Minggu, 30 Juli 2006

Vellappam (cara lain)


Description:
Sebelumnya sy udah pernah posting resep vellappam(salah satu south indian bread, khasnya Kerala). Setelah nyobain bikin kue ape kemaren itu, jadi kepikiran bikin vellappam dengan cara yang sama. Jadinya gak usah ribet kudu ngerendem beras sehari sebelum vellappam dihidangkan. Belom lagi ngeblender berasnya yg suka gak alus-alus... Cara ini jauh lebih gampang.

Ingredients:
1 cup tepung beras (yg bagus ya)
1 cup santan dari 1/2 butir kelapa (kalo kurang encer, tambahin dikit)
1/2 cup air kelapa
1/2 cup nasi matang
1/2 sdt intant yeast
1 sdm gula
sedikit garam

Directions:
Haluskan (blender) nasi dengan sedikit santan sampe benar-benar halus. Kemudian campur semua bahan. Aduk sampe rata benar.
Diamkan (fermentasikan) adonan selama paling nggak 8 jam.
Setelah 8 jam, aduk rata dan siap dicetak.

PS: enak banget dimakan sama vegetable stew, mutton stew atau chicken curry

19 komentar:

Luch Myluch mengatakan...

no 1.....!! :-D

Lia Gurun mengatakan...

Lisa gw ga pernah bikin pake cara manual yg beginian, biasanya pake ready mix vallapam, disini banyak di spm, atau ga tinggal telp di anter sampe rumah valapam sama currynya, hehhehehhehe....pemalas.com :-P

Luch Myluch mengatakan...

eh..kok jadi teringat Serabi Notokusuman di Solo yaaa? :-D
hmm... pasti enak tuh!

Lisa Aries mengatakan...

eeeh... apaan sih... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

iya Li... disini juga banyak yang readymix... tinggal dicampur air/santen/susu, blender, diemin sejam.... langsung bisa dicetak...
Tapi menurut gue rasanya kurang cihuy... hehehehe. Yah, walau vellappam gw juga belom secanggih bikinan resto.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

Lah, ini bikinnya juga gara-gara terinspirasi sama serabi itu...kekekke

Luch Myluch mengatakan...

kalo serabi di jogja ada kuahnya santan bergula jawa :)
kalo Vallapam ada sausnya juga ga?

Lisa Aries mengatakan...

Nggaklah... disini makannya pake curry.. ;-p

Lia Gurun mengatakan...

Lis ada no hp ga, biar kita sms an dr sini, murah koq, heheehhehehhe....

Luch Myluch mengatakan...

icip donk ah...

Ag P. mengatakan...

*membayangkan lisa ada disini.
ada tamu dari kerala nih, adik ipar :D
Terpaksa nasi gorengku kemarin aku tambahi curry bubuk.
btw cetakan velappam elektronik ada ngga ya ?

Yola Dowling mengatakan...

Ini enak banget, Lis. Thanks for the recipe, ntar gue mau coba. Dulu ada tetangga sebelah rumah yang suka bikin beginian, wanginya sampeee masuk rumah gue. Yang ada gue gleg-glegan sendiri, ngelamun.

F&H's Mom mengatakan...

kyk nya enak nih

Lisa Aries mengatakan...

gue sih gak ada hp ndiri...(lah, wong di rumah mulu...)
tapi buat sms-an gue make hp laki gue...kekekeke ntar japri aja ya...

Lisa Aries mengatakan...

boleeeh.. ;-p

Lisa Aries mengatakan...

cetakan elektronik..? kayaknya belom pernah liat mbak Agnes...
Abis kan masaknya diatas kompor juga sebentar... palingan 1 - 2 menit tiap appamnya..

Lisa Aries mengatakan...

hehhee.... makan pake chicken curry... wueennaaak banget

Lisa Aries mengatakan...

iya.. kayak kue ape..

Irma Yuli mengatakan...

rasanya spt apa sih mbak?? spt serabi? kira2, kalau dikasih saus atau meses ato keju enak ga'?