Senin, 28 Agustus 2006

Savala Wada


Description:
Week end libur masak... Trus hari senennya ada undangan perayaan Onam... Jadinya gak masak lagi deh.... Pulang ke rumah sore laper, tapi gak ada apa-apa yg bisa dicemil... Jadinya bikin ini deh... orang sini suka bikin ini kalo buat suguhan sore sambil minum teh. Bikinnya gampang dan cepet... Sy nyebutnya bakwan bawang, disini disebut Savala Wada (Savala = bawang yg gede kayak bawang bombay)

Ingredients:
3 buah Savala (Bawang Bombay)
10 lembar daun curry, iris tipis
2 batang daun ketumbar, iris tipis
3 bh cabe hijau, cincang kasar
125 gr kadalamavu (tepung chana dal)
garam secukupnya
air secukupnya
minyak untuk menggoreng

Directions:
campur semua bahan hingga rata, goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan.

Kalo gak ada tepung dal.. coba aja pake tepung terigu atau beras

29 komentar:

Deby F mengatakan...

duh enaknya dimakan panas2, apalagi disini lagi hujan ...

Evimeinar Nasution mengatakan...

haiyaaa bakwan india tohh

Lia Gurun mengatakan...

Lis tepung chana daal apaan sih, gw ga tau kasi tau bhs eng yah, biar gw cari, nih si mas doyan bener yg beginian :p

mariena payne mengatakan...

Kebayang enaknya dehh..soalnya pake cabe iris segala....boleh nih kapan kapan nyoba. Thnx ya Lis tuk resepnya.

Mama's threeboys mengatakan...

Lis, sorry nich OOT ... tau resep buat bikin roti parata nggak? susah nggak bikinnya? kalo beli $2.00 cuman dapet 5 lembar ... anak2ku suka banget.

ummi nida aufal mengatakan...

oh iya, di spore banyak tuh lis, tapi kayaknya enakan bikinan lisa niy

Vania Samperuru mengatakan...

Hi Lisa...
Kapan2 pengen belajar masakan India ama Lisa deh. Swami sy temasuk doyan Indian Food, wkt kecil dia pernah 5 th tinggal di New Delhi...
Kapan2 boleh nanya2 ya Lis...
'v-recipes'

Lisa Aries mengatakan...

iya... betul banget... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

bakwan india.... enak juga lumayan..

Lisa Aries mengatakan...

wadoooh.. gue gak tau ENglishnya apaan....
Chana Dal elo tau kan Li... yang kayak Toor Dal tapi agak gedean dikit. Tepungnya warnanya kuning, seperti dal... (lah iya emang bikinnya dari Dal yak...)

ENglishnya Chana Dal itu Bengal Gram... Tapi kalo buat tepungnya kalo gak salah sih Gram Flour. Malayalamnya Kadala Podi (Kadalamaavu). Kalo di resep resep India biasa juga disebut Besan (Hindi)

Nah... ribet gak loh...wakakakaka...

Lisa Aries mengatakan...

disana ada Gram flour..(tepung dal)...
Kalo gak ada pake tepung beras... tapi dikit aja, jadinya agak keras

Kucing Kembar mengatakan...

lis, gram flour itu bikin gue ingat mak mertua gue pernah bikinin gue bubur dari gram flour pake bumbu2. rasanya mirip2 kuah sate padang. katanya sih cepat dibuatnya. lo punya resepnya kagak? kalau punya, bagi dong....

Lisa Aries mengatakan...

Paratha-nya North India sama South India (khususnya Kerala) itu beda. Cara bikinnya sih agak mirip.. Tapi kalo North bikinnya dari tepung atta (gandum), kalo di Kerala bikinnya dari Terigu. Nah yang terakhir ini yang mirip sama roti cane, yg betuknya berlapis-lapis.

Bikinnya susah... susahnya maksudnya karena adonan harus ditipisin setipis-tipisnya dengan cara di puter-puter sambil dibanting persis kayak bikin kulit martabak.... abis itu di gulung-gulung... baru ditipisin lagi... Sy pernah nyoba bikin tapi gagal karena gak bisa nipisinnya... kekekeke
Hasilnya Paratha sy tebel-tebel dan gak berlapis-lapis... Sampe sekarang belom pernah nyoba bikin lagi.... Ribet, lebih gampang beli (disini kalo beli di rumah makan harganya perlembar palingan cuma 3 rupees = 600 perak).

Kalo mau nanti sy tulisin resepnya... tapi coba sendiri ya... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

wah... gue malah belom pernah makan yang kayak gitu....
Makannya pake apaan..? Nasi..?

Lisa Aries mengatakan...

enakan beli.....wekekekekke... suka ada yg garing tuh kalo beli.. tau gimana bikinnya..

Kucing Kembar mengatakan...

makannya, bisa pake nasi. tapi gue demen makan begitu aja. obat kangen kuah sate padang, bowww.

Lisa Aries mengatakan...

Wah, mbak Vania sampe ke sini juga... ;-p
Kalo saya bisa jawab, pasti saya jawab mbak... Cuma kalo Delhi berarti kemungkinan makanannya kan North Indian Style. Saya belom bisa bikinnya kalo North... ;-p
Kalo SOuth sih sy agak-agak ngerti..

Lisa Aries mengatakan...

kalo gitu elo bikin satenya dong Pik...kekekke
Jadi penasaran... apaan sih namanya...

Kucing Kembar mengatakan...

ntar deh, gue tanya resepnya ama emak gue. kemarin Mas Joko ikut pulang kampung, nyicipin makanan di restoran padang dan sate padang. langsung demen! :D

Nana Lala mengatakan...

mb..tepung kadalamavu (tepung chana dal) sama nggak sama tepung terigu..kayak disini nggak ada nih...

Lisa Aries mengatakan...

lain banget mbak... Kalo Tepung Chana Dal ini bikinnya ya dari dal.... warnanya kuning muda.... rasanya juga beda banget

F&H's Mom mengatakan...

bakwan india ini mah hehehe...

Lita Koeswandi mengatakan...

Say..sori OOT..dari tadi gue cari resep Naan kok gak ada ya?? atao mata gue yang hilap? Pernah coba bikinnya tapi gak suxes euy! Any suggestion or secret?

lily kusumah mengatakan...

wada oh wada.. gw inget selagi di mumbai banyak penjual wada di pinggiran jalan. mirip banget ama penjual gorengan di indo ya mak... termasuk ada gorengan ubi-nya juga wekekek..

Imazahra Chairi mengatakan...

Kelebihannya kalo pake tepung Dhal itu apa Mba?

Lisa Aries mengatakan...

iya.. bakwan bawang... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

gue emang blom pernah posting resep Naan kok.. ;-p
Nanti deh, dicoba...

Lisa Aries mengatakan...

waaaah.. kok disini gak ada yg jual gorengan ubi yak..

Lisa Aries mengatakan...

Apa ya kelebihannya.... kekekeke
Aku sih taunya mereka selalu pake tepung itu.. jadi ya aku ikutin... ;-p. Rasanya emang beda sama terigu sih...

Mungkin aja karena disini orang prefer pake tepung dal ini atau tepung beras. tepung terigu gak gitu disukai...