Rabu, 03 Agustus 2005

Potato Stew


Description:
Kari yang satu ini selalu saya buat pas sarapan, karena gampang banget dan cepat. Makannya sama Chappati atau Vellappam.

Ingredients:
2 buah kentang yang besar, kupas potong kotak kecil
1 buah big onion (segede bawang bombay, tapi lebih mirip bawang merah), iris halus
1 bawang putih, cincang
1 cm jahe, cincang
1-2 buah cabai hijau belah vertical
1 sdt mustard seeds
1 spring curry leaves
daun ketumbar secukupnya
1 cangkir santan rada kental
1/4 sdt bubuk kunyit
1-2 sdm minyak kelapa
garam

Directions:
- Masukan kentang, onion, cabe hijau, bawang putih, jahe, bubuk kunyit dan garam ke dalam pressure cooker. Tambah air sedikit aja. Trus masak sampai keluar uap sekali, trus kecilkan api, masak sampe kira-kira kentangnya rada ancur. --> Pake pressure cooker biar cepet aja kali ya, direbus juga bisa, tapi pancinya mesti ditutup dan jangan sampe gosong.
- Matikan kompor, tunggu sampai uap dalam cooker hilang. Buka cooker, tambahkan santan kemudian masak dengan api kecil sampai santan matang. Jangan sampe mendidih banget-banget. Trus masukan daun ketumbar yang udah dicincang, matikan kompor.
- Di penggorengan yang lain panaskan minyak kelapa, masukan mustard seeds sampai meledak-ledak, tambahkan curry leaves masak 2 detik aja. Segera campurkan ke potato curry.
- Hidangkan dengan chappati

8 komentar:

suci sadiq mengatakan...

weeeeeh slurps slrups nih resepnya...
jadi pengen nyoba... gue kan penggila kentang!!

Kucing Kembar mengatakan...

gue sudah coba ini resep... mantabbbbhhhh! tapi kalau lihat fotonya Mpok Lisa, kari gue mesti ditambah santan lagi nih... soalnya rada kental dibanding foto yang ini. Ketika mencicipi, si Abang tidak langsung bereaksi. Langsung gue bilang, "Bang... nyang ini potato curry ala Kerala Bang, pake santen... jangan dibandingin ama ala Bombay, ye..." Baru deh dia bilang,"oh... agak kurang garem nih, Neng..." :D

Soal vailedappam, gue tetap akan buktiin, gue BISA! bikin vellapam! :D har har har har harrr....

Makasih, ye Mpoooookk... berkat Mpok, kayaknya bakal ada nyang tambah sayang ame gue neh... :D

Lisa Aries mengatakan...

berhasil ya Cing... :D
Alhamdulillah... hehehe... gw kan rada kuatir soalnya kalo ada yg nyoba resep gw, kalo gagal gimana... ;-p *inget kasus vellappam* hihihih...

Eh, kalo santen.. suka-suka aja sih... aslinya emang rada kentel Cing, cuma si Uppa itu suka yg rada encer..*gak encer banged seeeh* jadinya gw tambahin santennya...

Kucing Kembar mengatakan...

Yeeee... elu! Gue udah tambah tu santen....Tapi kan ntar dianget2in, bisa kentel lagi (gue masak buat dimakan besok-besok... soalnya banyak kerjaan besok-besok itu).

Sekarang, tinggal membuktikan VAILEDAPPAM menjadi VELLAPAN! Grraaauuunggg.... *kucing memperlihatkan taring dan kukunya*

suci sadiq mengatakan...

hahaha, kucing yang doyan makanan india... aja aja ada..nih!

Kucing Kembar mengatakan...

waaa... ini masih mending, utski.... ane punya temen yang punya kucing... tahu nggak kedemenannya apa? KETIMUN!! :D Kucing demen ketimun... ini namanya kucing herbivora.

suci sadiq mengatakan...

HUAHahaha.... hihihi...

taufik ali murtaldlo taufik mengatakan...

coba dulu. baru kementar. jangan lihat luarnya. cicipi dulu rasanya. baru kementar. jangan lihat rupanya, tapi lihat hatinya. hex3......................