Rabu, 28 Desember 2005

Dosa


Description:
Resep buat mbak Tika.... maap lama... Abis kan nunggu bikin dulu, biar ada fotonya.... wakakakaka.
Sajikan dengan Sambar dan Coconut Chutney. Eh, tapi tadi pagi saya sarapan pake beef curry.. enak banget loooh...

Ingredients:
2 gelas beras, rendam 4 - 6 jam
3/4 gelas urad dal (black gram), rendam 4 - 6 jam
1 genggam nasi matang (untuk menghasilkan dosa yang lembut)
garam secukupnya
gingerly oil (atau minyak goreng) secukupnya


Directions:
Rendam dulu beras dan urad dal sampai 6 jam biar lunak saat menghaluskan. (Kalo saya biasanya bikin dosa buat sarapan. Satu hari sebelumnya sekitar jam 2 siang mulai merendam beras dan dal. Trus jam 7 malam menghaluskan.)

Haluskan beras, dal dan nasi secara terpisah.. Usahakan menggunakan air sesedikit mungkin. Kemudian campur semuanya dan aduk rata. Fermentasikan semalaman (10 - 12 jam) dengan ditaro di tempat yang hangat

Pagi hari adonan siap di masak. Tambahkan garam secukupnya. Kalo adonan terlalu kental, boleh tambahkan air.

Dosa ala resto

Dosa ala resto biasanya tampil cantik. Kering dan crispy mirip d'crepes... karena saat memanggangnya diperciki minyak...


1. Panaskan dosakallu (wajan dosa) atau wajan anti lengket, kalau bisa yang berpantat tebal.
2. Tuang 1 sendok sayur atau secukupnya adonan dosa, kemudian tipiskan dengan gelas / mangkok yg berpantat rata hingga benar-benar tipis.
3. Perciki dengan minyak kemudian ratakan minyak ke seluruh permukaan dosa. Masak hingga matang.
4. Angkat dengan cara menggulungnya.


Dosa Rumahan

Bedanya dengan dosa ala resto, dosa rumah gak dikasi minyak saat memanggang untuk mengurangi kandungan minyak... Jadinya dosa tidak crispy tapi lemas.


1. Panaskan wajan dosa
2. Tuang satu sendok sayur adonan dosa, kemudian tipiskan dengan sendok sayur membuat pola melingkar-lingkar.
3. Masak hingga matang kemudian angkat (tdk perlu di balik)




21 komentar:

suci sadiq mengatakan...

waaahh aku sukaaaaa
tapi bikinnya males, mendingan pesen huehehe *gag sopan*

yuni hanafi mengatakan...

kirain dosa yg haram...berati banyak org india suka sm dosa yah...........

iir mamanya bella mengatakan...

ibu yg satu ini bener dahhh kalo posting makanan ga nanggung2..pasti detail banget..bikin napsu pembaca...
ini crepes khas india ya lis?...

ummi nida aufal mengatakan...

heheheh...lis, aku pikir dosa karean ngelakuin maksiyat, ternyata nama makanan ya? ihiihi

Imazahra Chairi mengatakan...

Wuiiiiiiiiiiiih, bikin saya ngiler dan netes tes....... ! Mba Lisa nih bener2 bikin 'dosa' karena dosa :-D

helien sampurna mengatakan...

ahkirnya aku dapet resep dosa, dosa itu enak hehe gak percaya tanya rang india, susah ngomong bsa indoa tanya lisa deh. maksih bnayak lisa.

Lisa Aries mengatakan...

Tapi kalo beli seringnya terlalu asem Ci...kelamaan fermentasinya.... gue gak suka yg asem banget.....

Lisa Aries mengatakan...

Belom denger nama makanan Masala Dosa ya Yun..... udah Masalah, dosa pula... wekekekeke...

Lisa Aries mengatakan...

hehehehe... baru denger ya feb... Dosa Sambar ngetop banget loh di India.... Dosa variasi rasanya bisa macem-macem....

Lisa Aries mengatakan...

Biar aku gak ber-dosa.... silakan cobain doanya... hehehhee

Lisa Aries mengatakan...

Sama-sama mbak Tika..

Imazahra Chairi mengatakan...

Aku disuruh ber'doa' ajah Mba??? Wadoooooooh! Gak mau! Aku maunya 'dosa'
Aku tak ke India aja ya Mba, Maret ini :-D *boleh???*

Lisa Aries mengatakan...

wah.. salah ketik... maksudnya dosa....wekekekek

Beneran mau ke India... yang bener.. yang bener.. yang bener.....?????
Boleh banget ma.. ayo ke sini.... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

gue mikirnya juga gitu waktu pertama kali liat... ternyata rasanya sungguh jauh berbeda...

Imazahra Chairi mengatakan...

Tolong do'anya saja :-D Kalo abstract saya diterima di Abu Dhabi, saya keknya kepingin banget maaaaaaaampir :-D *tapi UEA masih jauh ya ama India? dziiiiiigh, mapping saya jelek* :-(

helien sampurna mengatakan...

masala dosa, atau sambar dosa, pokoknya yg pakai dosa aja enak hehehe

Sabrina's Mom mengatakan...

mesen ama si lisa ci..

Mamiek Syamil mengatakan...

Waaah...ini yang saya suka! Ibunya temen saya pernah bikin ini...uenaaak pol! Dimakan hangat saat baru diangkat dari wajan. Yuuuummmmmmm!

Bunda ZidanSyifa mengatakan...

wah rajin bikin dosa nih? hihihihi... dosa yang ini enak ya... ;)

Haley GR mengatakan...

bener2 dosa niii bikin ngiler :(

Restiani Tan mengatakan...

waduhh mbak Lis postinggannya bikin ngiler :>
btw Black Gram itu apaan mbak? beli dmana? (duh dari tadi nanya nya beli bahan dimana mulu ya hehehe...)