Jumat, 23 Juni 2006

Ketan Item Balut Kelapa


Description:
Ini ketan item biasa aja kok... hehehehe. Cuma disiram saus gula aja, atau taburin gula pasir biar berasa manis... Cara gampang menikmati ketan item.. ;-p

Ingredients:
500 gr ketan hitam, rendam 2 jam
air secukupnya
garam secukupnya
kelapa kupas dan parut seckupnya

Saus :
rebus bersamaan dan saring:
150 gr gula merah
4 sdm gula pasir
1 gelas air

Directions:
1. Aroni ketan dalam panci dengan air setinggi satu ruas jari hingga air meresap.
2. Kemudian kukus hingga matang.
3. Ambil ketan sekepal, bulakan hingga padat. Gulingkan dalam kelapa parut yang sudah dikukus dan dibubuhi garam
4. Nikmati dengan siraman saus gula

PS: atau kalo males bikin saus gula, cukup ditaburi gula pasir saja.

29 komentar:

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

wah terima kasih resepnya... saya suka bingung kalau ngolah ketan hitam taunya cuman dibubur dan ditape aja soale...

mariena payne mengatakan...

wahhh enak nihhhh.........boljugggg.
thnx Lis resepnya!!!!!!!!!!! Mungkin cuma ketan item ama kelapa asin adja juga dach enak kali ya. Kayaknya aku pernah nih makan ini, tp tanpa saus gula.

aya munir mengatakan...

kayaknya aku pernah makan nih yang kayak gini pake saus gula dan kelapa parut tapi bukan ketan..dari tepung ketan/kanji kayaknya kenyal2 gitu.. namanya lupa apa yah?

Nita Aryanti mengatakan...

Mbak..bagi dong...Males marut kelapanya :-P

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

pake kelapa kering aja Nita... dikukus ama pandan kan enak lagi...aku juga males marut kelapa...

Nita Aryanti mengatakan...

Wah bisa gitu ya..soale biasanya kl ada resep yg pake kelapa parut langsung sedih krn gak bisa bikin...

Yola Dowling mengatakan...

Lis, dulu gue demen banget makan ketan item model begini, tiap pagi ada ibu-ibu yang suka ngider keliling komplex. Enak banget ya... Btw, ada ketan item ya di Kerala? Di Bangalore ada tuh modelnya ketan item, tapi ternyata beras item!

Pottre Medure mengatakan...

thanks ya bauat resepnya, kayaknya enak deh, mau coba. :)

Lea sajah mengatakan...

nah ini dia neh lama ga makan...

Lisa Aries mengatakan...

Sama Mbak.... sy juga bingung. Ini inget sama ketan yg dijual sama mbok-mbok gendongan yg lewat depan rumah kalo pagi aja.... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Iya... yg biasa dijual sama mbok-mbok.. biasanya cuma ketan sama kelapa doang... tapi kalo sy beli... biasanya ditambahin gula sendiri..;-p Enak...

Lisa Aries mengatakan...

Wah... apaan tuh...? Yang warnanya putih ya.. trus diiris-iris.. Itu dia sy juga kangen banget... tapi gak bisa bikinnya... Kalo di Bumiayu dulu, nyebutnya Puli...

Lisa Aries mengatakan...

sama... males juga sebetulnya... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Duh, senengnya kalo disini ada yg jual kelapa kering... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Betul..!!! Ini juga gue bikin karena inget sama ketannya mbok-mbok yg suka lewat itu...hehehe. Btw, di kerala gak ada beras ketan Yo... Gue bawa dari Indo 1 liter wekekekek...

Lisa Aries mengatakan...

Sama-sama.. :-)

Lisa Aries mengatakan...

heheheh... mau..??

Evimeinar Nasution mengatakan...

baru kmrn unclenya si PB nanya ke gw, krn kebetulan di kerja di safeway, kebetulan tau ada barang baru masuk ke safeway.. nanya ke gw
how to cook black sweet rice? when i asked one of my co-worker who is chinese, she doesnt know what for it is. gw bilang itu biasa buat dessertnya org indo :D
makasih sharing resepnya, kapan2 mau coba ahh

helien sampurna mengatakan...

takut ah bikin ini, takut ada yg ke saing itemnya di rumahku hahahaha.

Lisa Aries mengatakan...

mungkin maksudnya bubur ketan item...????

Lisa Aries mengatakan...

wekekekeke.. bisa aja mbak Tika.. ;-p

Evimeinar Nasution mengatakan...

mana dia kenal bubur ketan item, liat si ketan item aja baru kali itu lis
makanya si ketan item itu diapain dia nanya ke gw..

Lia Gurun mengatakan...

gw kebetulan punya ketan item ga tau mau diapain, thanks ya Lis udah bikinin ide bikin ketan iten balut kelapa :)

Lisa Aries mengatakan...

bekal dari indo ya Li..wekekeke

Lia Gurun mengatakan...

disini banyak Lisa ketan putih maupun yg item, produl thailand :) so ga usah bekal dr indo, kekeke

Lisa Aries mengatakan...

wadoooh.. kalo gitu ntar kalo elo ke Kerala.. bawain ya neeek..

Lia Gurun mengatakan...

boleh beleh tar gw bawaan deh yg banyak, abis itu masakin gw yah, kekekke..... Lisa kemaren nyontek resepmu yg wajik, koq hasilnya ga mau padat sih, ga bisa diiris, alias ancur gitu lohhhh...

Lisa Aries mengatakan...

waaah... mungkin pas masak ketan pas sama santennya (sebelum dicetak) kurang kering...? *gue bingung juga*

Lia Gurun mengatakan...

mungkin kurang kering kali ya, tau juga deh, aabis bawahnya ampe berkerak makanya gw angkat trus dimasukkin loyang... loyangnya di olesi minyak, kaya di resepnya dapur bunda..