Rabu, 20 Desember 2006

Tribute to Bunda Inong

Berawal dari baca jurnal ini,  saya antusias banget buat gabung jadi volunteer dalam Proyek Cinta untuk Bunda Inong.  Karena saya termasuk yang kagum sama Bunda Inong...  Karena saya pelanggan resep-resep beliau...  Karena saya bangga sempat menjadi teman beliau 


Saya milih 3 resep dari koleksi resep-resep yang tersebar di 3 websites beliau.  Bukan karena kerajinan yak...  hehehe...  Cuma karena batas pengumpulan hasil uji cobanya cukup lama... Jadi saya gak ngerasa terburu-buru untuk segera nyelesein proyek ini.  Kan itung-itung sekalian bikin cemilan buat keluarga....  Jadi mipil aja bikinnya...



Resep pilihan pertama saya Puding Coklat Biskuit.  Sebetulnya ini gak sengaja juga sih milihnya.  Kebetulan aja  beberapa hari sebelum ikut jadi volunteer, saya baru aja bikin puding ini buat dessert-nya tamu Uppa yang kebetulan makan malam dirumah kami.  Belom sempet juga diposting resepnya.  Jadi sekalian aja di daftarin.


Puding ini rasanya lembut banget dan cukup ngenyangin kalo dimakan....  Rasanya gak terlalu manis, jadi kayaknya cocok banget dinikmati pake vla vanilla, selain taburan coklat serut.


Kalo ada yang berminat mau nyoba,  pas sebelum nuangin puding panas kedalam cetakan, saring dulu.  Soalnya bakal banyak biskuit yang masih menggumpal yag bakal merusak penampilan puding nantinya....


Resep yang kedua Donat Kentang.  Milih resep ini karena Nasha doyan banget sama donat.  Gak digulain aja dia bisa makan 2 biji sekaligus.  Jadi sekalian bikinin cemilan buat Nasha yang lagi doyan makan... (dari pagi mulutnya selalu minta ngemil ;-p), sekalian juga nyumbangin hasil uji cobanya ke Panitia Proyek-nya Bunda Inong.  Resep yg ini udah saya bikin sejak 2 minggu yang lalu.


Donat ini emang top deh.  Nguleninnya gak terlalu lama... dan hasilnya empuk banget.  Saya coba kasih topping coklat leleh dan ditaburi meises. Tapi tetep yah, donat kentang paling cocok dipakein gula bubuk ajaa....  mantap deh rasanya... Jadi temen minum teh sore-sore yang nikmat.


Naaaah, resep yang ketiga ini Lemet Pisang a la Bunda, dipilih karena banyak alasan hehehe...  Pertama karena bikinnya gampang banget, bener-bener gak ribet dan cepat (rhyme-nya pas banget kan  ;-p).  Alasan kedua, bahan-bahannya selalu tersedia di dapur kami...  Singkong dan pisang selalu tersedia buat sarapan kalo kepepet....;-p.  Tinggal daun pisangnya aja yg minta sama tetangga dikit. 


Alesan ketiga yang paling penting....  Uppa paling antusias nyicipin makanan kampung model begini...   Jadi sekalian aja bikin buat temen minum teh...


Dan ternyata yang doyan bukan cuma Mama sama Uppanya...  Nasha sekali makan abis 2 biji... kekeke...  Jadi kayaknya Nasha bukan cuma doyan keju, tapi doyan singkong juga...  *garing lisye nih*


Alhamdulillah, Bunda Inong...  3 resep tadi bukan cuma sekedar buat ujicoba untuk memenuhi target bikin Proyek Cinta buat Bunda....  Tapi buat kami, Insha Allah, bener-bener dinikmati...  Saya doyan udah pasti.... Uppa dan Nasha juga suka.....  Makasih ya Bunda,  resepnya....  Al Fatihah buat Bunda....

38 komentar:

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

cantik2 Lisa...juga pasti enak...*nyodorin piring*

:D :P mengatakan...

Lisa, bener nih bikinnya gampang? Lemet pisangnya menggiurkan, sayang saya udah nggak bisa janjian dengan Bunda ke pasar biru pasar favoritnya di Singapura, dulu alm yang kasih tau dimana jual stall daging halal dll. Hu...hu...hu.... belum sempat tanya Bunda penjual singkong yang bagus disebelah mana.

Lisa Aries mengatakan...

iya mbak esther... resep resep bunda Inong emang top.... :-)

Lisa Aries mengatakan...

Iya mbak Imel.... bikinnya gampang banget... tinggal campur semua bahan, bungkus daun terus dikukus deh...

Dulu sempet jalan bareng bunda Inong yah di Singapore... :-) Sayang aku cuma bisa mengenal lewat dunia maya....

Sylvie Gill mengatakan...

hebat sekali, mamanya nasha - bisa mencoba 3 resep.
semuanya cantik, lis - menggiurkan juga
mengingatkan syl untuk segera mencoba resep nya almarhumah.

Rini rienee mengatakan...

Cantik2x dan tentunya enak ya..........ngiler deh........
Aku masih suka buka resepnya Almarhumah...........
Love, Rini

Papinka .. mengatakan...

Jeng tolong kirim ke rmh dong(sambilmangapngiler)

Lisa Aries mengatakan...

Kan bikinnya gak sekaligus mbak Syl.... karena deadline-nya lama.... Santai...
Yang puding udah dibikin sejak lama.... donat udah 2 minggu yll... kalo lemet baru kemaren... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Sama mbak... aku juga masih... Sedih karena udah gak ada update lagi sekarang...

Lisa Aries mengatakan...

Tinggal lemet-nya nih Dev... mau..? ;-p

Papinka .. mengatakan...

mau sih, tp gw putusin bikin dewe aje,drpd keburu basi pas nyampe SG.^-^

Lisa Aries mengatakan...

wakakakaka...
Bagus bagus.. ayo pada bikiiin...

Lia Gurun mengatakan...

ah males cuman dipamerin poto, tester dunk :D

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

aku juga pengen ikutan jadi volunteer, tapi kok tiap masuk rumahnya pasti rasanya gimana gitu ... suka meleleh sendiri ... :((

Sefa Firdaus mengatakan...

cantik-cantik semuahhhhhhhhh
itu yg puding coklat biskuit jadi pengen nyoba juga

Estri U mengatakan...

hebaaaddd volunteer nya 3 resep...cantik2 bangeeedd

Tidak Aktif mengatakan...

gelegek.....itu yang puding coklatnya ngak nahanin euy.

Lisa Aries mengatakan...

lhoo.. kan elo mau bikin pudingnya..... sama lemet sekalian Li.. bukan baking ini... ;-p

naih Soepangat mengatakan...

kabita sama puding coklatnya.

Kucing Kembar mengatakan...

Insya ALlah jadi amal jariah buat Bunda Inong. Amin ya Rabbal Alamiin. Juga amal jariah buat Bunda Nasha. Amiin ya Rabbal Alamiin.

Mama's threeboys mengatakan...

Aku malah nggak tau ada project cinta buat Bunda Inong .... sering banget sich nyontek dan betul2 menghargai hasil karya beliaw :):):)
BTW cantik2 photo-nya Lis .. pati rasanya enak banget :):):)

Ani Bowolaksono mengatakan...

wah, itu puding coklatnya meni coklat bangettttt....
ngileeeer niih

Yola Dowling mengatakan...

Lis, btw, sekarang keluarganya mbak Inong gimana kabarnya?

Lisa Aries mengatakan...

Itu yang gak gue tau pasti Mak... abis ayahnya sibuk kayaknya, gak semept nulis di blog. Tapi denger-denger dari temen sih, katanya Zidan (anak pertama Bunda Inong) sekolah di Jakarta...

Lisa Aries mengatakan...

Iya... enak lagi, lembut dan gak terlalu manis...

Lisa Aries mengatakan...

Iya... aku juga Lin... anggap aja ini jadi bentuk penghargaan aku buat almarhumah...

Lisa Aries mengatakan...

Amin... amin ... amin....
Makasih ya Pik... :-)

Lisa Aries mengatakan...

Iya Teh... enak... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

ayo dicobain.... resepnya ada di dapur bunda.... :-)

imelda & hendra mengatakan...

nyam-nyam...

Lisa Aries mengatakan...

Nggak hebat Tri....
Kan emang biasanya 2 atau 3 hari sekali bikin cemilan buat stok-nya Nasha nyemil.... Disini gak kayak di Indo yg bisa dengan gampang beli. Jadinya kudu bikin sendiri.. ;-p
Jadi ya sekalian aja maksudnya... jadi volunteer sekalian buat dikonsumsi sendiri.... kan sama aja.. masak-masak juga...

Lisa Aries mengatakan...

Iyaaa... cbain deeeeh. Enak..

Lisa Aries mengatakan...

sedih ya Fit.... cuma bisa memandangi foto Bunda Inong yg senyum manis.... :-(
Ya, Fit, anggep aja ini sebagai bentuk terima kasih gue karena dia udah share resep2 oke yg disuka sama keluarga.. :-)

Lisa Aries mengatakan...

enak ya..? hehehhe

cindy parmanti mengatakan...

plok plok....hebat mbak semuanya cakep2..aku juga pengagum bunda Inong .. aku mau coba donat kentangnya ya........

Lisa Aries mengatakan...

Iya.. donat kentangnya enaaaaaak

julia setyowati mengatakan...

aduh enak semua nih lis......

joe sampson mengatakan...

sINGKONG KEJU NA MANA.........................................!!!!!!!!!!!!!