Minggu, 23 Juli 2006

Tape Ketan Hitam & Hijau


Description:
Sumber Resep: Fatmah Bahalwan (NCC)

Ingredients:
500gr beras ketan hitam
2 gelas air
2 btr ragi tape
2 sdm gula kastor

Directions:
- rendam beras ketan dalam air kurang lebih 4 jam (atau semalaman), lalu kukus
- sementara mengukus, didihkan air.
- Saat ketan sudah panas kepul-kepul, siram-siram dengan air mendidih (posisi tetap diatas kompor) sambil diaduk-aduk hingga semua ketan terkana air panas. Teruskan mengukus hingga ketan matang.
- Angkat ketan, gelar dalam nampan atau tampah, biarkan hingga benar-benar dingin,
- Haluskan ragi tape, taburkan pada ketan hingga rata sampai semua ketan kena ragi. Kemudian taburkan juga gula kastor.
- Taruh semua ketan dalam wadah, tutup rapat. Diamkan selama 3
hari 2 malam

Tips: bila nggak takut bintitan, cari wadah plastik yg transparan, shg
bisa mengintip metamorfosa-nya si tape



Untuk tape ketan hijau ganti beras ketan hitam dengan ketan
putih lalu rendam semalaman dalam air yang dibubuhi 1 sdt pasta pandan. Buat tape dg cara yg sama.

22 komentar:

Lia Gurun mengatakan...

waduh baru aja gw pengen bikin, udah keduluan elo Lis, hehehhehe

XXXX YYYY mengatakan...

enak lagi kalo dimakan pake es krim mbak..hmmm

mariena payne mengatakan...

Hmmm enak di makan ama cendol en nangka. Pokoknya aku pasti mau nyoba buat Lis kalo dach habis lahiran. Soalnya saat ini katanya kagak boleh tuh makan tape. Thnx resepnya yachhh..aku link bolehkan say?

Yola Dowling mengatakan...

Lis, dikukusnya berapa lama sih? Gue pernah nyoba, hasilnya masih keras. Terus, emang kalo bikin tape gini boleh diintip ya, maksud aye, kagak usah dikeukeup di lemari selama itu?

Yola Dowling mengatakan...

Lis, dikukusnya berapa lama sih? Gue pernah nyoba, hasilnya masih keras. Terus, emang kalo bikin tape gini boleh diintip ya, maksud aye, kagak usah dikeukeup di lemari selama itu?

iir mamanya bella mengatakan...

waaahhh lisa bikin ngiler gw aja neh...
gw doyan banget tapi ga punya ragi...

Lisa Aries mengatakan...

Laaah, emang napa... bikin bikin aje Li.... gpp kan...

Lisa Aries mengatakan...

iyaaa... enak bangeeet

Lisa Aries mengatakan...

Boleh....

Lisa Aries mengatakan...

gue sih kemaren ngukus 10 menit, trus siram air panas.. kukus lagi kira-kira 20 menitan... total 30 menit lah. Gue tari ketannya di toples bening, trus tutup rapet... taro aja di atas meja juga jadi...

Lisa Aries mengatakan...

hehehe... maap Iir..

Yola Dowling mengatakan...

Ntar gue coba ah... Thanks, Lis!

Ria Tea mengatakan...

lis, beneran gitu, kl diintip bisa bintitan? lugu mode on...

Lisa Aries mengatakan...

diintip gimana maksudnya...? diliat gitu...?
Pengalaman bikin kemaren sih gpp tuh.... Aku taro ketan itemnya di toples plastik bening, tutupnya juga bening. Trus taro aja diatas lemari pendek (diluar lemari, bukan didalem). setelah 3 hari.. tapenya udah jadi...

Lisa Aries mengatakan...

diintip gimana maksudnya...? diliat gitu...?
Pengalaman bikin kemaren sih gpp tuh.... Aku taro ketan itemnya di toples plastik bening, tutupnya juga bening. Trus taro aja diatas lemari pendek (diluar lemari, bukan didalem). setelah 3 hari.. tapenya udah jadi...

XXXX YYYY mengatakan...

mbak gula kastor itu apa yaaaaaaaa..bener nih gak tahu..

Lisa Aries mengatakan...

maksudnya gula halus (bubuk)

Irma Yuli mengatakan...

kalau raginya bagus mah...harusnya ga' perlu gula dlm pembuatan tape. Krn selama ini saya bikin tape ga' pernah dikasih gula, cuma ketan dan ragi doang...

XXXX YYYY mengatakan...

mbak lis....cara bikin kolom untuk resep itu gimana caranya....kasih tahu ya...salam dari sayaaaaa

novi denox mengatakan...

numpang tanya gula kastor itu gula apa?apa hubungannya dengan kastorolie.
klo gak ada apa bisa diganti dengan pastor,atau habib.
wallah di hadaralmaut gak ada.habib tukang telab banyak.

Lysandra Shop mengatakan...

sist, Lisa thx bgt yach resepnya, rajinnnn bgt nulis resep....:) salah satu mknan fav aku nich. Thx bgt sist.

Nganu mengatakan...

pembuatan tape ketan agak sulit ternyata