI, kalau gak walah bosen banget

Lisa Aries mengatakan...

iya mbak... ini juga aku bikin isisnya duluan udah 3 hari sebelumnya....
Bikin nastar emang kudu diniatin jauh-jauh hari kali ya.... kalo dadakan bisa seharian cuma buat satu resep ;-p

Lisa Aries mengatakan...

waduh.. 4 nanas.... mana tahan...kekeke
kemaren aku 2 nanas mbak.. rasanya lamaaa banget...kekeke

Rini rienee mengatakan...

Makasih Lisa.........tapi aku lom buat lho.........gambarnya kok aku nggak bisa buka ya.......sayang deh.
Love, Rini

Nana Lala mengatakan...

Makasih Lis ....nastar bikin sekarang nanti pas lebaran tetep awet nggak..? (maksudku bulukan gitu...)

Mamiek Syamil mengatakan...

Waaah....bagus amit, Mbak:). Saya cobain yah!

Caroline Atmadja mengatakan...

Nastar keranjangnya mengingatkan aku pada kakekku.......hiks....... nastar buatan dia TOB dah.Jadi coba kirimkan padaku 1 toples aja buat mengenang kakekku :D

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

bulukan itu biasanya ngovennya gak matang banget, biasanya asal kuning udah aja, padahal kalau kita ngovennya pake api kecil agak lama, matengnya bener tanek, bisa sampai berbulan2 gak bulukan....

Evimeinar Nasution mengatakan...

Lis, itu keranjang nastar dipinggir mangkok pake sotosop yahh :-P

Lisa Aries mengatakan...

kekeke.. gak papa kok.. cuma gambar nastar ajah... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

iya... bener kata mbak Esther...
Asal kita manggangnya mateng dan semua bahan pas kita bikin masih fresh dalam keadaan bagus.... tahan lama kok... Simpan dalam wadah tertutup rapet

Lisa Aries mengatakan...

cobain ajah.. itu resep saya dapet dari NCC... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Ini ceritanya saling mengenang yak.... sy lagi terbayang-bayang nastar mama

lily kusumah mengatakan...

bu yayah pit, bukan yahya. ganti ganti nama orang aje nih wekekee..iya, dia jualan kuker. kemaren udah bilang ama dirikuww..gimana? perlu diekspor ke kuwait ?

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

apa mau dari AD aja ? ada yang jual kuker enak juga....
*saingan*......kaburrrrrrrrrrr..........

Lisa Aries mengatakan...

enak ajeeeeeh... itu asli sli.. sli.... *pake echo*
kenapa sih pada meragukan keahlian gue memoto.... elo.. Mak Opal...
wakakakkaa

lily kusumah mengatakan...

waduuhh enak mana ama punya lisye, mbak?? *wink wink trus ikutan kabuuurrr*

Evimeinar Nasution mengatakan...

pake TOA gak? :-P

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

gag berani jawab..... *gugup asli*

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

apaan sih echo? gak jadi nggaung tah ? *oon asli*

Lisa Aries mengatakan...

Apaan tuh.. *oon*

Evimeinar Nasution mengatakan...

ntar kalo pulkam elo perhatiin pengeras2 suara di masjid dan umunya dipake di Indo khan mereknya TOA :D

Lisa Aries mengatakan...

wakakakaa.. *bingung mo jawab aja, ngakak aja deh*

Lisa Aries mengatakan...

ya ampyuuun..segitu telitinya elo merhatiin pengeras suara mesjid...wakakaka

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

lho engga Lisa, emang biasanya pengeras suara itu TOA mereknya...
masa iya gak tau ? *belain Pepi*

Evimeinar Nasution mengatakan...

tadinya gak Lis, cuman temen sekos di bgr dulu org semarang sering nyebut2 trs gw tanya apaan sihh TOA, trs dia blg itu lho merk pengeras suara elu perhatiin deh

Lisa Aries mengatakan...

kekeke.. tenang mbak.... aku masih angot-angotan bikinnya kok.. kadang enak.. kadang gagal walau resepnya sama...kekekke

Lisa Aries mengatakan...

keke.. pada tau yak.. berarti aku dong yang gak gaul sama pengeras suara...

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

kayaknya aku mah anaknya yang jual pengeras suara....

kalau ini asli bener...

maksudnya anaknya ortuku hampir semua suara kenceng2.... gak ada yang lemah lembut kayak mamieku, jadi kayaknya dulu ngidamnya TOA * jangan bilangin mamie*

Evimeinar Nasution mengatakan...

wakakakak jd inget mamaku dulu, kata mama "untung aku cuman punya anak dua, kalo lima bisa ancur rumah." abis suaranya kenceng2 :D

Mama's threeboys mengatakan...

Nastarmu cantik bener ... aku mah nanti dulu aja ah ... takut keburu abis sebelon lebaran tiba .. hehehe ... tapi kalo sele nanas-nya mau bikin besok2, kebetulan kemaren beli nanas pas lagi murah 4 dolar dapet 2 biji gede2 lagi :) TFS Lisa :):)

Ria Tea mengatakan...

lis, cakepppp nastarnya....cetakannya dipotrek juga dong, lis

Anita M~ mengatakan...

makasih ya resep nya ... enga sabar mau bikin ni..

Nining Soeryono mengatakan...

setuju ama mbak esther.. pake api kecil tapi biarin agak lama, biar mateng bener. Ibuku malahan suka pakai terigu yang disangrai dulu.. selain tambah awet, kuenya juga jadi lebih renyah

Yola Dowling mengatakan...

Lis, gue mayan sering bikin nastar, cuman gile, mabok banget yak!

Lisa Aries mengatakan...

wakakakka... mbak Esther ada -ada ajah.... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

ini juga kayakya bakal bikin lagi pas deket lebarannya... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

kekkeke... jadi pengen denger suara elo.... chat pake voice yuk...kekeke

Lisa Aries mengatakan...

ini dia cetakan nastar bentuk keranjang...
warisan dari nyokap. jadinya udah agak buluk... kekeke

Lisa Aries mengatakan...

ayo rame-rame bikin... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

iya.. gue jadi inget jaman dulu kita chatting.. elo suka ngobrol lagi bikin nastar dkk.. kekekeke. Iyah.. mabok bangeeeet

Yo, ini elo dimana.. us apa oz.. ;-p

Riama Haryanto mengatakan...

Waaa... banyak ajah commentnya :) Dah gue update tuh MP gue entar malem aja gue update blog gue yang lain he he he.... lo mo bikin kuker apa lagi? Putri salju kah?? Gile banget ya lo lis.... itu nastar bikin gue ngences aja.. PENGEN!!!!

Lisa Aries mengatakan...

punya blog banyak ribet banget.. wakakakaka
Iya.. abis ini putri salju Rie... tapi kayaknya ini nastar kudu bikin lagi deh... gak bakal nyampe lebaran soalnya...kekekkee

Ani Bowolaksono mengatakan...

salam kenal, mba Lisa...
seneng lihat resep-resepnya....
makasih

Lia Gurun mengatakan...

huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa cakep amat makkkkkkk gw sedihhhhhhhhh pengen nastar simas belom gw bikinin, huhuhuhuhu..........eh cakep amat sih yg keranjang, ajarin napah :D

Lisa Aries mengatakan...

salam kenal juga.. :-)

Lisa Aries mengatakan...

ajarin gimana nek... kan tinggal dicetak ajah.. ada cetakannya.. elo pikir gue ngukir sendiri...kekekee

Yola Dowling mengatakan...

Gue masih di US booo... Ntar hari Minggu depan baru cabut. Wish us luck ya, Lis!

Ria Tea mengatakan...

lis, kok nggak ada tentengannya? ria juga punya (warisan) cetakan model begini, tp nggak tahu kl bisa jadi keranjang...dasar deh oguth...

Nana Lala mengatakan...

Wah makasih Lis dan Mbak Esther puas..puas deh jawabannya...jadi ngerti..aku pengen bikin juga deh mulai sekarang...makasih Lis resepnya...

Lisa Aries mengatakan...

iya... biar bisa dipipil dari sekarang ikit-dikit... ;-p

ida wijayanti mengatakan...

wha..mba...ini kue wajib tiap lebaran, cuma aku suka males bikinnya, soalnya hrs byk sekalian bikinnya, titipan mertua n sodara2 laen, jadi deh kalo hbs bikin biasanya aku meriang:D tp skrg seringnya aku bikinin adonannya, trus silakan deh nyetakin sendiri2, aku mah terima jadi ajah, he..he..he..., eh klo yg bentuknya bulet itu dikasih keju enak loh;)

Lisa Aries mengatakan...

Nah itu dia yang kepengen aku coba... tapi belom kesampaian sampe sekarang...

Dian P mengatakan...

mbak lisa, cara bikin yg bulan sabit gimana siiy ? share donk ke aku ..

Lisa Aries mengatakan...

sama aja kok...
Adonannya digiling tipis di atas plastik, trus dicetak bentuk bunderan kecil pake apaan kek yang lingkarannya kecil (saya pake tutup jar yang kecil),
Trus ditengahnya dikasih selai nanas.. dan lipet jadi dua kayak ngelipet pastel (biasanya say sebelum dilipet diatas nanas dikasih adonan dikit buat nutupin, baru lipet).
Rapiin deh pinggirnya sampe rapet...

Lisa Aries mengatakan...

tentengannya ya dibikin sendiri ... kekeke... inggal dikasih sedikit adonan diatas selai...

Lisa Aries mengatakan...

tentengannya ya dibikin sendiri ... kekeke... inggal dikasih sedikit adonan diatas selai...

*♥ d!@n ♥* mengatakan...

Nastar berbentuk Keranjang, buat ku agak susah buat modelnya. (maaf saya nggak pernah buat kue kering)

*♥ d!@n ♥* mengatakan...

Nastar berbentuk keranjang, buat ku susah buat modelnya. (maaf saya belum pernah buat keu kering) jadi agak susah juga model ini buat saya.

Lisa Aries mengatakan...

justru paling cepet bikinnya llho mbak Dian... dari pada yg bentuk bulat. Soalnya nastar bentuk ini udah ada cetakannya. Tinggal diteken-teken doang....

Rini rienee mengatakan...

Lisa...........rajin sekali..........aku juga buat yg bentuk keranjang, cetakannya dari punya nyokap dulu......istilahnya warisan lah.......hehehehe....tapi nggak sempat di foto, soalnya bkeburu abis, jadi lupa deh.......maklum deh...keluargaku suka banget makan......:-D
Love, Rini

Dwiana Porter mengatakan...

oh ternyata aku gk bisa liat kali. ini resep masih ada disini kok he3x. Anyway thanks Lisa. I found it:)

Lisa Aries mengatakan...

Wah, mbak Rini... maap replyan-nya baru kebaca.. ;-p
Aku juga ceakannya hasil warisan punya nyokap... kekeke... makanya warnanya udah agak buluk gitu

Lisa Aries mengatakan...

sama sama mbak Dwi.... selamat bikin nastar... ;-p

It^s miNe mengatakan...

wah...nastar bentuk keranjang...i'm lovin it...
ngebentuknya gimana ya bu?
kalo dipalemmbang itu selalu ada...

Kenytha Oktavia mengatakan...

coba resep ini sekali dan berhasil, senangnya >:D< terima kasih sudah membantu mengajari saya :) boleh saya add di MP saya?