Senin, 20 November 2006

Devil's Food Cake


Description:
Hmm.. jangan bosen ya liat saya posting resep kue mulu... kekekeke. Dalam rangka ultah kan gpp.. ;-p. Kalo ini, bikin buat dikonsumsi sendiri... Dikomporin sama Ririe buat nyoba bikin. Tadinya takut gagal... tapi setelah dicoba.. ternyata bikinnya gak seserem namanya kok.... Karena udah ribet bikin banyak cupcakes, jadinya cake ini gak usah dihias lah... langsung potong aja...

Ingredients:
90 gr coklat bubuk
100 ml air panas
225 gr mentega tawar/margarin
200 gr gula halus
4 butir telur
2 sdt vanilli bubuk
300 gr tepung terigu
2 sdt soda kue
1 sdt garam
200 ml susu cair

Glaze ganache (untuk bagian luar cake) :
180 gr dark cooking chocolate, cincang
6 sdm susu cair
75 gr mentega tawar/margarin
2 sdm liqueur (rhum), boleh ditiadakan

Krim ganache (untuk olesan dalam cake) :
250 ml krim kental (thick cream/whipping cream)
120 gr dark cooking chocolate, cincang

Directions:
1. Larutkan coklat bubuk dengan air panas, aduk rata, sisihkan. Campur tepung terigu, soda kue dan garam, ayak, sisihkan.
2. Kocok mentega hingga lembut, lalu masukkan gula dan vanilla bubuk secara bertahap sambil dikocok hingga adonan pucat dan ringan. Masukkan telur satu persatu, kocok sampai rata setiap kali telur dimasukkan.
3. Masukkan campuran tepung, coklat bubuk yang dicairkan dan susu cair secara bergantian, aduk balik dengan spatula hingga adonan tercampur rata. Tuang ke dalam 2 buah loyang bundar berdiameter 22 cm yang sudah dioleskan mentega dan beralaskan kertas roti.
4. Panggang dalam oven bersuhu 175 °C selama 30 menit hingga matang, angkat dan biarkan dingin. Keluarkan cake dari dalam loyang.
5. Glaze ganache : lelehkan coklat bersama susu hingga coklat meleleh. Angkat. Tambahkan mentega, aduk hingga mentega meleleh. Lalu masukkan liqueur, aduk hingga lembut. Diamkan glaze hingga mengental dan mudah dioleskan.
6. Krim ganache : panaskan krim sambil diaduk hingga beruap. Angkat, tuang ke dalam coklat cincang, aduk rata perlahan hingga coklat larut. Tutup dan dinginkan di lemari es hingga mengental dan bisa dioleskan (± 60 menit). Keluarkan, kocok dengan mixer berkecepatan sedang hingga rata kentalnya dan lembut. Gunakan segera.
7. Penyelesaian : olesi salah satu permukaan cake dengan krim ganache, tutup (tumpuk) dengan cake satunya lagi. Dengan bantuan pisau palet, oleskan sisa krim ganache untuk menutupi seluruh permukaan cake. Dinginkan untuk mengeraskan permukaan ganache. Taruh cake di atas kawat yang dibawahnya diberi loyang atau nampan. Siram permukaan cake dengan glaze ganache hingga tertutup rata. Dinginkan lagi. Sebelum disajikan keluarkan cake dan diamkan dalam suhu ruangan selama 30 menit.

Sumber Resep: Dekap

50 komentar:

Evimeinar Nasution mengatakan...

kikik barengan ama Ning...

Lia Gurun mengatakan...

ces cessssssssssssssssssssss bagiiiiiiiiiiiiiiiiii ngiler gw neh :((

F&H's Mom mengatakan...

tar yg makan jadi devil kekeke...

Tidak Aktif mengatakan...

Saya ngk pernah bosen lihat postingan resep kue, Lis. Yang sebelnya cuma males bikinnya aja. hehehhehe

Sylvie Gill mengatakan...

syl pernah bikin kue ini tapi dengan resep yang menggunakan telur buanyak sekali dan gagal. kecewanya dalam banget rasanya, lis :(

Lisa Aries mengatakan...

iya.. makanya tadi pagi pas buka mb liat ada devil food cupcakes nining.. gue langsung nyengir.... ;-p
Lah gue juga baru bikin devil food sama cupcakes..kekeke

Lisa Aries mengatakan...

noh, masih ada di kulkas...

Lisa Aries mengatakan...

setan kue kayak gue....kekekkee

Lisa Aries mengatakan...

Coba deh, nanti sekali bikin, malah jadi ketagihan.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Tul mbak...
Suka males deh kalo saya nyoba bikin kue yg telornya banyak.... Kalo gagal nyesek banget. Makanya saya mau nyoba resep ini karena telornya cuman 4...

Kucing Kembar mengatakan...

Duh... mak! Si Uppa makin cinta dah sama elo... diumpanin kue-kue enak begini.
Gue yang malas bikin2 kue, jadi semangat ngeliat kue elo. Salam kenal buat Riri! Kayaknya resep2nya Riri mantab2 semua (resep brownies kukus yang dulu sukses, dan didemenin ama teman-teman).

Nita Aryanti mengatakan...

Gw pingin banget bikin devil food cake..cuma emang biasanya pake kuning telur banyak jdnya takut gagal...Serem..hehehe.
Yang ini rasanya gimana Lis? Enak kan..:D

Sefa Firdaus mengatakan...

aduuhhhhhhhhh, enakkkkkkkkkk
Nitaaaaaaaaa, bikin gih, kalo dari UK kan ngirimnya lebih deket :D

Rini rienee mengatakan...

Aduh Lisa.............siapa yang ulang tahun?..........banyak banget buat kuenya..........
Love, Rini

Estri U mengatakan...

waduuuh...ultah sapa Lis??

itu kue menggoda banget...coklat bangeddd gitulohh

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

gileee.... syapa yang nagbisin semua kuemu itu...coklat semua... Pepi tuh demen...

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

bagi donk Lis ... aku mah gag pede kalo urusan cake gini ...

Nita Aryanti mengatakan...

Warungnya mau tutup dulu sementara Fa..kekekekeke

Mama's threeboys mengatakan...

Gilee .. itu motong kue-nya ada tips khusus nggak Lis .. aku koq kalo motong gak bisa mulus kaya gitu .. pasti aja ada yang gak beres-nya ... apa piso-nya musti extra panjang dan tajem gitu? :):) TFS ..*sorrynanyamelulu*....

Lisa Aries mengatakan...

Nah... kepngen juga kan jadinya, bikin kue.... kekekekek.
Ntar gue salamin deh Ririe.... dia emang jaminan mutu banget deh buat gue. Kalo gue nyari apa-apa pasti ke tempat dia dulu... :-) Udah gitu orangnya baik dan tidak sombong... Dicontekin boleh, di cp no problem.... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Nah, itu makanya gue semangat nyobain resep Devil yg ini karena telornya cuma 4...!!!
Rasanya enak kok Nit, tapi ta teksturnya gak selembut yg pake telor banyak kali ya... Tapi enak kok....

Lisa Aries mengatakan...

kenapa warungnya ditutup...;-p

Lisa Aries mengatakan...

Ultahnya Nasha..... ;-p
kekekke.. banyak banget ya kuenya..... Biarin ah, mumpung ada alesan buat bikin banyak...

Lisa Aries mengatakan...

Ultah Nasha Tri....
gakpapa ah, repot sekali-kali pas ultah anak ini....

Lisa Aries mengatakan...

iya ya coklat semua... ;-p
Sengaja bikin banyak emang buat bagi-bagi ke tetangga dan dibawa ke kantor suami mbak Esther. Bikin kemaren. Sekarang udah abis semua, tinggal Devil Food cake 1/2 loyang.

Lisa Aries mengatakan...

coba aja bikin dulu.... kali aja malah lebih bagus hasilnya

Lisa Aries mengatakan...

yaaaa.. tadi aku motongnya pake piso yang pendek dan udah agak-agak tumpul.... kekeke
Di dapurku piso gak ada yg bener... tumpul semuaaa...

mariena payne mengatakan...

aku suka yg iniiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

Mama's threeboys mengatakan...

Hebat bener Lis .. pake piso tumpul bisa sebegitu rapih-nya .....

Nining Soeryono mengatakan...

hehehe kompak ni yeee :p

Lisa Aries mengatakan...

kekekek.. enak ya mbak... nyoklat bangeeeet.

Lisa Aries mengatakan...

waaaaah Lin, kan demi photo-session MP.. remah-remah yang jatoh dibersihin... merusak penampilan.... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

kekkeke.. iya, tadi pagi gue sampe nyengir-nyengir liat cupcakes ninin.... ;-p

Anita M~ mengatakan...

enga bisa bayang betapa enak nya...
ermmm...

Lisa Aries mengatakan...

kekeke... dicicipin aja silakan.... ;-p

Helen Manik mengatakan...

sepotong dong mbak.. *muka memelas*

Helen Manik mengatakan...

*balik lagi* nambah ya *nyomot dua potong*

helien sampurna mengatakan...

keluar topik ya ungu Mpnya keren aku suka hehehe.

suci sadiq mengatakan...

kalo ini kategorinya bintang berapa, lis??? hihihii

Lisa Aries mengatakan...

kekeke.. ayo sini aku bagi...

Lisa Aries mengatakan...

wakakakakaa

Lisa Aries mengatakan...

Iya.. sengaja milih ungu... soalnya kayaknya jarang yang make ya...
Padahal ungu bukan warna favorit saya... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

3 lah... gak gitu susah kok ternyata

maya prima mengatakan...

baca rekomendasi dr mba, sy semangat nyoba...ehhh tapi hasilnya bantet,,tet,,,tet. napa yak ? tapi ada alesan buat bikin bola2 coklat nih hehehe. selalu ada hikmah dibalik bencana *gak nyambung*

Lisa Aries mengatakan...

Waaaaah... gagal ya... aduuuh, maap yak.. jadi gak enak hati nih.. :-(
Saya gak tau deh apanya yang menyebakan gagal... kemaren pertama bikin alhamdulillah jadi, jadi gak bisa belajar apa yg bisa bikin gagal...

Sekali lagi maap.. :-( Mudah-mudahan bola-bola coklatnya bisa ngobatin kegagalan devilnya yak... Pasti enak tuh jadinya, coklat ketemu coklat... MANTEB

adelena sr mengatakan...

sepertinya emang gue kudu ke Cochin yak buat nyobain masakan elu, mak..

Lisa Aries mengatakan...

Ya udah... cepet kesini deeeeeh.
Ikut Bang Sadik minggu depan.. biar aja itu emak ditinggal sama 2 anak... kekekeke

Kucing Kembar mengatakan...

Bu, gue lagi pingin bikin kue ini... tapi gregetan ngeliat ukuranny apake gram-graman... Kagak punya timbangan! :(( Jadinya gue cari resep lain deh. Padahal udah ngeces lihat kue elo yang ini... Huaaaahuahuahuahuaaaa.... Pake cup-cup an, napa??

Lisa Aries mengatakan...

Cing...
Coba pake resep dari blognya Vania deh... (favorit gue banget... hehehe). Dia pake resepnya Martha Stewart, jadi jelas pake cup ukurannya. Gue udah pernah bikin juga... Cuma belom gue posting dah lama banget...

Kalo mau, resepnya liat di sini

Kucing Kembar mengatakan...

Gue udah bikin pake resep dari Cooking Light. Tadi gue tuker sedikit menteganya, di situ diminta 5 sdm, gue ganti 3 sdm dan 2 sdm applesauce. :) Udah jadi, enak dan empuk.... Gue lagi lihat link ke blognya Vania. Trims buat informasinya.