Rabu, 11 Oktober 2006

Semprit Arrowroot Keju


Description:
Ini resep aslinya sih Sagu Keju dari Fatmah Bahalwan. Karena disini gak ada sagu... coba diganti pake tepung arrowroot (tepung garut). Agak agak beda dikit, tapi mirip kok sama sagu...

Ingredients:
300 gr tepung sagu (sy ganti pk arrowroot)
2 lbr daun pandan (gak pake)
100 gr margarine
50 gr mentega (butter)
150 gr gula halus
1 btr kuning telur
100 gr edam, parut (pake 150 gr cheddar)
50ml santan kental Misal kara

Directions:
- sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat, dinginkan.
- Kocok margarine dan mentega hingga putih dan lembut masukkan gula, kocok rata, tambahkan kuning telur, kocok rata.
- Campur tepung sagu dan keju parut, tuang bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
- Masukkan adonan kedalam plastik conthong (segitiga), kasih spuit bintang (sy pake spuit semprit mawar), semprotkan kedalam loyang tipis yg sudah dioles mentega dan ditabur tepung.
- Oven selama lk. 40 menit atau hingga matang.

Resep : Fatmah Bahalwan

33 komentar:

Lia Gurun mengatakan...

sebel lo cuman pamer poto doang, gw ga di suruh nyicip :p

Imelda Marliana mengatakan...

Nanya dung... Oon negh... Arrowroot aka tepung larut itu bisa menggantikan tepung maizena? atau tepung terigu seh?

Lisa Aries mengatakan...

kalo saya bilang sih tepung Larut itu sifatnya lebih mirip sagu dan tapioka. Kalo sama tepung terigu sih beda kayaknya ya...
Hasil kue yg say buat kemaren.. mirip banget rasanya sama sagu... walau pake arrowroot. Penampakan agak beda sih ya.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

yg ini khusus gue bikin buat mertoku Li... wekekekee
kan pake arrowroot gak pake terigu.... Dia agak2 gak suka sama terigu

Nining Soeryono mengatakan...

nah ini dia, yang aku bikin kemarin ama ibuku.. hehehe klo aku bilang, rasanya seperti kue bangkit khas riau :)

Anita M~ mengatakan...

yumm......

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

nha ... yang ini nich yang pengen dibikin ... hi hi hi ... moga-moga tidak sebatas keinginan aja ... :))

Imazahra Chairi mengatakan...

Pengin, huhuhuhuhu T_T
*pasti rasanya kue kampung banget ya Mba, lezat!*

lily kusumah mengatakan...

arrowroot kalo di indo jadi tepung garut ya mak? rasanya beda gak kalo kaya pake sagu?

Nita Aryanti mengatakan...

Diganti tepung kanji bisa gak Lis? Gw gak tau di sini ada tepung arrowroot gak? *browsing dulu ah..*
Eh Lis..itu satu resep jadi berapa gram?

Evimeinar Nasution mengatakan...

lis, arrowroot aka tepung garut bukan larut
kapan2 coba ahhh
ehh temen gw bikin bakso juga suka pake tepung garut lis

Evimeinar Nasution mengatakan...

kayaknya ada Nit, arrowroot flour kalo disini diimpor dari asia tenggara
di indo nyebutnya tepung garut

Lisa Aries mengatakan...

lah iya
emang gue nulis apaan...? Garut kan....
eh iyak... larut...wekekeke... edit aaah..

Lisa Aries mengatakan...

kanji gue belom pernah nyoba....
Jadinya berapa gram yak tadi.... toples kue kering yg standar itu dapet 2 1/2 toples deh.... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

mirip mak...
namanya kepepet... nggo tamba kepengin...

Lisa Aries mengatakan...

campur kampung dan kota... soale ada kejunya... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

ayo Fitri... semangaaaaaat......
kekkeekeke.. udah gue semangatin tuh.. ayo bikin...

Lisa Aries mengatakan...

nyaam nyaam..

Lisa Aries mengatakan...

belom pernah nyobain kue bangkiiiiit.... :D

suci sadiq mengatakan...

lho lis, buat metua? buat gue juga gaaaaak? dikit aja mak...

Evimeinar Nasution mengatakan...

huhuhuhuh meuni lieur :-P
kebanyakan pesenan kuker nehh

Caroline Atmadja mengatakan...

Apa nama tepungnya dalam bahasa Hindi,Lis ? Apa kamu bawa dari Indo ?

Lisa Aries mengatakan...

hadoooh.. elo..
gue bingung beli toplesnya nih....

Lisa Aries mengatakan...

hindi gak tau deh..
Kalo malayalamnya Koova (baca: kuwa). Harganya agak-agak mahal dibanding tepung lain... Sekilo 150 rupees.. (mahal yak...)

Nining Soeryono mengatakan...

ya mirip2 kayak gitu, cuma minus keju :) kalo deket gue kirimin dehhh.. hehehe

mariena payne mengatakan...

aku ngak tau tepung garut kayak apa yaaaaaa...........

mau dong Lis kue nya............nyesssssssss di lidah yaaa

budi sutomo mengatakan...

tepung arrowroot atau tepung garut (kalau aku sih nyebutnya pati angkrik) ini juga bagus untuk bubur susu bagi bayi berusia 6 bulan ke atas. gizin terutama karbohidratnya tinggi dan mudah di cerna oleh bayi.

Sebenarnya dari dulu masarakat kita sudah terbiasa makan pati angkrik/arrowroot yang diperoleh dari tanaman angkrik/sejenis ganyong/kana/bunga tasbih. Sayang masarakat kita sudah pada beralih ke terigu, padahal terigu yang masih produyk impor. salam

Evimeinar Nasution mengatakan...

nahh itu yg aku dengar waktu kul, org2 balai puslit pangan lg memperdayakan garut
selain garut asalnya dari indonesia juga menyehatkan

Mama's threeboys mengatakan...

Lis beli tepung arrowroot itu dimana ya? aku ngubek2 fred myer dan hagen nggak ketemu juga ... pengen bikin soalnya :)
Padahal ada arrowroot cookie buat baby biscuit tapi tepungnya koq ngak dijual ya?

Lisa Aries mengatakan...

wah.. kalo disana ya aku gak tau Lin... kekeke... Disini aja nyarinya susah... sekali ada mahal banget harganya.
Coba diganti Tapioca aja bisa kali...

rachma wati mengatakan...

Sepertinya enak mbak kuenya. Kapan2 kalo mo coba boleh nyontek resepnya ya? :P

budi sutomo mengatakan...

sayang ya mbak Pep, komoditas pertanian kita sebenarnya kaya, cuma ga dikelola dengan benar. seperti cookies tepug garut ini sebenarnya menghasilkan cookies yang lebih renyah dan rasanya lebih "pyur" rnyah maksudnya dibandingkan terigu.

budi sutomo mengatakan...

di ganti tepung kanji juga ok, kalau ngga salah resep aslinya kan tepung sagu tani kan? yang sebenarnya tepung kanji (pati singkong)?