Rabu, 21 Desember 2005

Kangen Mama...


Karena hari ini hari Ibu... boleh dong saya bercerita tentang Mama...  Bukan inget mama kalo pas hari Ibu doang... hehehehe.. Nggak lah...  Ini kebetulan aja kan, temanya pas...


Mama saya namanya Titiek Widianti (Uppa menyebutnya bener-bener 'titiek'... hehehehe).  Tahun depan, tepatnya 2 bulan lagi, mama burumur genap 50 tahun....  Apalagi yang bisa saya sampaikan tentang mama selain....  saya sangat mengagumi beliau..  Seperti juga teman-teman mengagumi sosok ibu masing-masing  (bener kan...  ^_^)


Mama saya bukan sarjana... bukan wanita karir yang sukses... bukan pekerja kantoran...  Sejak saya lahir saya hanya mengenal mama sebagai ibu rumah tangga yang sabar, tabah dan nrimo.  Saya tau pasti kehidupan mama tidaklah mudah... penuh persoalan dan cobaan hingga akhirnya saat mama berumur 30 tahun, mama harus berpisah dengan papa.  Yang juga berarti harus pisah sama anak-anaknya  (saya yang waktu itu 8 tahun, kakak dan adik saya kemudian tinggal bersama nenek di Bumiayu). 


Ma...  dulu mungkin Lisa nggak ngerti gimana perasaaan mama pisah sama kita... tapi insha allah, Lisa ngerti sekarang betapa beratnya, setelah Lisa punya Nasha....


Sampe kami anak-anaknya dewasapun, kita gak pernah tinggal bareng satu rumah.  Tapi tetap aja jauh di mata dekat di hati...   Walau jarang bertemu, kedekatan kita tetep terjaga.  Saya selalu ingat dulu waktu kami masih kecil ( kami berempat, perempuan semua) setiap sore, selalu ada makanan kecil dirumah... buatan mama sendiri biar kita nggak jajan di rumah...  Masih ingat setiap pulang sekolah, Mama akan meriksa buku-buku pelajaran...  Ingat saat Mama menjemput saya dan kakak saya dari sekolah yang jaraknya lumayan jauh dengan sepeda....  kemudian pulang dengan tambahan beban 2 anak yg gak bisa diam....hehehe.   Atau juga saat liburan atau malam minggu Mama membawa kami naik Bajaj buat pelesiran di taman Monas... liat air mancur Jali-Jali.... 


Hehehhee... Inget kan Ma... sambil makan es joli....hehehehe


Saat kami anak-anaknya udah besar dan remaja...  Mama mampu menjadi sosok yang asyik buat dijadikan berteman.  Rasanya nggak sungkan buat curhat ke mama.. tentang apa aja... Mama bukan sosok yang suka ngomel...  bukan sosok yang suka menuntut kita harus begini atau begitu....  Bukan sosok yang maunya dihormati aja...


Mama bisa diajak becanda... gak marah kalo pas kita ketawain kalo dia bikin salah yang lucu...  bisa diajak cekikikan sampe malem kalo pas kita nginep bareng...  bisa diajak ngegosip...wekkekekeke...


Mama juga sosok yang rela berkorban demi kebahagian anaknya...  Gimana nggak...  sejak kecil, kita udah hidup terpisah.... Saya tau mama pasti punya angan-angan suatu saat kita bisa tinggal bareng dengan nyaman...   Tapi toh akhirnya gak bisa gitu.  Demi kebahagian saya yang memutuskan menikah dengan Uppa dan tinggal begitu jauh dari keluarga...  Mama tetap rela...  nrimo... Rela melepas kepergian saya... rela melepaskan kesempatan buat melihat cucunya setiap saat dia mau.... 


Ma... makasih ya... maafin kalo Lisa bikin hati mama susah....


Mama adalah ibu, kakak, teman..... Sekarang Mama udah jadi nenek...  walau gitu Mama ogah dipanggil nenek, katanya kesannya tua, hehehehe...  Jadinya kita manggilnya ibu aja buat Nasha dan Auliya.... 


Ma...  Lisa tau mama mungkin gak bakalan baca jurnal ini....  Tapi Lisa yakin Mama tau kalo Lisa kangeeeeeeeen banget sama Mama...  Mudah-mudahan kita bisa cepet ketemu lagi...  mau liat Nasha kan Ma...


Selamat Hari Ibu ya Ma.... 

9 komentar:

Ana Aneka mengatakan...

Wah, menyentuh sekali jurnal Mbak ini.

XXXX YYYY mengatakan...

menyentuh sekali lis journalnya...bener Lis, banyak banget hal yang dulu aku ngga ngerti tentang perasaan ibukku..tapi setelah punya anak sendiri jadi lebih bisa ngerti

Yola Dowling mengatakan...

Lisaaa... gua bacanya sampe mau nangis sendiri, mana malem-malem pula. Terharu bo.

Lisa Aries mengatakan...

Huhuhu.. iya nih.... gue sendiri nulisnya sambil ngelap-ngelap... ingus... hehehehe...

Upik Djalins mengatakan...

kata orang, nggak setiap mama punya kekuatan hati melepaskan anaknya dewasa. hanya mama yang dewasa yang bisa, yang juga rela melepas anak tinggal di benua berbeda.

kalau nanti giliran nasha tiba, gimana?

*kerlingkerling*
salam hormat buat mama-nya-lisa.

Imazahra Chairi mengatakan...

hiks, begini indahnyakah hubungan Mama dan anak, whuaaaaaaaaaaaaaaaaaaa *saya belum tau rasanya* :-(

suci sadiq mengatakan...

wadooh aku kok telat yaa baca jurnal yg ini... lis terharu baca jurnalnya... semoga tante sehat2 terus yaa, biar lisa bisa sering2 pulang dan ketemuan ama mamanya.... salam hormat, tante!

gue aja mengatakan...

mba lis postingnya bikin chichi sedih,jadi ingat mamaku,gue juga baru baca posting yg ini,memang mama itu orang yg paling banyak berkorban untuk anak²nya "insyaallah kita juga bisa sesabar dan setegar beliau

Coni Immanuel mengatakan...

Lis..... gue mo nangis rasanya baca jurnal ini...jadi perempuan memang mesti kuat....beruntung yang bisa punya anak....jadi anak itu sumber kebahagiaan & kekuatan....semoga mamanya Lisa diberi kekuatan, kesabaran...kebahagiaan dari Allah ya...