Senin, 27 November 2006

Gobi Manchurian


Description:
Begitulah makanan ini disini disebut... kekeke. Yang jelas sy suka banget sama masakan ini...

Ingredients:
250 gram kembang kol (cauliflower), yang udah dipotong dari tangkainya
5 sdm munjul, tepung terigu
3 sdm munjul maizena
1/4 sdt garam
sedikit air

saus:
1 buah bawang bombay, cincang kasar
3 buah cabe hijau, cincang kasar
3 siung bawang putih, cincang halus
1 cm jahe, cincang halus
2 sdm soy sauce
3 sdm hot and sweet sauce
1/2 sdt vinegar
1/4 sdt merica bubuk
1 sdm maizena larutkan dengan 1/2 cup air
garam seckupnya
daun bawang iris halus
daun ketumbar, iris halus

Directions:
Campur tepung terigu, maizena, garam dan air, aduk sampai jadi adonan yang kental. Celupkan potongan cauliflower ke dalam adonan, kemudian goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan. tiriskan.

Dalam wajan, panaskan sedikit minyak. Masukan bawang bombay, cabe hijau, bawang putih dan jahe sekaligus. Tumis hingga harum dengan api besar.
Masukan soy sauce, hot and sweet sauce, vinegar, dan merica. Aduk dan masak sebentar. Tambahkan garam, dan larutan maizena. Aduk hingga mengental. Terakhir masukan cauliflower, aduk hingga seluruhnya tertutup saus. Angkat dan taburi dengan daun bawang dan daun ketumbar.
Sajikan hangat.

PS: Gobi Mancurian ini kering tanpa kuah..

58 komentar:

Lia Gurun mengatakan...

ah gw dah sering masak ini :p

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

Lisa, makash banget ama bumbu manchuriannya....
aku tuh makan fish manchurian Bamby suka banget tapi aku gag tau cari dimana , ternyata dapet deh nih resepnya

say asalnya dari mana sih manchurian itu ? India kah ? atau mongol ?

aku jiplak ya ? ijinnnnnn duluuuuuuuu

Bunda Estherlita Suryoputro mengatakan...

lis tepung jagung tuh maizena ya ?

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

kalo aku, kembang kol cukup digoreng pake tepung tempura, dimakannya pake sambel botol ... he he he ...

eh ya ... disini ada masakan namanya chicken manchurian ... tapi kok yang jual restoran philipine ma restoran china ya ? ... nha, aslinya si manchurian ini dari mana ? ...

Lia Gurun mengatakan...

setahuku manchurian masakan china, tapi orang india udah adaptasiiin ke masakan mereka, dan biasanya ditambah dikit dikit citarasa indianya....aku suka buat soale :))

Lisa Aries mengatakan...

Silakan kalo mau dijiplak...kekeke
Tapi mbak Esther.... ini manchurian versi aku lho mbak... Maksudnya, aku udah banyak nyoba-nyoba resep manchurian yang bertebaran dimana-mana... termasuk yang berkuah... Tapi resep yg ini yg rasanya paling cocok di lidah. Jadi silakan mbak Esther tambahin apa kek kalo kurang pas... Mbak Esther kan lebih ngerti... :-)

Kalo dari namanya sih... harusnya dari daerah china gitu ya... Di resto sini juga masuknya ke bagian chinese... Tapi aku gak berani mengklaim orang manchurian asli bikin sausnya kayak gini... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

samaaa.... gue doyan banget.. :-p

Lisa Aries mengatakan...

eh, iya.. maksudnya maizena.. ;p
ntar aku edit deh..

Lisa Aries mengatakan...

Yang jelas bukan dari India... kekekeke...
Walaupun makanan ini (termasuk chicken manchurian) ngetop banget disini..... Disini masuk kategori Chinese...

Lisa Aries mengatakan...

betuuuuul........ ;-p

suci sadiq mengatakan...

lo apa sih lis yang gak suka... huehehee *nggak kabur!! nggak takut!!*

Lisa Aries mengatakan...

beruntung kan gue.. apa aja ditelen... kekekeke....

suci sadiq mengatakan...

lis tiap komen gue jadi gak enak ati nih liat wajahlu yg mesem2 disebelah... hihihi *kali ini baru kabuuurrr*

Lia Gurun mengatakan...

kekekkekekke mau senyum ditahan jadinya mesem doang, salam kenal sorry ikut koment :p

Lisa Aries mengatakan...

kekekke.. mau komen kejam jadi kagak enak kan Mak..
Apalagi elo udah ketemu gue yang mesem aslinya lebih nyebelin...kekekekkee

suci sadiq mengatakan...

dia emang sok jaim tuh.... belom liat ngakaknya ya lia?? gedung ampe begetar... mana susah berentinya lagi... hehehe... salam kenal juga :)

Lia Gurun mengatakan...

huaaaaaaaaaaaaaaaa ternyata Lissssssa bisa juga tuh ngakak sampe keras, padahal dr potonya keliatan mesem mesem doang, hihihihihi...sebenernya dibalik mesem dia tersimpan apa neh, wekekekekke kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

Lisa Aries mengatakan...

Lah mending gue kan.. jaim di MP tapi aslinya 'nyenengin' (hueeeeeeek.... ;-p)
Dari pada Mak Opal... Asli jaim.. tapi chatting gahar.... kekeke.. mumpung kagak ada orangnya ah...

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

Lis ... Lis ... beraninya kalo orangnya engga ada ...
hi hi hi ... Lily tangannya gatel nggak ya, mudik trus puasa ngempie ...

Lisa Aries mengatakan...

kekekeke... soale kalo orangnya ada bakal jadi panjang nih Fit....
Berbalas pantun.... kekekeke

Sefa Firdaus mengatakan...

photonya dong Lis, biar tambah enak ngebayanginnya :D

Lisa Aries mengatakan...

iya.. itu ada fotonya..
Emang gak keliatan ya...?

F&H's Mom mengatakan...

nyum nyum nyum

Rini rienee mengatakan...

Biasanya aku buat bunga kool itu untuk makanan Belanda atau capcai deh..........tapi ini lain dari pada yg lain...........kayaknya enak nich.
Love, rini

Nana Heitmeier mengatakan...

wuih..pasti endang neh...apalagi bumbunya gak susah dicari disini

Lisna MM mengatakan...

Asyikkk sekaliii...
disini manchuriannya seringan pake kuah (kental) Sa...
thanks for sharing ya...aku juga baru tahu neh cara buat bumbunyaaa...

DhoNatneth s mengatakan...

nyummy banget keliatannya... :)

realist craftsman istp mengatakan...

huaaa enak banget nihh.. temenku si india yg doyan masak itu kan vegetarian, dia suka bikin ginian *slurrrpp* tapi kayaknya resep dia gak lengkap mbak. ini punya mbak lisa lengkap yah, pake disaosin segala.. *ngiler*
sayang cauli flower di sini mahal..

Caroline Atmadja mengatakan...

Kalo di sini khan Gobi nya sudah disesuaikan dengan lidah orang India, nah kalo masakanmu ini disesuaikan dengan lidah orang Indo apa orang India juga :D

Nita Aryanti mengatakan...

Gw lum pernah makan ini....:-P

Anita M~ mengatakan...

delicious .....

Lisa Aries mengatakan...

lagi makan apa Is..?

Lisa Aries mengatakan...

Iya.. biasanya juga aku masukin ke capcay.... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

iya, suka aku gadoin gitu ajah... kekekeke

Lisa Aries mengatakan...

Iya.. aku juga udah pernah nyobain resep yang ada kuah kentelnya mbak Lis, kadang aku bikin juga kalo pas kepengen makan pake chappati (hah..???) ;-p
Tapi kalo pake nasi atau digadoin aja.. biasanya aku pake resep ini...

Lisa Aries mengatakan...

iya.. lumayan kok.. :-)
Aku sih suka...

Lisa Aries mengatakan...

Kalo gak disaosin.. tur dibikin gimana biasanya temenmu itu Nit..?

Lisa Aries mengatakan...

betul.. betul....
Kalo yg ini.. disesuaikan dengan lidah aku dan suami dooong.... :D

Lisa Aries mengatakan...

cobain kalo gitu... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

:-)

suci sadiq mengatakan...

gimanaaa seh, lidah lo ama lidah suami kan beda!

Lisa Aries mengatakan...

idiih.. masa udah 3 tahun nikah.. gak bisa nyamain lidah...

realist craftsman istp mengatakan...

jadi kayak gorengan kriukk..
trus adonan tepungnya dikasih pewarna merah. jadi kembang kolnya warna merah digoreng nyam2 hehe..

F&H's Mom mengatakan...

dr penampakannya kek ayam yah kekeke...

Lisa Aries mengatakan...

Iya... kan ada juga yang ayam isinya......

Lisa Aries mengatakan...

O..iya...
DIsini juga ada tuh yang jual gorengan cauliflower yang merah-merah.... Tapi belom pernah nyobain.. :-(

XXXX YYYY mengatakan...

mba liza salam kenal,saya nuha
mo tanya soya sauce itu klo di indonesia kecap abc ya,trus klo pakai soyu nyambung nggak ya (klo di jepang adanya soyu)................
suka deh intip2 resepnya mba
kebetulan nih ada kembang kol,bosan euy di buat capcay terus.............

XXXX YYYY mengatakan...

ama atu lagi deh tanya bagaimana buat web muliply spt mba liza (ketahuan deh ndak bisa)
maklum mba ,baru bikin....trsu klo mau taruh kolom resep gmn ya,kok daku bikin ndak ada ya ........

Lisa Aries mengatakan...

Salam kenal juga.. :-)
Soy sauce beda sama kecap manis abc... tapi bisa juga kayaknya ya dipake, tinggal sausnya ganti pake saus cabe aja.. gak usah pake hot & sweet....

Lisa Aries mengatakan...

Kalo gabung Multiplynya baru memang udah gak ada Resepnya Ummu, Sejak sekitar setahunan yang lalu bagian ini udah dihapus sama Multiply. Jadi cuma anggota yg lama aja yang masih punya resep.... Coba dipake bagian Review atau Jurnal aja buat posting resep....

wendy Utji mengatakan...

lis nanya dong liss.. itu soy sauce kecap asin ato manis yak? aku ada kecap abc asin dan manis niii (nampanggg...). pengen bikin hari ini ah. ada bahan2nya kecuali daun bawang.

wendy Utji mengatakan...

enak banget lissss!!!! udah gw bikin barusan. akhirnya gw pakein kecap manis & asin aja sekaligus. mantappppp!! makasih resepnya yakkk!

Lisa Aries mengatakan...

Kalo gue sih pake kecap... yang judulnya soy sauce ;-p Kagak manis kagak asin kayaknya sih ... Disini gak ada yg jual Wen... kekekeke...

Lisa Aries mengatakan...

Bisa juga kan ya pake kecap seadanya di dapur..... tinggal disesuaikan sedikit sama bumbu-bumbu lain....
Enak ya... syukur kalo elo suka... kekekke.... Ini jadi favorit gue juga Wen, kadang kadang sengaja bikin buat camilan aja gitu.. ;-p

Kucing Kembar mengatakan...

Baru tadi gue masak ini, Lis.... buat temen gue yang vegetarian. Enak bener! Resepnya okeh! Buat adonan tepungnya gue tambah baking powder dikit karena iseng.Thanks ya buat resepnya. Besok2 gue bikin buat Mas Joko. Dia demen banget yang gini2an...

Lisa Aries mengatakan...

Waduuuh.. Cing, maap baru kebaca....
Udah dicoba ya... alhamdulillah kalo suka... :-). Ditambah baking powder hasil gorengannya lebih garing ya...

Nita Aryanti mengatakan...

Lis..resepnya gw CP ya....Udah gw coba..:D

Lisa Aries mengatakan...

boleh dooong.... gimana hasilnya