Sabtu, 17 Desember 2005

Chappati (lagi)


Description:
Sebelumnya saya udah pernah posting resep chappati. Yang ini sama aja sih resepnya.. cuma pas manggangnya dikasih ghee atau butter atau margarine.. Jadinya lebih enak, lbih empuk... gak kering.... Saya sendiri baru tau enaknya...heeehehe... abis selama ini diajarinnya manggang tanpa ghee...

Ingredients:
2 cangkir atta/wheat flour
1 cangkir air panas
1/2 sdt garam
1 sdm ghee/butter/margarine

Directions:
1. Campur tepung atta dengan air hangat. Remas-remas, tekan-tekan sampai adonan tercampur dan lembut. Tangan mesti pegel, kalo belum pegel berarti belum cukup ngeremasnya wekekeke... Pokonya sampai adonan benar2 lembut dan empuk...
2. Bentuk adonan bulat-bulat sebesar onde-onde yang kecil (bingung gak? kira2 sendiri lah..)
3. Giling adonan setipis-tipisnya. Supaya gak lengket, taburi dengan tepung pada saat menggiling.
4 Panaskan tava/pan tanpa minyak. Panggang adonan di atas pan sampai matang. Caranya panggang dulu satu sisi selama kurang lebih 10 detik (berubah warna) trus balik, panggang sampai timbul gelembung2 udara. Terakhir balik lagi ke sisi yang pertama, panggang sampai chappati mengelembung seperti balon.
5. Beri sedikit margarine pada satu sisinya saja... ratakan... kemudian angkat. Sajikan dengan curry

28 komentar:

Yola Dowling mengatakan...

Lisa... duile, gua dulu di India demen banget makan ini. Sampe si Alice yang bantu-bantu di rumah tuh saban kali nanyain, kapan gua mau makan chappati lagi. Hihihi...

Evimeinar Nasution mengatakan...

i love chappati.... Lizz, makan pake burger ala gue tuhh. *promotion.mb.ca*

Lisa Aries mengatakan...

gue juga... cuma ribet bikinnya... wekekekeke...

Lisa Aries mengatakan...

Wah... dibikinin si Alice ya Yo... hehehe.. Bo, namanya keren banged...;-p

yuni hanafi mengatakan...

kayak isy mesir ya lis...ini makanan pokok(kayak nasi?) mirip banget sm mknn mesir...........

Evimeinar Nasution mengatakan...

wakakakakak gw khan tgl makan pas di Pak trs pas di indo kepengen tgl beli instannya tgl dipanasin di teflon

iir mamanya bella mengatakan...

sama kaya di arab makanan pokoknya roti2an spt ini...gw paling doyan lis...kalo ke resto india pasti dehhh jadi menu utama....chapatti ato nan...makannya pake butter chicken...hmmmm....

Estri U mengatakan...

nan atau chappati ini menurut lidah gue paling tob diantara roti2 sejenis....kalo kubuss (arab) rada tebel....kalo si chappati lebih tipis ya..enak. ada satu lagi sebenernya temen makan puree bhaji kalo gue pesen di resto India...gue lupa namanya...dia kayak kulit martabak gitu Lis, tipis and rada berminyak. mungkin bikinnya digoreng ya. uenaaakkk banget.

Yola Dowling mengatakan...

Lisa... gua lagi kangen pengen makan chili paneer sama gulab jamun... Kalo tau kasih tau dong, Lis....

Lisa Aries mengatakan...

iya.. roti India sama roti arab banyak miripnya ya...

Lisa Aries mengatakan...

Disini ada juga tuh Pep yang udah jadi tinggal manasin... tapi biasanya alot...

Lisa Aries mengatakan...

Wah.. iya butter chicken.... jadi inget deh...hehehhee

Evimeinar Nasution mengatakan...

ohhh ya?

Lisa Aries mengatakan...

apaan ya... poori bukan..? atau paratha..?

Lisa Aries mengatakan...

aaah.. elo yg susah susah aja Yo.....wekekekeke..... paneer sama gulab gue belom pernah nyoba bikin... ;-p
Hmm.. pengen nyoba akapan-kapan...

aya munir mengatakan...

uenak euy..tapi kok harus sampe' tangannnya pegel sih ..jadi nga semangat lagi nih (dasar males)

Evimeinar Nasution mengatakan...

wakakakkkkkkkk mbak ini lucu bener...
gr2 tiap hr mau makan chapatti emak mertua sepupuku di Pak, punya pembantu khusus buat ngulenin adonan dan ngirisin bawang

Lisa Aries mengatakan...

Emang gitu Ya....
Soalnya adonannya harus bener-bener lembut dan empuk karena hasil ulen-an tangan kita. Kalo gak cukup lama dan tenaga buat ngadonin... chappatinya jadinya akan keras, gak empuk... *pengalaman pribadi*

Lisa Aries mengatakan...

bener juga tuh Pep.... hehehehe...
Disini juga kadang orang punya pembantu cuma buat ngurusin dapur doang.... wekekekeke....

sweety vega mengatakan...

lis ini favoritnya suami gue bgt tuh, gue punya tips nih....kalau airnya di ganti ama susu cair, cappatinya jadi soft bgt. coba deh *maksa sambil todongin lisa pake rolling pin*.

helien sampurna mengatakan...

mana resep dosanya lis??

Lisa Aries mengatakan...

hehehehe.. besok deh mbak Tika....
besok sarapannya mau bikin dosa... baru aja ngerendem beras sama dal-nya tuh... ;-p

helien sampurna mengatakan...

kalau gitu gue besok on line mantengin mp elo deh hihii

fitri bunda'nya double "A" mengatakan...

Lis ... saya suka makan cappati pake tomato egg ... tapi ya selama ini beli aja, gak pernah minat pengen nyoba bikin, pdhl tetangga depan rumahku orang india lho ... ntarlah kapan-2 minta dia ngajarin, he-he .. resepnya aku cuplik yach ...

Lisa Aries mengatakan...

boleh.. ;-p

Lita Koeswandi mengatakan...

Hmmh..nyam-nyam..boleh dong ya berguru tips and tricknya masakan india..Soalnya penggemar sih!

Anita M~ mengatakan...

I love Chappati tapi enga tahu bikin cara bikin nya,
makasih ya resep nya. sebelum ni pada beli aja....
*so happy*

Lisa Aries mengatakan...

waah.. ini replyan lama yak... baru baca.. ;-p