Jumat, 14 Oktober 2005

Cumi masak saos


Description:
Ini menu sahur kita kemaren.. Biasanya juga saya bikin kalo pas Uppa lagi gak ada di rumah. Soalnya praktis, gak perlu bikin bumbu masala.. hehehe...

Ingredients:
250 gram cumi (kira-kira hehehe)
1 buah Onion (bawang Bombay), iris kasar
1 buah tomat, iris
2 siung bawang putih cincang
1 cm jahe, cincang
3 sdm saos tomat
5 sdm saos cabe
1 sdm soya sauce
garam secukupnya
gula pasir jika suka (biasanya saya tidak pakai)
minyak untuk menumis

Directions:
1. Potong-potong cumi berbentuk cincin, cuci bersih
2. Panaskan sedikit minyak di wajan, masukan Bawang Bombay tumis hingga layu
3. Masukan bawang putih dan jahe cincang, tumis hingga harum
4. Masukan semua bumbu saos, tumis beberapa saat hingga berminyak
5. Masukan cumi, tumis hingga berubah warna. Masukan garam secukupna. Tambahkan air jika perlu. Masak sampai cumi matang dan air menghilang. Jangan lupa cicipi hingga mendapat rasa yg oke
6. Nikmati selagi hangat dengan nasi putih yang hangat juga...

14 komentar:

suci sadiq mengatakan...

bikinnya kalo uppa gak ada... tapi menunya buat 2 orang.. yang berarti lu ngabisin sendirian ya.. hihihi

Estri U mengatakan...

cuminya di kulitin ya lis? aku suka bingung kalo masak cumi..cumi item lagi...gituu..mulu, bosen..hehe

iir mamanya bella mengatakan...

hmmm yummmyyy....

Lisa Aries mengatakan...

Ya gitu deeeeeee.... sirik aje sih lo... kekekkekeke...
Abis gimana Ci... gue kan gak bisa masak sedikit.. *alesan*

Lisa Aries mengatakan...

Iya.. dikulitin, dibuang kantong tintanya.. Pokoke bener-bener mulus... hehehe.

Lisa Aries mengatakan...

;-p

Evimeinar Nasution mengatakan...

nikmehhhhhhhh nih kalo gue bisa gue abisin sndr gak ngeliat sebelah gue lagi ehehehehe

Evimeinar Nasution mengatakan...

elu mah bener2 kayak orang jatim doyan cumii item... sekali-kali coba deh cumi masak aceh heheheh kalo mau tau bumbunya gue tanya dulu yehhh ama Iyuk gue di Sidoarjo :-P

Estri U mengatakan...

hehe..mang iya yah? setau gue makanan menado juga ada cumi item, tapi pedesnya alamaaaakkk!!! sampe nangis2!!

lah si iyuk tinggal di sidoarjo masaknya cumi masak aceh...hehe, mana sini mau resepnya!!

Evimeinar Nasution mengatakan...

ntarrrr yehhhh sabar.... ini juga rasanya ada asamnya ama pedes dan si Iyuk kalo bikin suka super pedes nikmehhhhhhhhh.

Evimeinar Nasution mengatakan...

lahhhhh khan ikut keluarga gue bertahun-tahun, krn keluarga kita suka masak masakan sumatera..... dan si iyuk kalo bikin suka super pedesss dan bentuk cumi di potong2 kayak cincin yg tebel terus dikerat jadi pas mateng cuminya keliatan cantik hehehehehe.....

Lisa Aries mengatakan...

dikerat gimana Vi...
Udah cepetan dong tulis resepnya... Lagi punya cumi banyak nih... cepetan....

Evimeinar Nasution mengatakan...

digunting sedikit bagian pinggir2nya jadi kalo mateng ntar merekahhhh

Lisa Aries mengatakan...

ooo.. iya iya tau... :D
Bentuk cincinnya berarti harus gede ya...