Selasa, 25 Oktober 2005

Gemblong


Description:
Kangen jajanan endonesah..

Ingredients:
1 gelas tepung ketan
1/2 butir kelapa, kupas dan parut
1/4 sdt garam
100 ml santan hangat

Untuk Besta:
1 kotak kecil gula merah (dikit aja ya)
5 sdm gula pasir
75 ml air

Directions:
1. Campur tepung ketan, kelapa parut, garam dan santan hangat. Uleni hingga benar-benar tercampur rata.
2. Bagi adonan menjadi 8 sama besar, Bentuk lonjong dan pipih agar matang sampai kedalam saat digoreng.
3. Goreng hingga berwarna kecoklatan

Besta :
Campur semua bahan untuk besta, masak diatas kompor sampai berambut (berbuih). Masukan gemblong, aduk rata.
Angkat dan pisah-pisahkan antara gemblong satu dengan yang lain sampai besta yang menempel kering

35 komentar:

Evimeinar Nasution mengatakan...

jajanan urang sunda.... pulkam Lis.... ditungguin Ir di Jakarta tuhh

suci sadiq mengatakan...

kirim dongg ke mulund. disini gak ada tepung ketan, hiks hiks hiks

Evimeinar Nasution mengatakan...

bikin dari beras ketan ciiiii hehehehe

aya munir mengatakan...

Lam kenal dulu mbak Lisa..:), wah boleh juga nih resepnya, saya juga pernah rasa makanan kayak gini tapi beras ketannya diganti dengan ubi rebus bahan lainnya persis sama..kalo itu apa ya namanya mbak??..:D

iir mamanya bella mengatakan...

wadooohh lagi lagi jajanan kesukaan gw..ini biasanya di jual di warung deket rumah gw..tiap pagi gw pasti beliii buat sarapan...hehehe...
thanx yaa udh sharing resepnya..baru tau cara bikinnya...

Lea sajah mengatakan...

bageeeee

Kucing Kembar mengatakan...

Ooooooooiii... itu di foto gemblongnya kok cuma TUJUH? Waaaa... udah diembat lisa duluan sebelum difoto. Waaaaaaaaaaaaaa....

Lis, gue lagi masak lontong gaya elo... ama sayur lodeh. Aaaaaaaaaaaaahhh.... ntar kalau jadi, gue kirim kabar.

Lisa Aries mengatakan...

Pulkam...?? wah.. mau bangeeeet..
Elo gak pulkam Vi..?

Lisa Aries mengatakan...

itu di parcel.. keknya ada tepung ketannya..??

Lisa Aries mengatakan...

ya sama aja dong Vi.. dua2nya gak ada...

Lisa Aries mengatakan...

Salam Kenal juga.....

wah, saya malah baru tau ada versi ubi-nya... patut dicoba tuh...hehehe, Thanks lho idenya.. nanti kalo ubi udah banyak yg jual.. pasti saya coba...

Lisa Aries mengatakan...

Samaan mulu sih Iir.. hehehe... gue juga dulu tiap pagi beli..... gemblong ketan item tuh.. enak banget...

Lisa Aries mengatakan...

neeeeeeeeeh... heeheheheh

Lisa Aries mengatakan...

Yaaa.. di itung ma diaaaaaa....
Kan begitu jadi kudu di tes dulu .. layak saji apa kagak... hehehe

Pegimane lontongnye.... jadi gak..?

Ag P. mengatakan...

1/2 kelapa diparut kira kira berapa sendok kelapa parutan/ parutan kering ya ?
*maklum ... Lis, disini kelapa segar lebih mahal dari kelapa parutan kering*

Kucing Kembar mengatakan...

lontongnya.. jadi dong! tapi tadi malam gue kelaparan, buru2 gue buka dan iris sebelum dingin, jadi agak lembek. masih ada dua lontong lagi, dengan sayur lodeh. ntar gue foto dah, dan kasih laporan ke sini...

mantabh dah lis.... cuma itu lontong yang pertama kurang berwarna ijo luarnya... hmmm...

oh, iya... gue ada trick untuk mengurangi pecahnya daun pisang. sebelum dipakai, daun pisang dipanaskan di atas api, supaya lilinnya luruh dan daunnya lemas. Setelah itu baru digunakan seperti biasa. Lontong gak gampang pecah lagi! :D

Evimeinar Nasution mengatakan...

kagak ngaruh gue pulkammmm apa gak.... mendingan adek gue yg dikirm ke sini...irit ongkos.... kalo gue pulkam biayanya dua orang kalo adek gue yg kesini cuman biaya satu orang hehehehehe

Evimeinar Nasution mengatakan...

bikin sekalian sate kerang-nya.... enak dehhh

Estri U mengatakan...

satu lagi doyanan gue Lis...*perasaan gue semua juga doyan..waakk!!*

bagi napeee!!

Evimeinar Nasution mengatakan...

kecuali hummus :-P

Lisa Aries mengatakan...

Gue juga... hehehhee

Lisa Aries mengatakan...

kira-kira 12 - 15 sdm kelapa parut mbak Agnes

Lisa Aries mengatakan...

Jadi ya Pik.. alhamdulillah... hehehehe... gue suka deg-degan kalo ada yang nyoba resep gue... hehehehhe. Foto dong foto....

Bener juga tuh ya,, trik elo buat ngelemesin daun pisang..... boleh di coba... Thanks lhoooo....

Lisa Aries mengatakan...

Kalo gue sih ngaruh banget Vi.... kalo adek yang ke sini.. gue cuma ketemu adek gue doang...
Kalo gue yang pulkam.. gue ketemu Bokap Nyokap, kakak adek, Om Tante, sepupu.. nenek.. temen... hehehee

Ag P. mengatakan...

juga salah satu pertimbanganku ...

Kucing Kembar mengatakan...

tadi malam gue mikir lagi... jangan2 karena udah dilemesin itu makanya warna lontongnya kagak ijo lezat... :D Insya Allah lain kali kalau gue coba, gue lapisin bagian pertama dengan daun pisang yang gak dipanasin, dan lapisan luar dengan daun pisang yang dipanasin. Nanti kita lihat deh.... :D

Fotonya udah ada... ntar gue kirim yee.... :D

Lisa Aries mengatakan...

Lontong gue juga gak ijo Pik..
Kali kalo ngerebusnya lamaan ijo yak....

cepet dong.. fotonya

Ria Tea mengatakan...

ini jajanan favorit, lis...ternyata nggak susah sebenernya ya...cuma ada ingredient yg kurang nih...kemauan...semua ingredients Alhamdulillah, di sini ada lis, yg terakhir doang (kemauan) yg nggak ada...hiks hiks hiks...

wiwiek f mengatakan...

wah, saya kaget koq ada makanan namanya gemblong....kayak nama penjahat. hihi, ternyata saya yg kurang gaul. Pengin nyoba ahh...

Lisa Aries mengatakan...

wakakakakaa... ada-ada aja...

emang belom pernah denger makanan gemblong..? Kan ngetop banget lho padahal... kalo abis dari punca suka beli tuh... :D

Maria G mengatakan...

Mbak

tanya lagi yah...kalo dibesokin ditaroh di kulkas itu kue keras gak sih ? trus bestanya meleleh gak ?

Salam

Maria

Lisa Aries mengatakan...

waduh, maap telat bacanya....
kalo didiemin terlalu lama... (gak usah sampe besoknya juga) biasanya jadi keras...
resep yg ini gak tau deh, jadi keras apa nggak... soalnya setiap bikin pasti langsung abis.. ;-p

butet aruan mengatakan...

Hi Salam kenal, numpang nyontek resep yach Bu

Lisa Aries mengatakan...

Monggo... :-)
Salam kenal juga...

Leila Niwanda mengatakan...

Salam kenal Mbak, boleh numpang nyontek resepnya ya.. :)
Makasih sebelumnya.