Kamis, 24 Agustus 2006

Muringakka Thoran


Description:
Nah kalo Muringakka itu Drumstick. Kayaknya belom pernah nemu sayuran ini di Indonesia ya.... Selain dibikin sambar dan kari, bisa juga dibikin thoran (tumis campur kelapa). akannya tetep pake nasi.

Ingredients:
3 batang Muringakka (Drumstick)
10 butir bawang merah, belah dua
1/2 butir kelapa ukuran kecil, parut
1 sdt mustard seeds
3 buah cabe merah kering
1/2 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt cabe bubuk
garam secukupnya
minyak kelapa secukupnya
8 lembar daun kari

Directions:
1. Bersihkan drumstick dengan mengerik kulitnya. Potong-potong sepanjang jari. Sisihkan.
2. Campur kelapa parut dengan kunyit bubuk dan cabe bubuk, blender 1 -2 detik, sampai tercampur rata.
3. Panaskan minyak kelapa di wajan, masukan mustard seed sampai meletup-letup kemudian masukan cabe merah kering.
4. Masukan bawang merah dan daun kari. Tekan-tekan supaya bawang pecah. Tumis hingga bawang hingga layu kecoklatan.
5. Tambahkan drumstick dan 1/2 cup air. Bubuhi garam secukupnya. Masak hingga drumstick lunak dan air meresap (10 menit).
6. Masukan kelapa parut, aduk rata dan masak hingga rasa mentah hilang. Angkat dan sajikan hangat.

61 komentar:

Evimeinar Nasution mengatakan...

Lisa, bhs latinnya apa? kok sepintas gw liat kyk kelor sih bentuknya panjang2 khan Lis?

Kucing Kembar mengatakan...

lis, coba dong tayangkan foto drumstick sebelum dimasak. pingin tahu.

Lisa Aries mengatakan...

waduh... bahasa latinnya gue gak tau deh apaan.... elo gih, googling. Kalo disini biasanya orang pada punya pohonnya sendiri... Pohonnya gede kayak pohon pete. Daunnya juga dimasak... khasiatnya menambah ASi (kayak daun katuk)

Lisa Aries mengatakan...

waaaah.. lupa. Gak kepikiran di foto sebelum dimasak.... nanti deh. Nyusul.

Evimeinar Nasution mengatakan...

berarti bener itu kelor.. kelor itu buahnya daun katuk.. gw curiga krn ini deket ama bhs inggrisnya bhs inggrisnya pohon ini moringa..
disini dijual dengan nama malungai (nama dlm bhs tagalog)

kelor itu di surabaya dsb suka dipake buat sayur asem, daun katuk khan biasa buat sayur bening

Lisa Aries mengatakan...

mungkin juga...
tapi daunnya sih gak kayak daun katuk.... Kecil-kecil banget daunnya. Segede biji kedele. Tapi mungkin masih serumpun yak..

Evimeinar Nasution mengatakan...

yuppp moringa disini daunya juga kecil2

Evimeinar Nasution mengatakan...

coba elu liat di http://www.treesforlife.org/project/moringa/more/more_names.en.asp
itu elu liat bentuk daun dan namanya dlm macam2 bahasa

Lisa Aries mengatakan...

waaaak.... nemu aja lho.. link berguna... kekekeke. Waktu di Indo kok gue gak tau yak ada sayur namanya kelor

Lisa Aries mengatakan...

waaaak.... nemu aja lho.. link berguna... kekekeke

Lisa Aries mengatakan...

waaaak.... nemu aja lho.. link berguna... kekekeke

Evimeinar Nasution mengatakan...

ini lik gw simpen krn sempet kelor dan katuk jd perdebatan di milis resep kita
dan hasilnya kelor dan katuk itu dr satu pohon, cuman org jawa timur nyebut kelor

Lisa Aries mengatakan...

hasil googling.. nemu juga foto Murngakka (drumstick)

Evimeinar Nasution mengatakan...

ehhh dalamnya itu kyk rada lembut dan ada bijinya yg bisa dimakan kha?

Lisa Aries mengatakan...

iya... lenbut. Makannya diisep-isep gitu.. trus kulitnya (sepah) dibuang..

Evimeinar Nasution mengatakan...

betulll pass itu kelor.. bikin sayur asem lis, dimakan pke ikan teri/asin sama sambal terasi.
sodara gw yg di bekasi tiap ke rumah gw pasti minta bikinin sayur asem kelor ini ke iyuk

Lisa Aries mengatakan...

wah... bener nih enak dibikin sayur asem... wekekeke. Thanks banget ya Pep. gue selalu bingung ini sayuran mau dimasak apa.... Segera dibikin Sayur asem Muringa...

Lisa Aries mengatakan...

wah... bener nih enak dibikin sayur asem... wekekeke. Thanks banget ya Pep. gue selalu bingung ini sayuran mau dimasak apa.... Segera dibikin Sayur asem Muringa...

Lisa Aries mengatakan...

wah... bener nih enak dibikin sayur asem... wekekeke. Thanks banget ya Pep. gue selalu bingung ini sayuran mau dimasak apa.... Segera dibikin Sayur asem Muringa...

Lisa Aries mengatakan...

wah... bener nih enak dibikin sayur asem... wekekeke. Thanks banget ya Pep. gue selalu bingung ini sayuran mau dimasak apa.... Segera dibikin Sayur asem Muringa...

Evimeinar Nasution mengatakan...

sayur asemnya pake tomat.. biar seger

mariena payne mengatakan...

Lhaaa..koq kayak Okra ya Lis....tapi nggak yakin heeee

Yola Dowling mengatakan...

Baru kali ini liat yang seperti beginian, Lis.

Lisa Aries mengatakan...

bukan okra... yg ini panjang2

Lisa Aries mengatakan...

di Banglore gak pernah liat dulu....? Elo sih makan biriyani sama tandoori mulu...kekekek

F&H's Mom mengatakan...

baru ngeh mbak hehehe...rasa begimana mbak, sama seperti okra yah mbak, apa beda

Lia Gurun mengatakan...

LIs makan beginian buat para suamikan ada mitosnya, wekekekkekeek..gw mah hampit tiap hari deh masak beginian buat bikin sambhar, avial, atau thoran, tau tuh simas doyan bener.....

Lia Gurun mengatakan...

weleh reply an gw ilangggggggggggggggggg

Lisa Aries mengatakan...

mitos apakah itu.....(mulai mikir yg aneh-aneh) kekeke....

Lisa Aries mengatakan...

ada kok Li... eh, YM elo apaan sih.. lg ol kan lo

Lia Gurun mengatakan...

gw kirim ke pm yah alamat yam gw lis...

Evimeinar Nasution mengatakan...

emang di Medan gak ada yah? soalnya di surabaya banyak

Evimeinar Nasution mengatakan...

Lis, resep ini gw masukin buku resep yah? buat bagi2 ilmu sama temen2 di Indo kalo kelor gak cuman dipake buat sayur asem, minta ijinnya sekalian buat ambil headshot
makasih

F&H's Mom mengatakan...

gw gag pernah liat yg beginian di medan pep, gw juga liat waktu belanja di toko india, tapi gag pernah masaknya hehehe...

Lia Gurun mengatakan...

gw ga demen beginian, tapi si mas doyan bener, soale tertarik ama mitos mitosnya, wakakakakka...tanya Lis ama laki lo apaan mitosnya kalo makan beginian byk byk :D

F&H's Mom mengatakan...

wah swami gw juga gag ngerti neh lia sayuran ini

Lia Gurun mengatakan...

masa sihhh, orang sana juga makan koq say, mungkin lo musti ngasi tau bhs sananya, wah ini terkenal tau sayuran beginian, plus mitos mitosnya, wakakakak

F&H's Mom mengatakan...

suer dianya mah gag tau say

Lia Gurun mengatakan...

waduh koq aneh yak...........biasanya orang sana pada tau lo.....btw Lis lo masak beginian pake pressure cooker ga siy???? gw kemaren masak kata si mas ga mateng, karena ga masukk pressure......padahal dah lama bgt masaknya :(

F&H's Mom mengatakan...

tauh ah kekeke...

Lia Gurun mengatakan...

tambahin yak, au ah elapppp :p

F&H's Mom mengatakan...

dasarrrrrrrrrrr

Evimeinar Nasution mengatakan...

alamakk aishhh, ini dulu di sidoarjo banyak di pasar... disini di toko langgananku juga abanya tap dikasih label nama phillipines, malungai

Lia Gurun mengatakan...

Pep tapi di indo ga ada lo, suer dijakarta ga pernah nemu dipasar yg beginian....

F&H's Mom mengatakan...

suer pep gw gag pernah nemu tuh dimedan apa gw yg kuper yak hehehe...

Evimeinar Nasution mengatakan...

Lia, sodaraku yg di jakarta aja tiap kali ke rumahku selalu minta si iyuk masak sayur asam klentang (bhs jawanya buat buah kelor), sambal terasi dan ikan asin.

mungkin gak ngeh aja lia, krn buktinya di website moringa disebut kok nama indonesianya kelor, artinya pohon itu di indonesia ada

Lisa Aries mengatakan...

sssttt... ribut aje nih di rumah orang.....kekekekeke....
Kemungkinan emang ada kali pohon ini di Indonesia... cuma karena jarang aja makanya gak ngetop. Sayur-sayuran di India sebagian besar sama kok sama di Indo....

Lisa Aries mengatakan...

selama di jakarta juga gue belom pernah nemu Li... mungkin kalo didaerah lebih banyak...

Lisa Aries mengatakan...

jadi yang ini aja ni Pep...

Lisa Aries mengatakan...

mitos apaan sih..... gue gak tau
apa berhubungan sama bentuknya yg panjang.... ;-p

Evimeinar Nasution mengatakan...

dubraxxx gw juga kgk tau mitos soal itu.. btw ntar resep yg lain gw browse lis

Lisa Aries mengatakan...

masih ribut mitos aja nih anak...wekekeke

Lisa Aries mengatakan...

gak pake pressure cooker kok Li... cuma direbus biasa aja.....
Cepet kok empuknya... direbus 10 - 15 menit aja mateng... Pancinya ditutup Li.

Lisa Aries mengatakan...

gue curiga berhubungan sama bentuknya tuh... abis Lia gak terus terang gitu nyebutnya...wakakakaka

Evimeinar Nasution mengatakan...

gw mau sayur asem klentang elu lis :-P

Lisa Aries mengatakan...

belom sempet bikin...

Lia Gurun mengatakan...

nih gw kasi tau deh mitosnya, drpada orang penasaran, wakakkakaka...katanya kalo makan ini banyak banyak buat laki laki seperti obat kuat, nah pada mudeng kan, wahahahhahahahha...kalo ga percaya tanya uppa gih :D (asli gw ngakak nih sambil nulis ini )

Lisa Aries mengatakan...

gue udah nanya.. dia kagak tau tuuuuh.... wakakakaka

Lia Gurun mengatakan...

wedehh masa ga tau, tuh dah gw jelasin, pasti kalo lo jelasin dia ngakak deh, kekekekke

taufik ali murtaldlo taufik mengatakan...

dari pada repot2 mikirin nama dan bentuknya, mendingan ganti aja pakai okra, atau oyong. gitu aja kok repot. kalau nggak suka, ya ndak usah dibikin. biar jeng lisa kalau pulang ke indonesia, suruh bawa, dan suruh masak buat kita. setujuuuu..???????????????????????????????????????????????????????
????????????????????????????????????????????????????????????????

erna fitriana mengatakan...

Ini namanya kalau di indo...buah kelor... :)...aku suka juga masak kari ini...kalau orang india di padang bilangnya marunggai :)