Senin, 25 Desember 2006

Onde-onde Ketawa


Description:
Ini bukan mau jadi Onde-onde ketawa tandingan punya Pepy lho...kekekee. Tapi emang gara-gara liat postingan Pepy kemaren, jadi kepengen banget bikin. Niat udah lama, tapi selalu gak jadi karena gak punya minyak goreng... kekekee... Sekarang mumpung lagi penuh, dan ngiler ngeliat Onde-ondenya Pepy.. ya udah, bikin aja....

Tadinya mau nyontek di Pepy juga... pake margarin kali lebih gurih. Tapi ternyata pas banget gak punya margarin atau butter. Mau beli ke spm males, lagian pada tutup natal gini. Akhirnya pake resep yg saya punya aja... gak pake magarin, tapi hasilnya enak juga lho...

Ingredients:
100 ml air
175 gram gula pasir (saya pake 150 gr aja)
1 butir telur
2 sdm minyak goreng
300 gram tepung terigu
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
100 gram wijen
minyak untuk menggoreng

Directions:
1. Didihkan air dan gula sampai gula larut. Dinginkan.
2. Kocok telur dan minyak sampai rata. Masukan sirup gula sedikit demi sedikit sambil dikocok rata (saya pake mikser speed rendah 2 - 3 menit)
3. Tambahkan tepung terigu, baking powder, dan soda kue sambil diayak dan aduk rata.
4. Timbang masing masing 10 gram, bentuk bulat (lebih kecil dari bola pingpong). celupkan kedalam air. Gulingkan di wijen
5. Panaskan minyak goreng. Goreng onde-onde hingga merekah dan matang



Tips:
- Api yang digunakan panas sedang, agar onde-onde merekah sempurna. Pada saat onde-onde naik ke atas permukaan minyak, putar-putar supaya warnanya merata.
- Saran saya sih, bikin bulatannya kecil aja, karena nanti onde-ondenya akan mengembang pas digoreng. Bulatan yang kecil juga memudahkan onde onde matang sampai kedalam. Jadinya lebih renyah dan garing..
- Alesan yg paling utama sih, ngirit minyak goreng.. kekekeke... soalnya kan gorengnya perlu minyak banyak, biar bisa mengapung...
- Simpan dalam toples tertutup rapat. Bisa buat persediaan minum teh beberapa hari...

Mmm.. jadi juga ngupi sambil nyemil jajanan kampung... Thanks ya Pep... ;-p

Sumber Resep: RAGAM KUE TRADISONAL terbitan SAJI

52 komentar:

suci sadiq mengatakan...

pertama

Lisa Aries mengatakan...

kekeke... nih deh, gue bagiiiii....

suci sadiq mengatakan...

kedua...

suci sadiq mengatakan...

*biar dapet 2 kali*

DhoNatneth s mengatakan...

dgn resep ini, dpt berapa potong lis?

Lisa Aries mengatakan...

iiiiiih....

Lisa Aries mengatakan...

*lari nutup toples*

Lisa Aries mengatakan...

kalo ngikutin petunjuk 10 gram tiap bulatan.... jadi sekitar 45 - 50 buah..
agak kecil emang pas belom digoreng.. tapi nanti mengembang kok..

XXXX YYYY mengatakan...

wah..inget jmn bahela ini hehehe...emg makanan indo ga ada matinya , yummyy.....

Lisa Aries mengatakan...

iya betuuuul.... makanan indo paling top deh buat gue... :D

*♥ d!@n ♥* mengatakan...

Mbak Lisa kenapa namanya onde-onde ketawa Mbak?
Betul2 ngiler jadinya .....

Yola Dowling mengatakan...

Baca judulnya aja gue udah ketawa duluan, Lis...

Lisa Aries mengatakan...

soalnya bentuknya mirip onde onde yg ketawa... hehehhee
Digorengnya sampe merekah mbak Dian... Jadinya disebut ketawa... kalo onde onde yg isinya kacang ijo kan rapet... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

wakaka... tapi elo pernah nyobain belom mak..?

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

waaa ... jangan mpe ketauan ma suamiku Lis ... ntar habis, onde-ondemu diculik ma dia ... he he eh ...

Lisa Aries mengatakan...

waaah.. doyan yak... jadi inget bokap gue paling suka sama onde onde....

ine elkaje mengatakan...

nah..ini... gampang dan enak ya. sore2 sambil minum teh..... makan onde2 ketawa...

Lisa Aries mengatakan...

hehehe.. aku tadi sempet ke tempat mbak Ine liat resep Onde onde ketawanya.... ;-p
Iya mbak Ine.. kue ini gampang, hasilnya banyak dan enak buat minum teh sore sore....

yuni hanafi mengatakan...

kekekekeke aku juga ngiler tapi blom bikin lisye..eh ini lagi makan kentang gorengmu lis...mantap...tinggal nunggu pujian dr abi nih...

Lisa Aries mengatakan...

Wah, yang buat abi-nya digoreng nanti aja Yun.. keburu keplek kalo dingin... ;-p

yuni hanafi mengatakan...

kekekeke kiye wis suwe ora keplek2 koh,abi dela maning teka kok lis paling setengah jam maning...

Lisa Aries mengatakan...

wah.... durung keplek yak..
jebulane sakti juga ya kentang gorenge aku... wakakaka....

Sefa Firdaus mengatakan...

jadi beneran ada onde-onde ketawa ya? kirain kreasinya si Pepy aja :D
*malu deh*

Lisa Aries mengatakan...

kekeke....
ggak.. kan emang ini jajanan tradisional jawa...

Mama's threeboys mengatakan...

Waaaaaaaaaaahhh keduluan Lisa nich ... pengen banget tapi males bikin ....*nyomot sebiji ya*

dark angel mengatakan...

apa seh bedanya soda kue ama baking powder Mba Lisa ? soalnye eka teh kirain sama aja..............

Anita M~ mengatakan...

cantik dan enak ...

Sefa Firdaus mengatakan...

oooo gitu, soalnya aku taunya onde-onde biasa :D

Lisa Aries mengatakan...

onde onde yg ini emang udah susah ditemui Sef....

Lisa Aries mengatakan...

bikinnya cepet kok Lin... yang agak lama itu nggorengnya...

Lisa Aries mengatakan...

Bedanya baca aja di sini.
Hehehehe... saya males menyimpulkan soalnya.... Dan sebetulnya saya juga gak tau pasti apa pengaruh pemakaian keduanya sekaligus dalam resep ini.. ;-p. Maklum dapet nyontek buku.. hehehee...

Lisa Aries mengatakan...

iya nih, lumayan buat cemilan pas minum teh.. :-)

Lia Gurun mengatakan...

gw selanjutnya yg akan segera bikin :D

Lisa Aries mengatakan...

wakakaka.... bikin aja mak..
Gampang banget kok..

Yola Dowling mengatakan...

Udah dong... gue kan gini-gini gede di kampung, Lis, kebangetan banget kalo nggak nyoba apa-apa. Bener nggak?

Lisa Aries mengatakan...

wakakaka.. kayaknya orang orang kayak kita gak bakalan ada makanan terlewat yak...
Tapi napa gue lebar elo tetep langsiiiiing....

Yola Dowling mengatakan...

Rugi kalo nyuekin makanan lewat... Soal gue yang nggak lebar-lebar, emang bibit dari sononya imut-imut, Lis, jadi biar dimakanin apa aja, yah, mak, teuteub aja bakalan segini gedenya.

Dewi OFF for a while mengatakan...

saya doyan onde onde tapi kalo pas makan saya buangin dulu wijennya.. LHO???? Aneh ya?

Evimeinar Nasution mengatakan...

onde2 gw udah abis.... nyomot punya elo boleh yahh

Nana Heitmeier mengatakan...

hidup makanan Indo!!...kekek

cindy parmanti mengatakan...

hihihi .... kalo liat onde2 agak2 trauma soalnya pernah buat yg isi kacang ijo pas digoreng meleduk blaasss minyak panas muncrat ke muka ......wuih gurih deh.....kalo yang ketawa ini begitu ngak ya ??

Lisa Aries mengatakan...

hehehe.... terakhir aku bikin onde onde...4 buah gak berwijen karena... abis... ;-p
Tapi tetep aja lah rasa onde onde.... ;-p
Emang gak suka wijen ya mbak....

Lisa Aries mengatakan...

waaah, udah abis jugaaa...

Lisa Aries mengatakan...

HIDOOOP...! *sambil mengacungkan kepalan tangan* wekekeke...

Lisa Aries mengatakan...

waaaah... minyaknya kepanasan kali ya mbak.... jadinya melendung onde-ondenya...
Kalo yang ini gak bakalan muncrat kok.... ;-p

Dewi OFF for a while mengatakan...

iya mbak, saya kurang begitu suka wijen. tapi kalo onde2 memang harus pake wijen deh. saya aja yang punya cara makan aneh.. hihihi

Rika Pb mengatakan...

nyontek dunk... hihihi. pengen banget.makanan khas medan ni.

budi sutomo mengatakan...

Fotonya ikut dicuri cam boga ya mbak? nih ada link foto hasil curian cam boga: http://budisutomo.multiply.com/links/item/41/Penerbit_Cam_Boga_Melakukan_Copy_Paste_Besar-Besaran_Foto_Resep_Milik_Bloger_Diterbitkan...?replies_read=16

Lisa Aries mengatakan...

Iya Mas....
Saya baru aja nemuin ternyata saya salah satu korban Cam Boga...
Gimana nih Mas selanjutnya.... saya join sama yang lain pokoknya...

SLF Host mengatakan...

Lisa, udah gue taruh di SLF..
gue sih punya usulan utk bikin draft surat yg ditandatangani bersama oleh para korban (tertanda aja) dimana surat tsb kita masukkan juga bukti-bukti berupa link foto yg asli (yg dicuri), nanti surat tsb kita kirimkan kesemua surat kabar yg ada di Indonesia... ke surat pembacanya, biar semua orang tau mengenai berita ini

~sefa

Lisa Aries mengatakan...

Ok Sef...
Thanks ya. Pokonya gue dukung semua langkah yang bakal diambil deh....

SLF Host mengatakan...

Mbak Lisa, mohon masukannya utk draft yang kami buat kpd Cam Boga, terimakasih
http://slfphotography.multiply.com/reviews/item/9