Kamis, 23 November 2006

Parippu Dosa (Dal Dosa)


Description:
Ini resep dari kakak ipar saya yang di Madras. Waktu nyicipin pas sarapan, langsung suka sama rasanya yang enak banget. Paling nggak buat suami yg emang india dan saya yg udah mulai terbiasa sama citra rasa India... kekeke. Bikinnya dari beras, dan 4 macam dal, dan enaknya Dosa yang ini gak perlu fermentasi... Jadi buat yang punya suami India atau yg suka sama masakan India.. ini oke loh buat dicoba....

Ingredients:
1 gelas beras
1/4 gelas Thuvara Parippu (Toor Dal / Red Gram)
1/4 gelas Uzhunnu Parippu (Urad Dal / Black Gram)
1/4 gelas Cheru Parippu / Kacang Hijau (Moong Dal / Green Gram)
1/4 gelas Kadala Parippu (Chana Dal / Bengal Gram)
air secukupnya
garam secukupnya
segenggam daun Muringakka (kalo ada)


Directions:
1. Rendam beras, dan 4 macam dal semalaman.
2. Pagi-pagi, haluskan semuanya dengan menggunakan blender atau grinder denagn menambahkan air sampai benar-benar halus dan lembut.
3. Tambahkan garam secukupnya dan daun Muringakka kalo gak ada ya gpp), aduk rata. Tambahkan air secukupnya sampai mendapat adonanyang bisa dituang.
4. Panaskan Dosa tava (pan anti lengket), olesi dengan minyak atau ghee tipis-tipis. Tuang satu sendok sayur adonan, kemudian putar (tipiskan) dengan bantuan sendok sayur tsb menjadi lebar. ( lihat cara membuat Dosa)
5. Masak sampai matang dan agak mengering, tidak perlu dibalik.
6. Lipat Dosa menjadi 2, segera sajikan hangat dengan Coconut Chutney.

51 komentar:

F&H's Mom mengatakan...

muantaffff neh

F&H's Mom mengatakan...

wedeh jadi semua daal masok yak kekeke...

Lisa Aries mengatakan...

Enak is.. coba bikin deh..

Lisa Aries mengatakan...

Iya.... dosanya jadi berasa pulen...kekekeke

F&H's Mom mengatakan...

si akang gag tau neh apaan mak kekeke...

Lisa Aries mengatakan...

emang ini resep ipar gue kok Is.. nyari di resto India gak bakalan ada... ;-p

F&H's Mom mengatakan...

kekeke...iya mak si akang gag tau paan tuh dosa, keknya disono gag ada dosa kali yak kekeke...

F&H's Mom mengatakan...

liat gambarnya mantafff bgt mak, kriuk kriuk ya mak, maklum gag pernah makan neh kekeke...:D

Lisa Aries mengatakan...

Lah, jadi di sono makannya apaan dong..?
Chappati doang yak...

Lisa Aries mengatakan...

kriuk kalo masih panas... makanya kudu cepet2 disajikan.... kalo lama ya jadi keplek... (kata favorit gue..kekek)
Makanya bikin gih.. kan disana banyak yg jual dal kan..?

F&H's Mom mengatakan...

kekeke...iya kali chapatti doank kekeke...gag lah keknya sama aja ama north india mak makanannya.
gag tau tuh si akang malah gag tau paan tuh dosa kekeke...

F&H's Mom mengatakan...

banyak bgt kekeke...lagian india ama pak kan meraja lela disini kekeke...udah kyk kampung halaman mereka kekeke...

Sylvie Gill mengatakan...

lisa.... di sini ada resto india dan dosa adalah salah satu favorite mbak syl
hebat sekali lisa bisa bikin sendiri

Lisa Aries mengatakan...

apaladi idli, uthappam, vellappam yak.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

iya mbak syl..
Karena dosa ini termasuk makanan yg umum dan sering buat sarapan... jadinya mau gak mau kudu belajar bikin sendiri. Enaknya kan dari adonan Dosa, bisa dibikin makanan lain... Idli sama Uthappam... ;-p

F&H's Mom mengatakan...

ember bgts kekeke...

Lisa Aries mengatakan...

ya udah sana cepetan bikin... ah elo njawab aje... kekekekeke

suci sadiq mengatakan...

maunya dibikinin, lis....*melas*

Rini rienee mengatakan...

Lisa...........Lisa.........selalu buat dosa dan masala........hahaha
Aku lom pernah lihatnya..........baru lihat di internet aja.......Thanks Lisa.
Love, Rini

Lisa Aries mengatakan...

kemaren gak sempet praktek sih ya mak.... :-(

Lisa Aries mengatakan...

Iyah.. dosa dan masala emang nikmat...kekekeke

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

kayak kue lekker Lis ... itu lho, jajanan anak sekolah yang diisi pisang, keju, coklat ... renyah en kriuk-kriuk ....

F&H's Mom mengatakan...

pengen buat takutnya gag ada yg makan kekeke...tar cuma aku doank yg makan kekeke...

Nana Heitmeier mengatakan...

jadi inget crepes

Ma Belle Vie mengatakan...

Bentuknya bagus banget kaya Crepes seperti yang Nana bilang :)

Mama's threeboys mengatakan...

Aduh Lis ... bahan2nya itu lho banyak yang aku gak tau ... rasanya kaya crepes ato pancake? .... cakep bener yang udah jadi-nya :)

Sefa Firdaus mengatakan...

kayak pancake ya?
namanya lucu.. dosa :D

maya prima mengatakan...

jagoan bgt masak mba...ada trik2 khusus? sering nyontek resep dr sini, tp ga berani nyoba resep india, ga ngerti bhn2nya hihihihi

Lita Koeswandi mengatakan...

Keliatannya enak deh Lis..cuma biji2an agak susah kali ya untuk didapat di Jakarta..

Lisa Aries mengatakan...

iya... penampilannya mirip yak...
gue juga sempet kepikiran diisi yg macem-macem... kekeke. Tapi kayaknya kurang cocok rasanya.. kudu dicoba adonan yg lain kali yaaa...

Lisa Aries mengatakan...

iya.... crepesnya India.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

tapi rasanya beda banget sama crepes... Waduuuuh, jadi pengen crepes.. Tapi kalo bikin crepes beneran gak bisa sekering ini... :-(

Lisa Aries mengatakan...

Nggak dua-duanya... kekekke
Kalo yang dua itu kan bahannya tepung terigu.. kalo dosa itu dari beras yang dialusin.. Dan biasanya difermentasi sampe 10 jam... Jadinya berasa asem..
Cuman dosa yang ini gak asem, karena gak difermentasi, dan rasanya pulen... karena banyak dal-nya...

Lisa Aries mengatakan...

Beda Sef.. rasanya...
Penampilannya sih mirip.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Waduuuuh.. trik apaan yak....
Saya gak jago masak sebetulnya.... Temen-temen di MP gak pada tau aja kan, produk-produk gagal dari dapur saya...wekekekeke. Stt.. Yang itu diumpetin dong, jangan sampe ketauan, malu-maluin ajah.... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

iya.. emang susah kali ya kalo di Jakarta, kalopun ada pasti harganya mahal banget....

realist craftsman istp mengatakan...

mbak temenku org india bikin ini lho..
yg doyan masak itu.. dia emang suka bikin resep baru. tapi krn lagi gak di india ya cuma coba 1 macam kacang aja.. gak 3 macem gitu..
wah emang enak deh *dasar tukang cicip*

Lisa Aries mengatakan...

Nah bener kan enak... ;-p
Satu macam dal itu yang mana Nit..? Yang warnanya putih ya....

realist craftsman istp mengatakan...

iyah, yg putih. ada sih di sini dijual. dia suka rendem2 itu jg buat masak.
dia sebut "dal" aja, kupikir dal cuma itu doang. ternyata macem2 ya? hehe..

eliza a mengatakan...

perfect sekali bikin Dosa-nya Lis...kebayang enaknya :P

Indri Bahar mengatakan...

Dosa-nya cantik sekali...pasti enak.
Dicoba ya resepnya...

Lia Gurun mengatakan...

tar gw coba deh moms, tunggu laporan yak :p btw gw ga bisa bikin dosha tipis, bisanya tebel tebel :((

Lisa Aries mengatakan...

enak, rasanya beda sama dosa yang biasa... ini gak asem karena gak pake fermentasi

Lisa Aries mengatakan...

Disana banyak yang jual dal ya...?

Lisa Aries mengatakan...

diencerin adonannya... trus pas diatas pan.. dilebarin pake ujung bawah sendok sayur sambil diputer dari tengah melebar kesamping... Lihat resep dosa gue deh..

Lia Gurun mengatakan...

jadi ampe agak encer yah adonaannya???
oke thanks tar gw coba :)

Lia Gurun mengatakan...

udah gw print resep lo mak, percaya deh semua resep yg gw print suatu saat pasti gw cobain, hehehehheheh :p

Kucing Kembar mengatakan...

gue lagi nyari resep south indian yang gampang, mau bervegetarian minggu ini, terus nubruk resep yang ini. GILA LU MPOK! bisa BIKIN DOSA SENDEREEEEEEEEEEEEEEE???

Berhubung gue mengakui lo jagonya... kapan2 lo foto dong tahap2an bikin dosa selengkap-lengkapnya...... :) Gue pingin lihat... lo inget kan, VAILEDAPPAM yang dulu itu gue diketawain Mas Joko? Nah... kalau ada foto tahapan bikin Dosa, mungkin gue bisa gantian ngetawain Mas Joko.... :D

Lisa Aries mengatakan...

Laaaahy.. pegimane mpok.. bukannya gue pernah posting jaman dulu barengan uttappam..? Kirain udah liat.. ;-p

Coba liat di sini nih....

http://aprilisa.multiply.com/recipes/item/62

Step by step disitu udah cukup belom atau mau dari pas ngerendem dalnya..? hehehe.

Kalo Parippu DOsa (Adai) yang resep gue posting diatas ini beda rasanya dengan dosa yg biasa... Yang ini gak asem Cing, karena gak pake fermentasi. rasanya lebih pulen karena banyak dalnya.... Cara masaknya sama aja kayak bikin dosa biasa... kalo mau kering kayak gue, masaknya agak lamaan api sedang. Kadang orang sini banyak yg bikin gak sampe kering gitu...

Trus Cing, kalo bikin dosa yg biasa.... kalo bisa fermentasinya agak lamaan deh. Menurut pengalaman gue, fermentasi semalem itu gak cukup bikin dosa keliatan dan berasa enak... 10-12 jam minimal. Kalo punya sisa adonan, simpen di kulkas juga bisa.... besokannya bisa buat bikin uthappam. Kalo Uthappam.... biasanya sisa adonan yg udah ngedem di kulkas 2 - 3 hari. Tambah sedap uthappamnya... hehehe

Gue biasanya bikin adonan sekalian banyak... sore sore... Fermentasi semalem. Besoknya gue bikin idli (karena menurut gue idli enakan yg gak gitu asem). Trus simpen di kulkas.... besok paginya buat bikin dosa.... Bersisa dikit, simpen lagi. Besoknya buat bikin uthappam... kekekeke.... Asli, menghemat waktu banget buat nyipain sarapan... adonannya 3 in 1

;-p

Kucing Kembar mengatakan...

*kucing kowtow ke Lisa*

gue kasih lihat Mas Joko semua koleksi foto Dosa, Uttapam dan Idly lo, Mas Joko bilang, "she's extremely talented." Lah gue... bikin pakora kadi aja mlentat mlentot niiiii... :(

Thanks banget ya Lis.....

Lisa Aries mengatakan...

Wadoooow..
Jangan kebanyakan mujinya mpok... gue ini ge-eran... kekekeke