Rabu, 04 Oktober 2006

Naan Praktis


Description:
Akhirnya tadi malem berhasil bikin Naan yg lumayan rasanya setelah berkali-kali gagal... Uppa aja bisa bilang itu Naan pas ditanya itu apa...kekekeke. (Biasanya dia gak bisa bedain teh sama kopi...)

Ingredients:
2 1/2 cup terigu
1/2 sdt garam
2 sdm ghee (pake butter juga bisa)
3 sdm curd/yogurt
1 sdt yeast
2 sdt gula pasir
2/3 cup air hangat kuku
topping sesuai selera (sy pake wijen hitam + daun ketumbar cincang)
butter eksta buat mengoles


Directions:
1. Campur yeast dan gula dalam air. Tunggu hingga yeast larut semua
2. Ayak terigu dan garam. Campur semua bahan, tuangi campuran yeast dan gula. Uleni hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang kalis dan kenyal. Karena adonannya lengket banget. Pas ngulenin tangan boleh diolesi minyak.
3. Diamkan dalam baskom besar yang sudah diolesi minyak dan ditutup di tempat yang hangat selama 1 jam (adonan akan mengembang 2 kali lipat)
4. Kempiskan adonan, uleni lagi sebentar.
5. Bagi menjadi bulatan-bulatan kecil... kemudian pipihkan dengan menggunakan tangan membentuk bulatan lonjong.
6. Panaskan pan diatas kompor. Letakan Naan diatas pan tanpa miyak.. taburi dengan bahan topping.
7. Oles bagian atas dengan sedikit butter, kemudian balik. Masak hingga matang dan mengembang. (ada bagian gosong di beberapa permukaan Naan)

Selamat mencobba.. (cieeeeeh..)

PS: Buat Lia ...tadi gue udah ukur...
1 Cup terigu itu kira-kira 110 gram
2/3 cup air itu kira-kira 200 ml

Naan Praktis maksudnya karena Naan ini manggangnya gak di tandoor seperti seharusnya... gitu... ;-p

36 komentar:

Evimeinar Nasution mengatakan...

mauuuu....

Lia Gurun mengatakan...

wahhhhhhhhhhhhhhhh no 2, peppy no satu :((

Lia Gurun mengatakan...

mane reseppppppppppppppppppppppppp cepetan gw dah mau pulang neh :(

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

ka ka ka ... Lisa emang paling bisa kalo bikin Lia gondok ... :))

Lia Gurun mengatakan...

emang nih mba dia mah paling bisa bikin orang penasaran :p

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

tuh kan ... resep belum muncul aja, reply'annya udah banyak ... he he he ...

F&H's Mom mengatakan...

bagi dunk

Lia Gurun mengatakan...

okeh mom tar gw coba yah "mo bikin hubby senang" wekekekekkeke

udah gw print resepnya :D

Evimeinar Nasution mengatakan...

kok uppa gak bisa bedain teh ama kopi? :D

Imazahra Chairi mengatakan...

Aku doyan Nan, bagiiiiiiiiii dung Mba ^_^

:D :P mengatakan...

saya juga penggemar Naan nih! selain dengan tikka masala, enaknya dimakan dengan apa lagi ya?

Lisa Aries mengatakan...

beli aja.. beli...kekekkeke..

Lisa Aries mengatakan...

ya ampuuun... Lia... kekekeke...

Evimeinar Nasution mengatakan...

disini naannya kecil... jd gak doyannn

Lisa Aries mengatakan...

udah dicatet kan... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

mau yang gede ya... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

sekarang keknya udah gak gondok lagi...
Tapi tau deh, kalo ternyata nanti resepnya gagal...kekeke

Lisa Aries mengatakan...

ya kan banyaknya karena Lia sama Fitri doang yg jawab-jawaban...kekekke

Lisa Aries mengatakan...

bikin gih ah.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

good luck nek... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

soalnya dia kalo minum teh atau kopi bukan disruput... tapi ditenggak sekali abis.... *bete*

Lisa Aries mengatakan...

ayo deh kesini.... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Bisa pake apa aja kok..
Chicken Curry, Mutton Curry atau malah vegetable curry. Kemaren aku makannya pake veg curry dan ayam panngang itu...

Evimeinar Nasution mengatakan...

ditambah penampilan naan elo menggoda, cantik
:D

Caroline Atmadja mengatakan...

Enak nih.Bagi2...........

Kucing Kembar mengatakan...

wah, bisa dibikin tanpa pake tandoor? jagoan bener nih, neng Lisa.

*kucing kow tow*

mau coba aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhh....

Kucing Kembar mengatakan...

pake egg curry.... ada resep baru tuh, di New York Times, neng.... :D Gue baca itu inget elo:
http://www.nytimes.com/2006/10/04/dining/041mrex.html
yang bagian bawah itu resep egg curry ala India.... katanya. gue belum sempet nih upload resep mertua gue :D

Dave Kahlil mengatakan...

Kalo rindu sama masakan emak, saya selalu mencari makanan Arab yang mirip dengan dibuat emak. Salah-satunya sejenis Lempeng keras, meski gak pake gula!

Imazahra Chairi mengatakan...

Aaaaaaaaaaaaaaaaah, Mba Lisa ini, pasti jawabannya kek gini :-( *huh, kapan ya benar2 bisa ke India*
Kalo aku serius mau mampir, mba kudu bikinin invitation utkku dan siap menampungku berhari2 yaaaaaaaaaa :-)

Eh, Mba Uci kabarnya gimana Mba? Aku kangen, huhuhuhuhu T__T Titip salam utk kakak tersayang satu itu ya :-D

Kucing Kembar mengatakan...

Utski kan lagi di Jakarta..... :D

Lisa Aries mengatakan...

Uci udah balik ke India kok sekitar 2 mingguan yang lalu... Sekarang dia di Madras. Masih sibuk lah... namanya rumah baru dan ada dede baru... :-)

Lisa Aries mengatakan...

kekekek elo baca telor inget gue Pik..? Gue bulet kayak telor yak... kekekeke.
AYo deh cepetan resep telornya... Soalnya gue suka males belanja... Jadi pasti kalo kepepet bikinnya telor, yg ada di warung... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

thanks... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

elo mah beli aja... kan masih di India...kekeke....

Lisa Aries mengatakan...

Wadeeew... bener juga yak... gak pake tandoor... namanya kefefet ..kekekeke..
Kalo gitu gue ganti aja judulnya yak... Naan Darurat..... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

apa namanya Mas...
kayaknya belom pernah nyobain deh.... ;-p