Senin, 02 Oktober 2006

Brownies Kukus ... etc..etc...


Description:
Udah lama kepengen nyobain brokusnya Ririe... akhirnya kesampean juga.... Emang gak kalah kok sama Brokus Amanda... ;-p. Saya pake loyang bunder diameter 20 cm.. Karena cuma itu yang muat masuk dandang... ;-p

Ingredients:
8 kuning telur
4 putih telur
225 gr gula pasir halus
50 gr tepung terigu protein sedang
50 gr coklat bubuk
½ sdt baking powder
120 gr margarin
50 gr dark cooking chocolate, dipotong-potong

Bahan lapisan coklat :
50 gr meises coklat (say pake 80 gr, biar tebel.. ;-p)

Directions:
1. Lelehkan margarin. Tambahkan dark cooking chocolate. Aduk sampai coklat meleleh Sisihkan.
2. Kocok telur dan gula selama 10 menit sampai mengembang
3. Masukkan tepung terigu, baking powder dan coklat bubuk sambil diayak, aduk rata.
4. Tuang campuran margarin leleh ke dalam adonan tepung. Aduk sampai rata.
5. Tuang ke dalam loyang yang dialasi plastik dan diolesi minyak (kertas roti dan diolesi margarin). Kukus selama 10 menit dengan api sedang.
6. Tabur meises ke permukaan brownies. Kukus 10 menit.
7. Tuang sisa adonan keatas lapisan meises, kukus sampai matang seluruhnya (kurang lebih 25 menit). ANgkat dan dinginkan.

=====================================

Nah ceritanya brokus yang kemaren itu beredar kemana aja... kekekeke. Maksud Uppa sih biar satu loyang gak masuk ke perut saya semua.. jadinya sama dia dibagi-bagi keorang-orang... Dan ternyata pada suka tuh... Tau ndiri lah.. orang sini kan jarang makan brownies...kekekeke...

Trus trus... tadi pagi anak dari temen kantornya Uppa, yang kebetulan juga cucu dokter saya ultah. Sy emang udah lama niat kepengen bikinin cake..

Cuma masalahnya niat gak didukung sama persiapan yang matang... kekekeke. Sampe satu hari sebelum ultah, saya masih belom kebayang cake kayak apa yang pengen dibuat. Udah browsing sana-sini nyari ilham.. tetep buntu.... Jadi keputusan akhirnya: liat aja nanti deh ;-p Karena persiapan kurang mateng, termasuk bahan-bahan yang minim..... jadinya hasilnya emang kurang maksimal... Karena pas puasa ini saya sakit.... jadinya males banget keluar naek bis ke TBK yang letaknya jauh banget di pusat kota. Jadi terpaksa deh pake bahan-bahan seadanya... yg masih ada di kardus persediaan.

Hasilnya.... buttercreamnya keenceran karena pas butter udah dikocok ternyata baru ketauan icing sugarnya gak cukup alias abis.... kekekee. Trus-trus... karena ini pertama kalinya saya berurusan dengan buttercream dan spuit, tangan sempet gemeteran pas mau ngerenda pinggiran kue... Salahnya lagi saya mulainya dari pinngiran atas kue.. jadinya tangan yang masih kaku ini menghasilkan renda yang acak adut gak rapi...kekekke. Pas renda bagian bawah, agak-agak rapi karena tangan mulai lemes...


Liat deh bedanya renda atas sama bawah....

Topping kue juga punya cerita sendiri... karena saya masih takut make buttercream (belum pernah ikut kursus sih.. ;-p) diputuskan kuenya disiram ganache ajah... pikir saya lebih gampang kaleeee... kekekeke. Ternyata... Dark Compound Chocolate yg beli di India ini kentel banget, beda sama dark cooking chocolate yg saya bawa dari jakarta.... Akhirnya perlu tenaga lagi buat ngerapiin biar keliatan licin. Soalnya walau kuenya digoyang-goyang... ganachenya gak mau ngalir.. ;-p.

Trus setelah agak mengeras, dihias lagi motif diamond pake sisa ganache, biar gak polos. Buat hiasan tengahnya rencananya saya mau pake manisan buah yang bulet-bulet merah mirip ceri (FYI disini gak ada ceri...kekekekeke). Tapi owalaaaaah... dicari di 3 supermarket terdekat, biasanya banyak banget.. hari itu semuanya kosooong. Trus saya coba-coba bikin motif coklat leleh dicoret-coret di atas kertas roti.... tapi pas kering kok malah pada patah... Huhuhuhu.. mau nangiiiiiiiis....

Pas udah putus asa banget, akhirnya saya ke warung deket rumah aja, kali ada coklat bulet, atau m&m atau apalah.... (yg ternyata gak ada). Harapan terakhir ... cococrunch!.. Ya udah samber aja deh... kekekeke bungkus kecil cuma 10 rupees... kekekeke...


Tampak Atas...

Alhamdulillah.. akhirnya cakenya jadi juga.. walaupun masih sederhana... ;-p Berantakan..? Iya... Norak..? Kali... kekekke...
Who care..? Yang penting hepi... ternyata Aku Bisa... ;-p



Ini dia.. hasil dekor pertama saya... dalemmnya Brownies Kukus, disiram pake Ganache dan dihias buttercream...

80 komentar:

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

cantiknya...ada acara apa say...
hebat 2 jempol buat ibu yang rajin...

Ag P. mengatakan...

buat saya itu cantik Lis.
apalagi baru pertama ... ikutan acungin 2 jempol... jadi ada 4 (gabungan dengan Esther)
Pasti akan ada jempol2 lain :)
oh ya ... salam sayang buat Nasha

Lisa Aries mengatakan...

Waduh mbak... terharu sama supportnya...
Thanks banget ya.... means a lot to me loooh.. kekeke

Lisa Aries mengatakan...

Ini... bikinin cake buat cucunya dokter aku yg ultah mbak Esther....
Mumpung ada alesan buat belajar dekor.....kekekeke

Mama's threeboys mengatakan...

Ya ampun rajin banget, sampe dihias sebegitu rupa .... cantik banget .... aku mah boro2 bisa ngehias .....nyontek ah resepnya ya :) TFS Lisa :):):)

Mama's threeboys mengatakan...

Satu lagi pertanyaan ... tepung terigu nyarinay dimana ya? disini mah susah euy, aku cuman pake all purpose flour ... bisa nggak ya?

lily kusumah mengatakan...

maak.... begitu liat potona, napsu nyela gw langsung lenyap nyap nyap. ngebayangin elo nungging2 seharian ngehias brokus wekekeke.. tapi beneran deh mak cakeeep, gw belum temtu bisa bikin kaya elo. 12 thumbs up (jempol kaki tangan orang serumah neh) buat elo. keep trying and making mak.. !!! elo emang bener2 mommy LISYEE !!!

Lisa Aries mengatakan...

Gak kok mbak Lina...
Ini buat aku sih kesempatan buat belajar ngedekor.... mumpung ada yang ultah. Kalo nggak, lah... ngapain juga bikin cake di dekor...kekekkee

Nita Aryanti mengatakan...

Hasilnya cantik kok Lis... Kalo aku mungkin udah nangis beneran deh..Gak bakat menghias-hias dan tidak berani mencoba...hehehehe.

Lisa Aries mengatakan...

loh... bukannya all purpose flour itu tepung terigu. bahsa Indonesianya Tepung terigu serba guna...

Mama's threeboys mengatakan...

Pernah baca dibuku resep kalo pengen bikin coklat bentuk daun bisa pake daun mawar ato apa aja yang daunnya lumayan keras, poles belakang daun dengan coklat, lalu dinginkan dilemari es, liat gambarnya sich bagus, tapi belon pernah nyoba, terlalu takut ... xixixixixi ...

Mama's threeboys mengatakan...

Tau indonesia-nya dari all purpose flour mah ....tapi resepnya khan tepung terigu protein rendah?

Lisa Aries mengatakan...

salah.....
gue selesai ngedekor sebelum jam 12 siang... berati gak seharian kan...wekekeke

Lisa Aries mengatakan...

modal aku juga cuman pede doang kok Nit...kekeke
Bakat juga gak ada....

Lisa Aries mengatakan...

Ini juga kemaren aku coba.... cuma ya itu... patah pas kering....
Mungkin ada caranya ya biar kuat... Itu yg belom aku tau....

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

maaf ya sharing dikit :
kalau coklatnya yang dibuat ganache kentel banget bisa ditambah mentega aja dikit biar rada cair. atau juga bisa mentega putih.
kalau bikin buttercreamnya agak keenceran bisa ditambah mentega putih, entar agak kaku lagi kalau gak punya gula halus...
atau gula pasir diblender /chopper lalu di saring, bisa juga kalau emergensi gitu...

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

duh Lisa ... baru pertama bikin aja udah segitu cakepnya, apalagi kalo dah berkali-kali en sempet ikutan kursus ? ... salut dech ... ini gw mujinya ikhlas lho ... he he he ...

Mamiek Syamil mengatakan...

Bagus gitu loh! Sip deh!

chichi lubis mengatakan...

setuju ama mba ester hebat benar cantik lagi cakenya,uda boleh buka toko kue ni di cochin

Yola Dowling mengatakan...

Lisaaaa! Gue ngambek dulu ah, mau pergi!

Kucing Kembar mengatakan...

buuuuu..... gue yakin uppa makin cintaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa deh sama ibu. hebat sekali sih lo, buuuuu! :) kreatif, iya; pinter masak, iya; jago masak south indian, iya; bikin cake dihias, iya.... kalau anak gadis, tinggal dikawinin. tapi elo kan udah kawin, yak? :D

mariena payne mengatakan...

Laaaahhhhhhhhh..ini mah dach cantik banget......
keren koq bolu nya..........aku aja kagak bisa menghias kue....nyoba pun nggak berani heeee. Aku pesen seloyang yaaaa........

Nining Soeryono mengatakan...

cantik, Lis... apalagi kamu bilang ini baru pertama kali.. hebat buk! :)

Anita M~ mengatakan...

aduh ,... enak nya..

Wahana Catering mengatakan...

Kalo udah tampilan pertama aja kayak begini bagaimana kalu yang selanjutnya ...
hummmm ....nyam nyam

Lisa Aries mengatakan...

duh Chichi.... your comment is sooooo sweeeet....kekekek
Thanks ya Bu.... Gimana, udah merasa baikan Chi...?

Lisa Aries mengatakan...

Nggak Mbak.. pake tepung terigu protein sedang.... ya si all purpose flour itu...

Mama's threeboys mengatakan...

Berarti tepung terigu protein sedang itu sama dengan all purpose flour ... clear dech kalo gitu ... sorry udah bikin binun.

Lisa Aries mengatakan...

Gak usah pake maaf dong mbak....kekeke.... sarannya membantu sekali...

Kemaren itu ganachenya sebetulnya udah aku campur pake fresh cream... tapi ternyata masih kentel juga, trus aku tambahin sedikit butter. Tapi dikiiiiiiiiiit banget soalnya takut gak boleh...wekekeke... Ternyata boleh ya mabk....

Hmm.. belom nemu mentega putih disini mbak...

Lisa Aries mengatakan...

iya mbak Lin... sama... Gak bingung kok...kekeke

Lisa Aries mengatakan...

Lah, berarti yang kemaren-kemaren gak iklas dong.... hayooo... wakakakaka
Btw.... thanks ya Fit... :-)

Lisa Aries mengatakan...

thank you Mbak Mamiek.... muaaach... Kekekke

Lisa Aries mengatakan...

wah, tapi ntar balik lagi kan bu.... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

stop stop stop mpok.. jangan kelebihan ah.... jadi gak enak nih.... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Bisa Mbak Mari... asal modal pede ajah... kek aku. Pas mau ngerendanya itu pede banget deh.. gak pake coba-coba dulu... walau tangannya gemeteran...wwakakaka

Lisa Aries mengatakan...

secara yang muji sejago Nining.... means a lot to me...
Thanks ya Ning.. :-)

Lisa Aries mengatakan...

;-p... mau ngggaaaaaak....???

Lisa Aries mengatakan...

Wah... makasih banget supportnya... :-)
Mudah-mudahan gak males nyoba-nyoba lagi yaa...

Lia Gurun mengatakan...

males ah comment abis gw udah paling akhir :(( btw congrats yah cakeppppp kuenya (lho bukannnya ini comment)

Lisa Aries mengatakan...

wakakak.. padahal elo kepengen komen pertama ya nek...kekeke
maap nek, gue baru punya mood buat posting itu malem-malem.. setelah perut kenyang... ;-p

Anita M~ mengatakan...

mau ......... mau kirim kan ya ... :)))

Imazahra Chairi mengatakan...

Brokus cantik begini aye juga mau :-) Hmmmmm, looks delicious!

Mba, aku sekarang membayangkan setiap step pembuatan Mba selalu sedia camera disamping and cekrek! Jepret2 belepotan butter nya si spuit, wahahahaha :-) *iya gak siy Mba?* Kok telaten pisan gitu loh jepret2nya* :-p

Lisa Aries mengatakan...

Lho.. nggak dong Ma..
Kan itu ambil fotonya pas udah kelar semua ngehiasnya...
tinggal foto rendanya... foto bunganya.. gitu...

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

waks, bukannya gag ikhlas ... but selama ini kan gw muji elo gag pernah sampe pake ngangkat 2 jempol segala ... he he he ... tapi untuk yang kali ini, boleh dech pake 2 jempol ... mau 6 jempol keluargaku smua juga gag apa ... gag pake jempol kaki lho, gag tega ... masa cake secantik itu dikasih jempol kaki ... he he he

chichi lubis mengatakan...

alhamdulillah sudah merasa lebih tenang dan iklas,berkat dukungan mba lisa juga thx ya :)).so entar kalau ultahnya nasha and uppa uda engga perlu beli cake nih kan ada master cake baru heheheee

chichi lubis mengatakan...

alhamdulillah sudah merasa lebih tenang dan iklas,berkat dukungan mba lisa juga thx ya :)).so entar kalau ultahnya nasha and uppa uda engga perlu beli cake nih kan ada master cake baru heheheee

F&H's Mom mengatakan...

jempolaannn deh maaakkkkk

btw kalo dipuji2 gw dikasihkan brokusnya iya kan kan kan :D

Deby F mengatakan...

duh bikin ngiler mbak, coklatnya itu lho menggoda, pengen sekali kali nyoba

Lisa Aries mengatakan...

sama-sama Chi.... sukur kalo kamu udah baikan.. :-)
Yang tabah ya...

Lisa Aries mengatakan...

kekeke.. ada ada aja lo Fit.. ;-p
eniwei... makasih banget yah....

Lisa Aries mengatakan...

kekeke.. kamu aja yang kesini ah... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

masih jempol tangan kan Is...kekekeke

Lisa Aries mengatakan...

ayo kalo gitu coba bikin ajah...

Caroline Atmadja mengatakan...

Bagus banget, apalagi motif bunganya. Sip dah.Tengahnya kasi apa itu Lis ?

Lisa Aries mengatakan...

coklat chips.... kekeke.. daripada bolong....kekeke

Kucing Kembar mengatakan...

gue bolak-balik lihat ini kue, jadi pingin bikin. waktu pulang kampung kemarin, agak skeptis gitu lihat brownies kukus Amanda yang katanya ngetop banget. Sekarang nyesel, belum tahu rasanya brownies kukus. Masalahnya, kalau ini brownies gue bikin, cuma gue yang makan. mana tahaaaaaaaaannn.... (Mas Joko alergi coklat, ngakunya.....) Tahan manaaaaaaaa.......

Anita M~ mengatakan...

Kirim ticket nya ya...

Lisa Aries mengatakan...

Nah... itu dia kenapa suami gue selalu ngebagi-bagiin semua kue yang gue bikin Pik....kekekeke... Pokoknya kalo dia pulang kantor ngeliat di meja ada seloyang kue, langsung dia potong-potong trus dimasukin kotak. Katanya buat dibawa ke kantor besok... Kalo gak bakal masuk ke perut ggue semua... wakkakaka..

Ya gpp sih, gue emang enjoy bikinnya.. kadang bingung siapa yang mau makan. Kemaren gue bikin Cake Karamel, akhirnya seloyang gue bagi-bagi ke House Keeping flat gue... kekekeke. Gak papa deh, bulan puasa bikin orang seneng.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

waduuuh... mahal.. ;-p

Anita M~ mengatakan...

just kidding... nanti kapan2 main ke America singgah ke rumah ya....

Lisa Aries mengatakan...

waduh.. kapan yak bisa main ke amerika.. *mulai ngayal* kekekeke

mamaiko - mengatakan...

Mbak cantik banget kuenya,bikin ngiler..mau tak coba yaaa...kebetulan bln ini si kecil ultah ..salam kenal yaaa

Kucing Kembar mengatakan...

Lis, lo mbok ya jadi tetangga gue, gitu!

Lisa Aries mengatakan...

ya udah.. elo pindah aja kesini...;-p

Lisa Aries mengatakan...

Salam kenal juga..
SIlakan dibikin kuenya mbak... saya juga nyontek ddari esep orang lain kok. ;-p
Semoga berhasil...

Kucing Kembar mengatakan...

gue lagi mau bikin nih, terinspirasi oleh elo :D. pertanyaannya: loyangnya setinggi apa tuh? soalnya kalau lihat foto elo, ngembang ke atas-nya cukup tinggi, ya? hmmmm.....

Lisa Aries mengatakan...

gw kemaren pake loyang bunder ukuran 20 cm dengan tingi loyang 5,5 cm... masih lebih tuh atasnya... (loyangnya yg lebih)
Kuenya gak tinggi kok Pik... kali efek dari foto aja keliatan tinggi...kekeke

Coni Immanuel mengatakan...

Aih Lisa...... pe kabar????? gue mo lelepon ah ke sono..... cakep banget kuenyah....

Lisa Aries mengatakan...

ya ampyuuuun.. Coneeeeeee...
Kemana aja si.. waktu itu kok gue telpon elo kagak ada.....

Coni Immanuel mengatakan...

wadooooh... instant reply... jangan jangan lagi bikin adonan kue lyak Jeng :) beneran deh weekend gue lelepon ah, duh kue kuenya bikin ngiler :)

Lisa Aries mengatakan...

kekekekeke..... gue lagi gak ada kerjaan... suami gak dirumah... Nyantai....
Eh.. eh.. gue udah nemu tbk disini.... kekekeke

Kucing Kembar mengatakan...

UPDATE UPDATE
Akhirnya Lis, gue bikin juga ini brokus.... Gue janji ama teman yang ngudang buka puasa untuk bikin hidangan pencuci mulut, dan akhirnya memutuskan bikin Brokus ini. Ada macam-macam masalah: 1. loyang gue kegedean buat panci kukusan, 2. tapi karena loyangnya dari silikon, bisa ditekuk sedikit supaya muat, 3. brokus-nya jadi berbentuk oval :D, 4. setelah keluar dari cetakan, itu brokus makin mencong-mencong bentuknya, dan permukaannya kagak mulus. 5. Akhirnya, terpaksa gue bikin ganache juga untuk nutupin itu bopeng2, untung jadinya bagus (tadinya nggak niat banget mau bikin ganache). 6. Karena kurang rapi sisi-sisinya, mesti diakalin, pan. Tadinya gue mau beli strawberry sebagai penghias, tapi terus ingat gue punya almond iris. Akhirnya ditutup almond iris aja. Waku tiba di rumah teman, anaknya langsung berseri2 lihat kue coklat ganache gitu :D. Dan setelah dicoba, WHUAH! Mantabh bo! Cake-nya lembut dan lembab, ganachenya juga oke (gue pake resep dari CookingLight). Dan rasa coklatnya betul-betul nendang (gue pakai bubuk coklat Ghirardeli) dan kuenya tidak terlalu manis. Sayang, digicam gue lagi kagak ada baterenya, jadi sempat mendokumentasi hasilnya.

Thanks buat Lisa.... *Kucing KOW TOW ke Suhu Lisa* MP-mu selalu jadi inspirasiku! Ihhhiiiiiiiikkkkk....... Juga, terima kasih buat Ririe yang memuat resep Brokus ini di webpage-nya (lihat link di jurnal Lisa). Thanks Ririe!

Kucing Kembar mengatakan...

bonus:
Resep Ganache yang gue pake (Raspberry-Almond Torte with Chocolate Ganache):
Ganache:
1/2 cup granulated sugar
1/4 cup unsweetened cocoa
1/3 cup fat-free milk
1 (4-ounce) bar semisweet chocolate, chopped

To prepare ganache, combine 1/2 cup granulated sugar, cocoa, and milk in a medium saucepan over medium heat; bring mixture to a boil, stirring frequently. Cook 1 minute, stirring constantly. Remove from heat, and add chocolate, stirring until smooth. Spread ganache evenly over top and sides of cake; let stand 20 minutes or until set. Serve reserved raspberry mixture with torte.

http://food.cookinglight.com/cooking/recipefinder.dyn?action=displayRecipe&recipe_id=428092

Lisa Aries mengatakan...

Kemaren gue bikin ganachenya pake coklat blok yang diacmapur pake fresh cream + sedikit butter, Pik

Tapi kayaknya resep elo ini kudu gue catet... kali gue butuh nanti pas gak bisa nemuin cream. Abis disini suka kadang-kadang ada.. kadang-kadang nggak.... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Wah... digicam kehabisan batere... padahal gue kan mau liat juga hasilnya... kekekek
Alhamdulillah jadi deh Pik.... setelah semalem gue deg-degan takut elo gak puas.. akhirnya lega... ;-p

Btw, Kayaknya update dari elo ini kudu gue pajang di halaman depan sebagai promosi ya Pik... wakaakaka....

Kucing Kembar mengatakan...

iya, gue juga nemu resep ganache yang pake heavy cream itu, cuma gue malas mau keluar rumah lagi beli heavy cream doang. pas bongkar2 internet, ternyata ada resep yang ga pake. waktu gue cicip lagi kuenya, ganache ini yang bikin kue itu coklatnya terasa banget.... dan bikin rasanya lebih 'sophisticated' alias canggih... hihi....

Kucing Kembar mengatakan...

kkikkikikkiiikk... kita mesti berterima kasih sama si ririe. gue berterima kasih sama elo buat ide ganache itu :D.

Dwiana Porter mengatakan...

Thanks for the recipe, gw mau coba nih (buat my friend's daughter bday)... musti enak yah jadinya he3x. Ngak pernah bikin brownie kukus sebelumnya so I trust your recipe:) will let you know how it will come up.

Lisa Aries mengatakan...

Good luck ya.... ;-p
Semoga suka dengan rasanya.....

mei layrence mengatakan...

saya ada resep butter cream sis.
200gr mentega putih
200gr mentega kuning
1 bungkus jelly mellow.

ataupun 200gr mentega kuning + 1 bungkus jelly mellow (jelly mellow dapat dibeli di swalayan maupun toko bahan kue). ^^