Senin, 02 Januari 2006

Roti Manis


Description:
Bikin roti karena iseng.... pengen nyobain resep yang bahannya gampang (gampang maksudnya tersedia di tempat saya tinggal sekarang... wekekeke). Setelah chatting dan konsultasi sama Koki Dekap ;-p... akhirnya nyobain bikin roti, berhubung belom pernah nemu roti manis ala Indonesia yg dalemnya macem-macem di Cochin ini. Gak disangka ternyata dengan oven ajaib saya rotinya jadi... mana empuk banget.... Sayang itu mengkilapnya rada gelap... wakakakaka

Ingredients:
500 gram tepung terigu
(aslinya 350 protein tinggi 150 protein rendah, atau kebalik ya.. lupa gak dicatet ;-p)
11 gram ragi instant
1/2 sdt garam
225 gram gula pasir
3 butir kuning telur
100 gram butter
275 ml air
wijen secukupnya buat taburan
kuning telur buat memoles

Isi :
Coklat meises
keju parut
pisang
kelapa
atau sesukanya

Directions:
1. Campur terigu, gula, ragi instant, garam dan kuning telur. Aduk hingga rata.
2. Masukan butter, aduk hingga rata
3. Masukan air sedikit demi sedikit sambil terus aduk. Kemudian uleni terus hingga empuk dan kalis... tidak lengket ditangan atau di wadah. (pegel banget deh. ;-p)
4. Diamkan selama 30 - 45 menit di tempat yang hangat.
5. Kempiskan adonan yang mengembang dengan cara meninju. Bagi adonan sama besar, kemudian isi dengan bahan isian.
6. Tata diatas loyang, beri jarak. Olesi permukaannya dengan kuning telur dan taburi dengan wijen.
7. Panggang dalam oven panas sampai matang

20 komentar:

iir mamanya bella mengatakan...

lis roti buatan lo kaya buatan ahli yg dijual di toko roti...
lo bisa buka toko roti n restoran jual aneka jajan masakan indonesia n india...
wuiiiiiihhh hebat banget lo lis...

Mamiek Syamil mengatakan...

Waaah...favorit nih!
Cantik sekaleee rotinya!

Yola Dowling mengatakan...

Set dah Lis... rotinya gemuk-gemuk amir yak! Ngiler gua memandangnya...

Lea sajah mengatakan...

enakkk bangettttttt
bagiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

ummi nida aufal mengatakan...

wuaa pegel ya Lis? pake ditinju pula, heheh
aku pernah bikin tapi gak dioven, melainkan digoreng (sapa yg nanya, Feb? qiqiqiq)

ida baik mengatakan...

nanya ya.. :-))
ini butternya salted atau unsalted?
atau mentega biasa?

trus bener2 cuma pake kuning telur aja ya?

makasih ya untuk info rotinya.. :-))
aku lagi getol belajar bikin roti nih..hehehe

ida wijayanti mengatakan...

Wah mbak tiap kali baca resep2 dr mbak Lisa pasti deh ngiler, coba rumah kita deket pasti deh aku sering maen kesana minta diajarin (halah bilang aja mo minta:p) he..he..he..

Lisa Aries mengatakan...

Makanya berani diposting Iir... wakakaka... Kalo jadinya gosong pasti gue umpetin dong.... diperut... hehehehe

Lisa Aries mengatakan...

sama... favorit saya juga mabk... ;-p

Lisa Aries mengatakan...

sesuai sama gue mpok... hehehehe gendut....

Lisa Aries mengatakan...

hehehhee.... kesini dong kalo gitu...

Lisa Aries mengatakan...

Ini juga kemaren sisa adonannya digoreng bentuk donat.... abis gak sabaran nunggu ovennya antri.....wekekekeke

Lisa Aries mengatakan...

Kalo saya sih pake butter salted yang beku (dibiarkan di suhu ruang dulu, tentunya).... Soalnya adanya cuma itu.. ;-p Gak ada banyak pilihan kayak di Indonesia

Iya, itu cuma pake 3 kuning telur buat 500 gram terigu

Lisa Aries mengatakan...

Wah, kayaknya kalo rumah gue deket sama orang indonesia lain, gak bakal serajin ini nyoba resep-resep indonesia...wakakakaka...

Ria Tea mengatakan...

lis, aku kl bikin roti kerasnya kaya buat nimpuk...rahasianya apa sih, supaya rotinya empuk? kasih tahu dong, mumpung belum kapok nih...

Lisa Aries mengatakan...

Waduuuh... gw gak tau apa ya rahasianya supaya empuk... soalnya gw juga gak sengaja jadinya empuk...wekekekek. Kalo disuruh bikin lagi belum tentu berhasil.... ;-p

mysimbur siti mengatakan...

halo mba...salam kenal ya... resepnya bole ku contek ya...

*♥ d!@n ♥* mengatakan...

Lisa, ijin ja buat copy resepnya.
Makasih sebelumnya.

...mat weekend.

*♥ d!@n ♥* mengatakan...

Saya udah buat, kalau Lisa ada waktu bisa dilihat di :
http://dianlantinga.multiply.com/recipes/item/124/Roti_Manis_Isi

Fikri Suyanto mengatakan...

Nice article, very helpfull & usefull. Wah jadi lapeerr nich lihat fotonya yg maknyuss. Dan untuk anda yang ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / mesin bakery. klik aja di FIKRI TEKNIK ditunggu blogwalking nya yach. good luck & keep blogging. Thank's & salam kenal yach...