Senin, 02 Januari 2006

Nagasari


Description:
Nasha doyan banget sama kue ini.... makanya saya suka bolak-balik bikin... Selain itu bahan dan cara bikinnya gampang. Karena gak ada pandan ya pake vanilla essense aja... yang penting wangi....;-p

Ingredients:
1 gelas tepug beras yang bagus
1/2 gelas gula pasir
1/2 sdt garam
3 1/2 gelas santan
2 buah pisang raja, kukus sebentar, potong menyerong
daun pisang secukupnya untuk membungkus

Directions:
1. Bagi dua santan. Campur setengah bagian santan dengan tepung bera. Aduk hingga licin. Sisihkan
2. Didihkan setengah bagian lain santan dengan garam dan gula pasir.
3. Masukan sedikit demi sedikit adonan tepung beras ke dalam santan mendidih. Sambil aduk cepat.
4. Masak adonan tepung beras dengan api kecil sambil terus aduk supaya tidak menggumpal hingga mengental. Matikan api, biarkan agak dingin.
5. Ambil daun pisang secukupnya. Letakan 1 sdm bubur tepung beras, kemudian pisang, tutup lagi dengan 1/2 sdm bubur tepung beras.
6. Gulung daun pisang, lipat kedua sisi atas dan bawah ke belakang supaya berbentuk persegi.
7. Kukus dalam dandang panas selama 15 - 20 menit... Angkat dan dinginkan

PS: Kalo mau gampang pas membungkus dengan daun pisang... (supaya tidak robek) panaskan dulu daun pisang diatas api sebentar... baru digunakan. (thanks Pik...heheheh)

15 komentar:

iir mamanya bella mengatakan...

ini juga kedoyanan gw...tapi lis gw beli tepung berasnya kok kasar yaa..ga spt di ina...
namanya rice powder bukan? ato rice flour harusnya....

Estri U mengatakan...

rice flour yang bener, teh...

Estri U mengatakan...

Lis....aih enaknya banyak daun pisang, di sini kadang kalo lagi ada ya ada....enggak ya enggak.susah

Yola Dowling mengatakan...

Lisa, thanks for resepnya mpok... Gua mau nyoba ah kapan-kapan (nyolong daun pisangnya dulu).

Lea sajah mengatakan...

gampang ternyata ya lis....*sok tau*
bikin ahhhhhhhh nyontek bolee yeeeee

Imazahra Chairi mengatakan...

aku pengin Mba bikin ini, tapi kalo gak ada daun pisang, terus gimana yah??? :-(

helien sampurna mengatakan...

coba pakai plastik lah sama aja kok pakai plastik hasilnya(wrap plastik)

Lisa Aries mengatakan...

Udah di jawab tuh sama estri...hehehehe...
eniwei... kalo kasar... elo ayak aja dulu Iir... gue biasanya walau udah alus tetep gue ayak... buat mantepin aja...hehehe

Lisa Aries mengatakan...

Disini sih blangnya rice powder Iir.. Tapi emang bahasa inggrisnya Rice Flour kan... (seperti estri bilang) Kalo tepungnya rada kasar, elo ayak aja dulu Iir... gue walaupun udah alus biasanya tetep diayak.... biar manteB...heheh

Lisa Aries mengatakan...

bungkus pake plastik aja Tri.... gue sering liat kok dulu, nagasari bungkus plastik

Lisa Aries mengatakan...

hehehehe... emang di Naples ada pu'un pisang ya mpok... jadi inget Ratih panik metikin daun singkong... wakakaka...

Lisa Aries mengatakan...

Gampaaaaaang.. ayo.. ayo coba.... :D

Lisa Aries mengatakan...

udah di jawab mbak Tika tuh...;-p pake plastik yang rada tebel Ma....

retma haripahargio mengatakan...

Lisaaa.. kemaren aku bikin ini. hihihi :D enak looooh. Makasih ya....

Lisa Aries mengatakan...

hehehe.... udah di coba ya....
Ini resep andalan bangetdeh, soalnya gakusah pake nimbang... cepet jadi. Gak perlu dicampur tepung sagu....kaloakusih suka yg tepung beras doang....