Rabu, 19 Oktober 2005

Cherupayar Payasam (bubur kacang ijo versi Kerala)


Description:
Gara-gara mbak Agnes bikin burjo kemaren.. jadi kepengen nih... Saya bikin versi Kerala-nya.. biar agak-agak beda dikit gitu.. hehehe. Intinya sih sama aja.... Bubur Kacang Ijo. Sebetulnya gak terlalu kental seperti di foto yang saya pajang ya... Itu saya ngerebusnya pake pressure cooker, abis gak sabaran... eh, malahan ancur.. hihihi...

Ingredients:
1 cup kacang hijau (cherupayar dlm malayalam), rendam 2 jam
1 cup jaggery / gula jawa
2 cups air untuk merebus
1 cup santan kental (atau bisa juga pake susu)
5 butir cardamom (kapulaga), haluskan
20 butir chasew nuts
20 butir raisins (yellow dry grapes)
2 sdm ghee

Directions:
1. Rebus kacang hijau dengan air, hingga lunak. Kemudian masukan gula merah, masak hingga tercampur rata.
2. Tambahkan santan kental, masak hingga mendidih sambil terus aduk
3. Tambahkan cardamom bubuk, aduk rata... matikan api.
4. Dalam wajan lain panaskan ghee, goreng chasew nuts dan raisins sebentar, kemudian segera campurkan seluruhnya (termasuk ghee) ke dalam payasam. Aduk hingga rata
5 Sajikan

12 komentar:

iir mamanya bella mengatakan...

waaaahhh ini maaahh burjo istimewa, kalo dijual pasti mahal...soale pake raisin n cashew nut....hehehe...
lumayan gw dapet variasi resep burjo..thanx Lis...

Ag P. mengatakan...

oh payasam bisa juga pakai kacang ijo ya ?
*manggut2*
Salah satu kesukaanku juga Lis. Cuma belum pernah bikin pakai kacang ijo.

suci sadiq mengatakan...

huehehe... dari kemaren gue nyari tau gimana caranya bikin burjo biar bisa lembut banget. tapi belom nemu2 cara yg pas, kayaknya gak ada jalan laen selain dimasak di pressure cooker ya :D

Lisa Aries mengatakan...

Disini.. semua payasam dipakein cashew sama raisin Iir... selain kacang ijo.. bisa pake vermicelli, beras, gandum, palada... dll

Lisa Aries mengatakan...

Biasa bikiin pake apa Mbak..? Vermicelli ya....

Lisa Aries mengatakan...

Lah, Ci.. di India semua juga masaknya pake pressure cooker kan.. hehehehe

Ag P. mengatakan...

iya bikin pakai Vermicelli , "mie yang kayak jarum itu" . + Raisin + kacang tanah. Masing digoreng sebentar + susu. Kata temenku ada yang sudah "jadi"... tinggal tambah susu.

suci sadiq mengatakan...

bukannya gitu, say..
gue kan udah masak kacang ijo jauh sebelum gue ke india. naah dulu perasaan bisa lembut, kok disini enggak bisa? apa kacang2 ijo disini lebih keras kepala? hehehe

Lisa Aries mengatakan...

embeeer, gw juga dulu gitu.... lama banget ngerebus kacang ijo... emang apa-apa keras disini.... beras aja keras-keras...
Makanya pressure cooker laku... hehehe

Lisa Aries mengatakan...

Iya mbak.. disini banyak yang instant di kardus gitu..
tinggal direbus sama susu.... praktis...

Estri U mengatakan...

haah? ada lagi nih kacang ijo pake kapulaga..hihi

Lisa Aries mengatakan...

tapi kapulaga (cardamom) di India agak-agak beda sih sama yang di Indo Tri... wanginya beda menurut gue