Sabtu, 23 Desember 2006

Cireng


Description:
Weekend gak masak... sore sore laper gak ada makanan. Tilik-tilik DapurBunda nemu resep Cireng. Tilik dapur sendiri... punya tapioca... kekekee... Bikin ini aja deeeeh...

Ingredients:
100 g tepung kanji
1 sdm tepung terigu
75 ml air
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
1 siung bawang putih, parut
30 g kedelai putih, rendam hingga lunak, tiriskan
1 batang daun bawang, iris halus
minyak goreng


Directions:
Aduk tepung dengan air, merica, dan garam hingga rata.
Tambahkan bahan lainnya, aduk rata.
Goreng sesendok demi sesendok hingga kuning dan kering. Angkat dan tiriskan.
Sajikan hangat dengan cabai rawit.

Tips: tipiskan adonan cireng supaya matang sampai kedalam

Sumber Resep: DapurBunda

57 komentar:

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

kalo dah dingin, keras gag Lis ? ...

Lisa Aries mengatakan...

nggak keras... Tapi kenyal banget, kayak karet... ;-p

yuni hanafi mengatakan...

eh pake kedele yak ....abi lagi pesen cireng terus nih secara lagi punya tapioka digudang....kekekeke

Lisa Aries mengatakan...

bikinin deh... tadi sih gak pake kedele, wong gak punya.. ;-p
Eh, French Fries jadi gak kemaren...?

yuni hanafi mengatakan...

belom bikin aku baru sakit kepleset kepalanya bonjrot...kekekeke lagi pengobatan terakhir...

Lisa Aries mengatakan...

Ya Allah.. Yun... kenapa..?
Gak papa kepalanya kan..? Inget pas Uppa jatuh di kamar mandi tahun lalu jadinya...

Lolli Pop mengatakan...

Lisa : Kapok dah gue makan Cireng, terakhir makan Cireng ampe nyaris masuk RS, masih trauma judulnyaaa :D

Ummi Yuni : kenapa sampe jatooooooh....???? cepet sembuh ya, Umm.

Ma Belle Vie mengatakan...

cireng ???? belom pernah makan nih.

Evimeinar Nasution mengatakan...

doyannn cireng..... aci digoreng

Mama's threeboys mengatakan...

Cireeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnggggg ..... oh cireeeeeeeeennggg
Sungguh teganya dirimu Lisa ....*meni Meggy Z pisan*

suci sadiq mengatakan...

suka nih gue lis, dulu suka makan ini di abang2 gorengan yg mangkal deket pos hansip...

Evimeinar Nasution mengatakan...

:D abang2 apa mamang2 ? *jahil mode ON*

Estri U mengatakan...

besok bikin aahhhh..enak niiii

Dwiana Porter mengatakan...

aduh aku paling suka sama yg namanya gorengan!. Mau donk.

Tidak Aktif mengatakan...

Ampunnnnn aya cireng sagala di India (o: Oya, kalau ngk ada kedelai putih, gantinya apa ya Lis? jadi pengen bikin. Dicocol pake kecap atawa petis, enak pisan pasti.

*♥ d!@n ♥* mengatakan...

Pasti enak ja Mbak Lisa, aku copi pingin juga buat nich.

'Titin Fatimah' mengatakan...

wahh....... aku pengeennn......!!!

ummi nida aufal mengatakan...

duuuh makanan kesukaankuuuw *ngiler*

Lisa Aries mengatakan...

Laaaah, kenapa..... gigi pada rontok yak. Abis pas digigit Cirengnya ngelawan.... kekekeke

Lisa Aries mengatakan...

naaaaah.. gak pernah jajan gorengan di abang abang yak.... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

gue apa sih yang gak dotan... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

hehehe.. Bikin aja Lin, disana banyak tepungnya kan....

Lisa Aries mengatakan...

iya... itu dari 8 bikin 6 gue semua yg ngabisin... *malu*

Lisa Aries mengatakan...

Kalo gue dulu yg mangkal deket rumah gue gak jual cireng *sebel*
Tapi yg ngider pikulan tuh, cirengnya enk banget.. Tapi kudu rebutan sama tetangga gue... wekekeke..

Lisa Aries mengatakan...

samaaaaa... aku juga..
Kalo makan nyari nyari gorengan

Lisa Aries mengatakan...

aku sih kemaren gak pake....
Yg di abasng juga biasanya gak pake ..

Lisa Aries mengatakan...

disana gampang nyari tepong kanji ya mbak..?

Evimeinar Nasution mengatakan...

di surabaya gak ada cireng lis, gw aja gak kenal cireng kalo gak pindah ke bogor dulu

Ani Bowolaksono mengatakan...

mba, ini makanan jajanan favorit saya waktu SD
*pengumuman ni yeee hihihi...*

Romanya Romanya mengatakan...

Lis, bikin saus kacangnya engga? Jadi inget si emang yang jualan cireng deket imah...:)

DhoNatneth s mengatakan...

cireng apaan sih lis? kayanya aku belon pernah nyoba neh... icip dong..

Lia Gurun mengatakan...

gw batuk neh ga makan gorengan, kalo dibikinin mau "alesan ga jelas" :D

mariena payne mengatakan...

Lis..waktu aku buat cireng..juga dari ersepnya dapur Bunda Inong dgn sedikit perubahan sana sini, aku pakai sambal pecel kering tuk isinya.
Tapi pas dingin ..nggak alot atau kayak karet...masih bisa di gigit dgn enak tanpa bersusah payah haaa.

Yola Dowling mengatakan...

Enak panas-panas, ya Lis... Gue pernah bikin sepiring gede abis sendirian. Yaaa... maklum mak, gue kan tipe see-food, segala yang gue liat, pasti gue embat.

Lisa Aries mengatakan...

hehehee.. Titin lagi dimana nih sekarang...? Di Inggris yak, bisa dicari tepungnya... kalo di jepang susah yak...

Lisa Aries mengatakan...

sama Feb... duh nanti kalo tapiokanya udah abis gimana yak... :-(

Lisa Aries mengatakan...

waktu sd malah aku belom tau cireng... pas gedean dikit tau.. udah deh, jajanan tetap.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Ooo.. Agustin dari Surabaya yah... gak tau..

Lisa Aries mengatakan...

Nggak.. kemaren sih makannya pake cabe rawit doang.... males mau bikin...

Lisa Aries mengatakan...

Cireng = aci (kanji) digoreng... rasanya kenyal gurih... enak deeeeeeh

Lisa Aries mengatakan...

Bikin ndiri ah.... orang cepet...
Lebih susah bikin pumkin pie... kekekeke

Lisa Aries mengatakan...

Iya mbak Mari... ini juga masih bisa digigit kok... cuma lebih kenyal dari pada pas masih anget. Tapi kenyalnya lembut ...

Lisa Aries mengatakan...

YA makanya kita abisin sepiring sendirian kan keburu dingin gak enak ya Mak... kkekekeke

Helvin_Rita Tirtajaya mengatakan...

waaahh ini sih jajanan waktu sekolah dulu :>

Lisa Aries mengatakan...

kekeke...
gue justru jajan ini selalu pas dirumah... ;-p

Estri U mengatakan...

kok jadinya dikit amat cuma 8? gede2 yakk??

Lisa Aries mengatakan...

eh... nuduh aja lo.. wekekeke
emang dikit banget kok adonannya Tri.... kan cuma tepung 100 gr... dikit...

Lita Koeswandi mengatakan...

Ini makanan fave gue jaman kuliah dulu..plus kuah kacang (?) Gue baru tau, ternyata pake kedele juga ya, Lis?

Lisa Aries mengatakan...

gue jarang sih nemu yang ada kedelenya pas beli di abang-abang... mungkin males juga kali ngerendemnya itu si abang... kekeke. Kadang kadang ada yg dipakein kacang biasa aja yg dicincang kasar..

cindy parmanti mengatakan...

Lis... aku pernah buat resep ini.. tapi kalo udah dingin lembek kaya lem ..letoi hehehehe punyamu begitu ngak?? salah dimana ya..punyaku ??.pengennya kayak abang2 jualan itu loh....yang tetep garing ....biar udah lama...

Lisa Aries mengatakan...

kayaknya semua gorengan bakal letoy deh kalo udah kena udara.... Aku juga gitu kemaren.
Yang di abang abang itu suka digoreng ulang kali.... soalnya walau udah letoy... trus digoreng lagi nanti kribo lagi tuh....

julia setyowati mengatakan...

TFS say enak nih jadi inget bandung....

Lisa Aries mengatakan...

sama sama... ;-p

XXXX YYYY mengatakan...

kedele putihnya diapain ya mba? thx 4 d recipe:)

Lisa Aries mengatakan...

ya itu... dicampurin aja sama bahan lainnya. jadi setelah direndem... trus dicampurin aja sama yg lain. Tapi kalo gak pake juga gak apa-apa kok. Saya juga basanya gak pake... Biar cepet. ;-p

fie chan mengatakan...

Makasih recipenya y...^__^
Lagi pengen cirenk nih...hehe keliatannya enak

Romanya Romanya mengatakan...

Cireng...ga ada sambal kacangnya Lis?