Selasa, 12 Desember 2006

French Fries


Description:
Kalo gak mau repot... beli aja di supermarket ;-p. Tapi buat saya yang punya suami ogah beli-beli makanan beku dalam kemasan.. (alasan utamanya: mahal ! ;-p) kudu cari akal kalo kangen sama French Fries... Resepnya saya dapet dari Majalah Sedap Sekejap. Rasanya oke, gak beda sama yg beli beku...

Ingredients:
Kentang ukuran besar (biar French Friesnya panjang-panjang), secukupnya
garam secukupnya
es batu secukupnya
tepung maizena secukupnya

Directions:
1. Kupas kentang dan potong panjang
2. Rendam kentang yang sudah dipotong didalam air garam. Setelah garam larut, masukan es batu agar dingin.
3. Setelah 30 menit, tiriskan kentang dan taruh diatas kitchen towel (lap bersih) sampai airnya mengering.
4. Taburkan maizena dengan ayakan.
5. Goreng sampai kuning. Angkat dan dinginkan (boleh masukan freezer dulu)
6. Goreng lagi sampai kecoklatan



Goreng seperlunya aja.. sisanya bsa disimpan di freezer, dan digunakan lagi pas perlu.

82 komentar:

Nana Heitmeier mengatakan...

bisa dicontek neh.... :-)

Lia Gurun mengatakan...

gw males rajangin nya :(( kalo mateng maooo :p

Imazahra Chairi mengatakan...

Wow, cucok niy dipasangin sama ikan crispy goreng, kek Fish and Chips di Inggrees :-D

Kucing Kembar mengatakan...

kenapa mesti digoreng dua kali?

Lisa Aries mengatakan...

silakan... aku juga dapet nyontek..

Lisa Aries mengatakan...

Ngerajanginnya sih bentar...
Nungguin pas nggorengnya itu yang bete.. pake didinginin dulu lagi...

Lisa Aries mengatakan...

atau sama ayam goreng tepung.. a la KFC.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

ah, elo nanya yang nggak-nggak aja.... ya karena diresep ditulisnya gitu.... ;-p
*bingungjuga.com*

yuni hanafi mengatakan...

wah mbekayuuuuuuuuuuuuuuuuuuu suamiku sampe bela2in nyari2 resep dan nyuruh aku bolak balik praktek karena penasaran pingin hasil kayak gini,bahkan aku sering diajak beli sambil suruh mlototin tukang masaknya biar tahu caranya tetep aja gagal....makasih banget yak langsung praktekin nih buat suprise abi dah........eh itu klo dingin gak letoy kan?tetep renyah kan?

Lisna MM mengatakan...

mmmm....paling suka lihat resep Lisa krn gampang dicontek oleh simales ini ......thankss sayy..

Lisa Aries mengatakan...

wakakakaa...,,
ya letoy letoy juga mbak Yuni... ;-p
Namanya juga udah kena udara.... Atau coba motongin kentangnya jangan terlalu tebel, trus pas goreng kedua kali sampe garing bener.... mudah2an gak letoy..

Aku belom pernah sampe letoy sih, soale langsung abis selagi anget kalo nggoreng ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Oiyaaa...
lebih baik sebelum digoreng kedua kali sempet disimpen di freezer dulu... goreng dingin-dingin... (menurut pengalaman nih) ;-p

Lisa Aries mengatakan...

kikiki...
ada mbak bersaree biru nih... ;-p

Lisna MM mengatakan...

:D gitu yahhh...bawa-bawa terus saree biruku.....:D

Lia Gurun mengatakan...

mana seh lisnam liat dunk aku saree birunya "bela belain reply pdhal ada kamera nih"

Lisna MM mengatakan...

wakakakakak...Liaaa...kamera dibelakanggg tatuuttttt....
Nantilah kutunjukkan..sekarang pulang dulu ke rumah ;p
Lisaaaaaaaaaaaaaaaa...................!!!!!!!!!! :D

Lisa Aries mengatakan...

abis cakep sih... ;-p

Lia Gurun mengatakan...

manaaaaaaaaaaaaaaaaaaa aku mauuuuuuuuuuuuuuuu Lisnam, cepetan gih ol ke ym :D

Lisna MM mengatakan...

ihhh segitunyaaaaaaaaaa pemaksaaan ini.....kameraaaaaa tolonglahhhhhhhh sorottttttttt Liaaaaaaaaaa..................Lisaaaaaaaaaaaaaaaaaaa....sekarang aku makin cakepppppppppppp lhooo.....tapi kok begini jadinyaaaaaaaaaaaaaa.......:D

Lia Gurun mengatakan...

manaaaaaaaaaaaaaaaaaaa tunjukkkan sareeeeeeeeee birumu, kalo gak awas kau yah :p

Lisa Aries mengatakan...

Iya mbak... ;-p Emang tambah cakep.... Ketawanya menarik.... kekekee *puji terooooos*

Lisna MM mengatakan...

Iya ya...ketawaku menarik dan cakep ya...(*pantang gak dipuji*) ...
Lia...udah lonceng pulang tuh...eitssss kamera nyorot lagiii :D

realist craftsman istp mengatakan...

mbak.. itu maizena buat bikin efek apa ya?
kalo resep ibuku pake kapur sirih..

Caroline Atmadja mengatakan...

Kalo bikin sendiri khan lebih sehat tanpa msg

Lisa Aries mengatakan...

Gak tau *malu*
Namanya juga resep nyontek..... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

betuuuuul..

Coni Immanuel mengatakan...

halah mommy Lisye, emang tangan elu tuh dingin banget yak, ngolah makananan :) ada aja trik trik nya, tenkyu ya say :)

Sylvie Gill mengatakan...

lisaaaa... thank you for sharing the recipe ;)

Mamiek Syamil mengatakan...

Makasih Mbak Lisa. Biasanya belum goreng yang kedua udah amblass...:)

F&H's Mom mengatakan...

bagi dunk, males buatnya enakan beli, murah sih disini kekeke...

Annisa 4482 mengatakan...

hahaa aku senengnya buat, sama kaya mbak lisa. lebih sehat! trus jangan di deep fry mbak. di bake aja :) wekekekee *dari yang lagi ber diet* (Lah kalo diet jangan makan french fries tho? huahahahaha)

Sefa Firdaus mengatakan...

garam secukupnya berapa? soalnya kentang itukan penyerap asin (dan penolong masakan kalo keasinan)
aku pernah bikin, tapi masih kurang asin

*♥ d!@n ♥* mengatakan...

Di Mac. Donald sini yg dijual French Fries di Belanda kita sebut (Patat), aku paling doyan sama French Fries karena bentuknya panjang dan sangat gurih.

ummi nida aufal mengatakan...

subhanallah lisa, emang bisanya deh, cantik lagi hasilnya
meniriskannya ampe kering berapa lama lis?

Ma Belle Vie mengatakan...

Wah bisa dicontek nih ;) TFS ya.

Rini rienee mengatakan...

Rajin sekali bu............tapi kalo aku yg buat kok cepet layu ya..........maksudnya nggak kayak kita beli di toko itu lho.........knapa ya.
Lve, Rini

Yola Dowling mengatakan...

Cakep amat ini french fries... Gue contek kapan-kapan ya Lis. Eh iya, gue ngutang resep sama elo. Siangan ya mak!

suci sadiq mengatakan...

kenapa yaa tiap gue komen suka salting liat poto lu nyang disamping ini.... yang lain gitu juga nggak sih?? *reply oot*

suci sadiq mengatakan...

oiyaa resepnya asyik mak... ntar kalo kita kopdar lagi kita bikin seember yaaa... lumayan buat temen gosip.... hehhehee

Nining Soeryono mengatakan...

kreyatip & rajin... :)

Lita Koeswandi mengatakan...

Yang bener say??? Gue dari dulu gak pernah sukses bikin si french fries..Coba ah!

Lisa Aries mengatakan...

yaelaaaah.. Mak.. ini gue juga dapet nyontek.... bukan trik dari gue...

Lisa Aries mengatakan...

sama sama mbak Syl.....

Lisa Aries mengatakan...

Iya mbak Mamiek... biasanya gitu.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

iya.. elo mah beli aja gih....

Lisa Aries mengatakan...

wah... boleh juga tuh... resepnya bagi dong Nis.....

Lisa Aries mengatakan...

ya berarti kira-kira aja... kalo segitu kurang asin, berarti tambahin... :D

Lisa Aries mengatakan...

sama mbak Dian.. aku juga....
Tapi bikin gendut yak...:D

Lisa Aries mengatakan...

tiriskan aja sampe air gak netes... trus di taro diatas serbet bersih, sambil dilap-lap.. biar kering

Lisa Aries mengatakan...

you're welcome.. ;-p

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

mau comment jahat jadi gag tega ya, karena disenyumin gitu ... ha ha ha ...

mariena payne mengatakan...

kalo buatan sendiri juga rasanya lebih gurih ya Lis......aku kalo buat cuma kentang di potong gendut2..di goreng..makan ama garam tabur..itu aja dach gurih di banding beli jadi...apalagi yg resep kamu nih Lis..thnx yaa

Ani Bowolaksono mengatakan...

mba, pake es batu biar apa ya?
maaf ya pertanyaannya agak o-on, soale krn musim dingin ngga bikin es batu :(

Lisa Aries mengatakan...

Karena diresepnya ditulis gitu *jawabannya juga oon* kekekekke...
Sebetulnya saya juga gak tau.. kenapa mesti dikasih es batu... (maap yak, namanya juga resep nyontek ;-p) Mungkin biar kentangnya lemes... soalnya pas udah direndem es batu 30 menit, kentangnya jadi lemes....

Lisa Aries mengatakan...

Iya mbak.. aku juga sering abis potong langsung goreng... kekekeke

Lisa Aries mengatakan...

Gak suksesnya gimana mbak Lita....
Letoy yah....?

Lisa Aries mengatakan...

duh... rajinan dikau Ning.... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

nggak ah... beli aja...
Mumpung gak ada uppa.. kayak kemaren itu... kekekeke

Lisa Aries mengatakan...

napa seeeeh..
segitu cantiknya ya gue.... kekekkeekke

Lisa Aries mengatakan...

waakakakak.. emang itu tujuannya Fit... :D

Lisa Aries mengatakan...

Udah gue terima reseepnya Mak...
Lama gak sih bikinnya....

Lisa Aries mengatakan...

mbak.... yang ini juga bakal layu kalo udah dingin dan kelamaan kena udara.... Mungkin namanya bikin sendiri, jadi gak ada pengawetnya.... (atau bahan bahan lain yg bikin kentang beku kemasan itu renyah banget)

Mungkin lhoooo.... hehehehe

Sefa Firdaus mengatakan...

hahahaha... pembaca kecewa :))

Lisa Aries mengatakan...

wakakakaka..
ya kan tergantung jumlah kentang dan airnya... *ngeles*

Sefa Firdaus mengatakan...

hahahaha... pembaca kecewa :))

S.e.C.r.E.t Pavilion mengatakan...

Rajin yah kamyuu, kreatif dan inovatif...sumpah deh...nyontek rajinnya Lisa juga ah ;)

ningrum widya mengatakan...

Aduhh..emang telaten kamu ya...aku minta yang udah kamu goreng aja deh!!

Lisa Aries mengatakan...

hadooooh.. pake muji muji segala lo Yan... wakakakka...
Gue kan karena kefefet aja rajin... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Kalo bisa beli mending beli aja mbak... kekekkee... Jadinya gak repot...

Lita Koeswandi mengatakan...

Iya..gak krispi kayak di luaran gitu. Jadinya semi-semi putus asa bikin FF sendiri..mendingan beli frozen, atau mampir ke Mc D dan kawan2nya kalo lagi pengen FF..:D

Lisa Aries mengatakan...

Naaah.. itu dia... aku juga maunya bli yg frozen aja.... cepet banget ga usah repot... ;-p

julia setyowati mengatakan...

aku lom pernah bikin....cuma beli jadi aja...thx deh ntar mo nyoba

Lisa Aries mengatakan...

aku juga kepengennya sih beli aja... praktis.. ;-p

Ria Tea mengatakan...

foto bercerita banyak nih lis...tfs ya

Lisa Aries mengatakan...

sama sama Ri..

Arlina Veralda mengatakan...

wah, tengkyu resepnya... ini yang lagi gue cari2... salam kenal.. found your web from google :)

Lisa Aries mengatakan...

sama sama.. mudah mudahan suka...

rosita nurwijayanti mengatakan...

lagi nyari resep kentang goreng, eh sama pak google ditunjukin ke sini. boleh coba ya mba resepnya...salam kenal. tengkyu...

Yudo Waskito mengatakan...

keren mbak aku oba deh pas liburan, thanks ya

Muhimmah Shidiq mengatakan...

Assalamu'alaikum wr.wb. Tante, ummi minta ijin nyobain resepnya boleh yah? Salam kenal dari kami.

May Hickman mengatakan...

Dari ayam goreng ala KFC..lsg kesini
tfs lagi, thanks

cindy andriyant mengatakan...

mantafffffffff