Jumat, 21 Oktober 2005

Lontong Darurat


Description:
Ini cara bikin lontong darurat khusus buat yang selalu gagal bikin lontong karena selalu jebol (contohnya saya.. ehehehe). Hasil browsing sana-sini.. katanya sih pake nasi mateng, biar gampang... Untuk persiapan lebaran saya coba bikin... eh ternyata jadi... ;-p

Ingredients:
nasi matang secukupnya
daun pisang untuk membungkus (katanya pake alumunium foil juga bisa)
lidi buat menyemat daun

Directions:
Ambil daun pisang secukupnya (agak panjang, untuk mengantisipasi bahaya jebol, hehehe)
Letakan nasi di ujung.. secara memanjang. Padatkan dan gulung. Semat kdua ujungnya dengan lidi. Jangan lupa.. saat menggulung, harus benar-benar padat..
Rebus dalam air mendidih selama paling tidak 2 jam. Lebih lama lebih baik...

53 komentar:

suci sadiq mengatakan...

waaah hebaaat!!!
sekarang hayo bikin sayur temen lontong yg darurat juga...
cepet yak! dah mau lebaran nih...

Lisa Aries mengatakan...

sayur pepaya kan pada bisa bikinnya.....

Evimeinar Nasution mengatakan...

pepaya mahal disini lisss mana pake acara motong2 weleh ribet mending sayur rebung dehhh dan dijual yg udah dipotong2.

Lisa Aries mengatakan...

Duh, rebung gue gak suka...

Wib . mengatakan...

thanks idenya mbak... aku baru tau, ternyata bisa juga dari nasi yak...

Liza D. mengatakan...

wah hebat banget Lis ... udah siap buat lebaran nih ...
aku sih biasanya beli lontong yang dibungkus plastik tinggal rebus satu jam, jadi ... buatan M'sia.

Estri U mengatakan...

tengkyu Lis...gue juga baru tau. Kalo gue bikin "darurat" juga dari nasi...tapi bukan lontong, tapi bubur...bisa juga tuh...males bikin bubur dari beras, coba aja bikin dari nasi...jadi deh bubur ayam!!

Kucing Kembar mengatakan...

gue mau coba! hmmmm... Utski... itu lontong sama SAMBAR cocok gak ya? Huahuahuahuahahahhahaaa.... gue masih tunggu kabar resep SAMBAR elo!

Ria Tea mengatakan...

lis,
cantik ya lontong nya...duh enak juga pakai sate ayam nih...

Evi Brawijaya mengatakan...

Wow mbak Lisa hebat euy, kemarin bikin tempe sekarang bikin lontong darurat. Evi akan coba ntar malam deh:)

iir mamanya bella mengatakan...

waaahhh Lisa jadi lebaran...udh berhasil bikin lontoooonnnggg...horeeee...

suci sadiq mengatakan...

kikkkikk, lontong sama sambhar...??

Kucing Kembar mengatakan...

ketawa aja lo... kakakkakakaka...
ya udha.. gue mau bikin sayur lodeh. cocok nggak ama lontong? mumpung gue punya daun pisang seger di kulkas.

Evimeinar Nasution mengatakan...

cuocok banget kalo di jatim ada menu makanan namanya lontong lodeh dimakan pake sate kerang

Lisa Aries mengatakan...

Kalo gue gak gue potong Vi.... Gue parut kasar.. :D

Lisa Aries mengatakan...

lumayanlah.... namanya juga darurat... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Sayangnya disini gak ada lontong yang model gitu Liz... hehehe.... Kalo ada, duh bahagianya.... :D

Lisa Aries mengatakan...

Wah... hahahaha...
ternyata nasi bisa 'didaur ulang' jadi macem-macem makanan ya Tri... Boleh juga tuh..

Lisa Aries mengatakan...

Wes, gila lo Pik.. tetap setia sama sambhar... hehehehee

Lisa Aries mengatakan...

owiya.. pake sate ayam ya.. enak....

Lisa Aries mengatakan...

Wadooooow, mudah-mudahan berhasil ya Vi.... kalo gagal, saya jangan diomelin yah.. hehehe

Lisa Aries mengatakan...

Berkat dikau juga Iir.. hehehe.. thank's yaaaa...

Lisa Aries mengatakan...

Lodeh...? kayaknya lontong masih cocok-cocok aje ya sama yang bersanten

Evimeinar Nasution mengatakan...

nahhhh sama aja... kalo pake rebung khan tinggal dicuci masukin hehehehehe

Mamiek Syamil mengatakan...

Lontongnya cantik banget dan mungil-mungil. Kalau saya suka nggak sabaran, biar cepet ngrebusnya pakai panci presto, sekitar 40 menit jadi.

Lisa Aries mengatakan...

Kan kalo di parut cepet Vi... gak kaya potong...
Lagian gue gak suka rebung... hehehe

Lisa Aries mengatakan...

Iya mbak Mamiek, saya denger juga kalo pake pressure cooker lebih cepet jadi.... cuma saya trauma jebol mulu... hehehehe...
Kali lain mo saya coba rebus pake presto juga... lumayan, selain cepat... ngirit gas juga... hehehehe

Evimeinar Nasution mengatakan...

gue suka pepaya tapi mahalllll disini beda bener pas masih di indo, jd ganti yg lain lah

Lisa Aries mengatakan...

Lagi online ya nek.... hehehe
Bahagia banget dong ya gue... pepaya berlimpah... hehehehe Disini banyak Vi, tapi umumnya gak ada yang jual... pada metik di pohon sendiri..

Lea sajah mengatakan...

wahhh ebattttttt ....perlu dicoba neh.....jadinya bagus lis.... tenkyu...tengkyu....sarannya

Kucing Kembar mengatakan...

Lis, ini maksudnya gimana? Nasi diletakkan di salah satu ujung gulungan daun pisang, atau diletakkan di dua ujung, atau diletakkan di seluruh lorong gulungan pisang dengan padat?

Bingung. Gue mau bikin, tapi mau pastiin dulu ini petunjuk udah tokcer. Udah beli taoco kemarin... huahuahuahahahahaa... mau bikin lontong gule taoco ah, biar kaget sekalian si Abang... huahuahuahahhahahaaa....

Lisa Aries mengatakan...

sama-sama.. mudah2an berhasil ya..

Lisa Aries mengatakan...

di letakan memanjang diseluruh lorong lontong Pik..
Jadinya bener2 keisi semua... baru direbus...

Wah, si abang mau elo kasih tauco.. wekekekekke..
Kemaren suami gue makan sayur lontong aja mukanya aneh gitu... ;-p

Kucing Kembar mengatakan...

huahuahuahuahahhaahhaaa..... padahal sayur lontong kan gak banyak beda dengan kari-kari South Indian? Coba lo tes, kasih gule taoco, atau rawon pake lontong... huahuahuahauhahahhaaa..... gue udah beli bumbu rawon nih, nanti mau coba, doyan kagak si abang ama rawon. Kemarin-kemarin gue udah bikinin pecel, rempeyek kacang, es teler, kerupuk ikan, sayur sawi putih... semua udah ok... :D Teri dan ikan asin, gue belum "tega" kekkekekkekeee.....

XXXX YYYY mengatakan...

lontongnya darurat aja cakep gini apalagi kalo ga darurat yakkk????

Sylvie Gill mengatakan...

waduh.... ini tips nya berguna sekali - mau coba ah
thank you for sharing ya, lisa

Lisa Aries mengatakan...

sama-sama mbak...

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

jadi kayak bikin arem-arem ya Lis, cuma gag pake isi aja nich ... :) ... top abis dah idenya ...

tiara julia mengatakan...

enak tuh klo suami mau gado gado nggak capek bikin.kan bikin nasinya agak lemasan kan trus klo pake almunium foil emang nggak cepat rusak kayak daun makasih ya sharing nya

Lisa Aries mengatakan...

jadi pengen arem-arem..;-p

Lisa Aries mengatakan...

bener ya.. pake alumunium foil gak cepet rusak..? wah, boleh juga tuh...

Riesty Bimo mengatakan...

Wow, ini berguna sekali, makasih yah mba sudah membagi ilmunya. Salam kenal ;-)

Lisa Aries mengatakan...

Salam Kenal juga...
Mudah-mudahan berguna ya...

julia setyowati mengatakan...

lam kenal lis....kira basi nggak yah kalo makan besoknya? thx sblmnya

Lisa Aries mengatakan...

maksudnya bikin sore.. trus dimakan besoknya... bisa kok. Biasanya saya sampe 2 hari juga masih bisa... (suka saya masukin kulkas, trus besok paginya dikeluarin, dan biarkan disuhu ruang - kalo untuk hari kedua )

XXXX YYYY mengatakan...

lontong or ketupat emang paling enak buat lebaran. gw buatnya pake plastik, kasian dechhh...kgk ada banana leaf nya sich. tapi gw kalo lebaran pasti buat khasnya indo, opor dll . suami ngalah lah yaaw...

Lisa Aries mengatakan...

waduuuuuuh.. belom di jawab nih....
Suami made in India yah....? ;-p

XXXX YYYY mengatakan...

suami??? he he he...ada..aja.

deazy trisatya mengatakan...

pake alumunium foil bisa ya mbak? binun mo bikin lontong tapi ndak ada daun pisang. ada ide selain pake alumunium foil or plastik?
syukron.

Lisa Aries mengatakan...

Klao gak ada daun pisang, alumunium foil bisa jadi pilihan utama...
Saya udah sering bikin pake daun pisang juga pkae foil. Kalo pas punya daun pisang dikit, kadang kadang pake foil yang dalemnya dikasih daun pisang, biar lontongnya berwarna...

Cuma buat ngingetin, lontongnya nanti direbus ya.. bukan dikukus... hehehe. Abis udah berkali kali yg lapor gagal bikin, ternyata pada dikukus... ;-p

Pottre Medure mengatakan...

Terima kasih ya buat resepnya, mbak Lisa. ;)

ira gunawan mengatakan...

Thank you for sharing this, ini berguna sekali!

taufik ali murtaldlo taufik mengatakan...

wuihhhhhhhh........lihat lontong sayurnya, perut saya langsung kruyuk-kruyuk minta diisi. ngebayangin saking enak lan sedape. padahal cuma foto doang. apalagi kalau mbak lisa ngasih.... wiss....tak entongna kabeh. salam kenal mbak.thx