Senin, 22 Agustus 2005

Vellapppam (update)


Description:
Makanan ini khasnya Kerala juga... Vella artinya putih, Appam itu apem... (hehehe, kali lho..). Bentuknya mirip kue ape atau apem di Indonesia. Walaupun gak selalu dimakan buat sarapan, tapi saya memang biasanya bikinnya pas sarapan, karena adonannya disiapin malam sebelumnya. Paginya tinggal dimasak... Makannya tentu saja dengan kari ^_^

Ingredients:
2 cups beras, rendam 4-6 jam
1 cup nasi matang
1 cup kelapa parut
1/2 sdt yeast
2 sdm gula
1/2 cup air hangat
garam secukupnya

Directions:
Kebetulan tadi pagi bikin vellapam buat sarapan. Jadi kepikiran buat bikin step by stepnya. Gara-gara ada yg nyoba gak berhasil... Aye jadi penasaran nih Cing... hehehehe..
Hasilnya emang gak secantik vellappam bikinan hotel... tapi Uppa bilang enak kok. Jadinya saya pede... hehehe...

42 komentar:

XXXX YYYY mengatakan...

menggiurkan banget :)

Lisa Aries mengatakan...

coba dibikin... hihihih... untuk membuktikan apakah rasanya se-menggiurkan tampangnya... hehehehe

Kucing Kembar mengatakan...

aahhaaiii... menitik air liur ane....

Kemarin2 ane ama si Abang makan South Asian cuisine, dan diperkenalkan pada Utthapam. Ane bilang, "Bang... ini mah di kampung ane namanya Serabi! Dimakannya, kadang2 pake santen ama gula jawa, bang." Yang kita makan waktu itu onion utthapam, dan memang dimakan ama kari. Si Abang tidak berkomentar, asik menikmati makanan kampung halamannya....

XXXX YYYY mengatakan...

Gimana kalo acara bikinnya di skip ..truss lisa pas kebetulan bikin buat sarapan dan sisa sarapan dikirim ke colorado :D

*nggak nolak banget!!!

Lisa Aries mengatakan...

Yak, betul... hehehe, saya juga sempet terkaget-kaget pas pertama ketemu serabi disini...hehehe. Dulu sih gak kepikiran deh bikin seabi sendiri...
Tapi eman tetep serabi itu cocoknya sama santen gula yaa... Belom bisa nerima deh kalo sama kari...

Lisa Aries mengatakan...

si abang orang india kah...? ;-p

Lisa Aries mengatakan...

sampe sana udah kering kisut kayak kerupuk melempem dong... hehehe....

Kucing Kembar mengatakan...

ane mau coba ah masak serabi India hari Sabtu. ntar kalo jadi, ane lapor dah... :D

Kucing Kembar mengatakan...

Ke Devon street aja di Chicago. Cari warung Annapurna. Mereka punya apam-apam India juga.... :D

XXXX YYYY mengatakan...

ada sih warung annapurna disini cumannn dahh niatan banget di kirimi leftover breakfast ama neng lisa :D

Kucing Kembar mengatakan...

Bu Lisa... ane lagi coba ini resep. Tapi ane punya gilingan kayaknya nggak mantebh nih... kagak halus hasil gilingannya. Gilingan Ibu Lisa seperti apa sih? Blender apa mixer apa food processor, gitu....

lam salam. kucing.

XXXX YYYY mengatakan...

pake food processor aja di pulse jeng :D

Kucing Kembar mengatakan...

udah yu Ari... Ini food processor-nya kitchen aid yang mini, cuma ada mode chop dan grind. Seng ken ken?

XXXX YYYY mengatakan...

sing ken-ken Jeng :D...di pulsed aja tapi inget kata jeng lisa ...berasnya kudu direndem!!!!!! abis itu dibuang airnya nahhh baru di grind...kalo punya coffee grinder bisa dipake juga tuh :D

Kucing Kembar mengatakan...

direndem dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore, yu Ari... (saya panggil yu, soalnya dulu di Lombok, tetangga yang orang Bali semua harus dipanggil Yu.. :D Dari Ida Ayu... :D).

XXXX YYYY mengatakan...

wink wink :D....btw nama panggilannya selain kucing sapa sehh?? jadi pengen kenal :)...keluarga banyak sih di lombok terutama di Mataram

Kucing Kembar mengatakan...

Gagal buuuu... gagal buuuu..... :( Hari ini coba dimasak, gagal total. Si Abang bilang, "no comment! no comment." Terus dia bilang lagi,"Udah ane bilang, ini proyek udah gagal dari awalnya.... Kagak ada yang bisa bikin vellapam/utthapam di rumah." Ane bilang, "Ane akan BUKTIIN ane bisa bikin Vellapam!"

Ini tahapan adonan ane, Lis:
1. Beras direndam 6 jam terus digiling. Tapi gilingannya nggak bisa halus.
2. Kelapa sama nasi juga digilin, seperti di resep.
3. Dibikin adonan pakai yeast sejak jam 6 sore. Dibiarin semalam sampai jam 8 pagi. INi kelamaan nggak? Adonannya agak asam dikit. Tapi kan wajar kalau pakai yeast? Ane pake yeas sekitar 1/2 sdt, tapi adonannya -karena lagi nyoba, cuma sekitar 1/2 resep. Kayaknya yeastnya kebanyakan ya?
4. Kayaknya adonannya terlalu encer. Soalnya waktu digiling, ane kasih air juga biar gampang gilingnya.

Tullluuuuuuuuuuuuuuuuunnngggg....
(Nanti mau ke Devon Street, ane mau cari tu wajan appachatti. Kayak apa sih wajan appachatti?)

Lisa Aries mengatakan...

ya ampuuuun..ini apa-apan pada ribut di rumah orang pas yang punya rumah gak adaaaaa.... :D

Gw biasanya ngalusinnya pake blender biasa kok. Kan berasnya udah diremdem dulu jadinya udah lemes... Pake blender aja bisa alus banget kok...

Lisa Aries mengatakan...

Yaaaa... Cing... gagal ya Jeeeeng... aduh, maap ya... jadi gak enak nih...
Tapi jangan menyerah.. pasti bisa kok. Gw aja sekali nyoba sendiri langsung berhasil kok.. :)

Ta' ulangi deh nih.. yang biasa gw bikin:
1. Beras mulai diremdem sekitar jam 2 siang.... Biasanya sih gak pernah pake takeran.. hehehe.. kira-kira aja... sekitar 1 gelas / 2 cups

2. Jam 9 - 10 trus di masukin blender, kasih air dikit aja... trus di puter deh tuh... jadinya harus alus banget... Kalo kira2 airnya kurang ya tambahin...

3. Nasi sisa siang kira kira 1 cup sama kelapa separo juga diblender alus pake sedikit air... harus alus bener ya....

4. yeast di seduh aer anget sampe berbuih... trus semuanya campurin deh tuh... beras alus, kelapa nasi alus, larutan yeast, gula sama garem... aduk rata. Jangan dikasih air lagi kalo bisa.. soalnya kan kalo abis diinepin biasanya tambah encer paginya..

5. nah.. besoknya tinggal di masak......

Appachati... sebetulnya penggorengan biasa sih.... kecil... dan gak terlalu dalem cekungannya... NTAR DEH DISERTAI GAMBARNYA DI PHOTO MENU....

Lisa Aries mengatakan...

Pas giling beras emang kudu dikasih air Cing.. kalo nggak ya gak alus-alus... Tapi ngasihnya jagan banyak-banyak yak...

Kucing Kembar mengatakan...

kayaknya gilingan ane kurang ampuh nih... huuu.... tahu nggak, si Abang ngeledek. Do'i bilang, "Itu mah bukan Vellapam, Ciiing! Tapi, FAILED appam!" Ane bilang, pokoknya ane akan coba terus, sampai jadi! Soalnya doi bilang, emaknya aja yang jago masak kagak pernah bikin apam di rumah, karena susye.... Yeeeeeeeeee......

Lisa Aries mengatakan...

Emang sih, vellappam jarang banget dibikin di rumah.. biasanya makannya cuma kalo makan di luar. Abis bikinnya rada ribet... Biasanya appam rumahan yang simple doangg.. beras di rendem semaleman, trus baginya dialusin, dikasih kelapa.. trus di masak deh... Kadang tebel kayak serabi bandung, kadang tipis-tipis kayak dadar.

Kalo disini sih, banyak yang jual tepung vellappam instant.... jai gak usah nyampurin segala macem. Tinggal dikasih air, tunggu sejam.. trus langsung bisa di masak. Cuma rasanya kurang cihuuuuy...

Kucing Kembar mengatakan...

Pasti deh bu Lisa disayang suami! Lah... bisa bikin vellapam di rumah, je! :D

Kucing Kembar mengatakan...

Makin cinta dah ama Mpok Lisa.... Gue bakal COBA!! Biar si Abang TAHU! Gue BISA!! bikin apam! :D.

Mpok Lisa... kalau utthapam, punya juga gak resepnya? Sama SAMBAR doooongggg!! SAMBARRrrr.... mana enak makan utthapam/vellapam kagak pake SAMBAR??? Ya nggak Utski??

Kalau enggak, Utski deh tulis resep SAMBAR!

XXXX YYYY mengatakan...

lisa ini lengkapppppp photonya..yukkk bikin resep masakan campur aduk step by step kalo gitu ehhehe :D

Azzahrah Asti mengatakan...

Koq seperti kue serabi ya ;;)... atau memang surabi ala india? :D

Kucing Kembar mengatakan...

memang... :D

tapi ada serabi lain yang Mpok Lisa belum kirim nih..... Mpok Lisaaaaa... punya resep onion utthapam, nggak? Pake sambar doooooooooonggg... ihikihikihiiiikkk.....

Lisa Aries mengatakan...

Tuuh.. Ci... denger gak tuuuh,
Mana resep sambarnya.... Woiii....

Lisa Aries mengatakan...

Sok atu Ri... monggo.. monggo.. bikin..:D

Lisa Aries mengatakan...

makanan india selatan memang banyak yg mirip makanan di indonesia...

Lisa Aries mengatakan...

sabar dong ah....
perasaan gue jadi rajin masak gara2 MP deh...hehehe...

Kucing Kembar mengatakan...

wong kue putu aja di India ada versi India-nya. Betul bukan penontoooooooooooooonnn???

Ihhikk... jadi kangen kue putu anget-anget dengan teh nasgitel.

XXXX YYYY mengatakan...

btw pake tepung beras campur tepung ketan garem kelapa parut ama gula jawa beli pipa yang dah dipotong di home depot udahh steam dehh jadi heheheheehe btw itu percobaan ari minggu lalu lohh Kue Putu saking kangennya ama ini makanan

Lisa Aries mengatakan...

putunya india gede-gede ..... udah gitu teksturnya rada kasar, jadi kudu dimakan anget2. Kalo gak bakal keras...

XXXX YYYY mengatakan...

kue putu india manis apa savory curry gitu Sa?

Lisa Aries mengatakan...

Oooo.. jadi tiu to rahasianya putu indonesia lebih lembut dan kenya.. ternyata campur tepung ketan.... *baru tau*

Mana putunya Ri... pajang atuh.... :D

XXXX YYYY mengatakan...

duhh non..waktu ini masak truss lupa jeprettttt :( lagian sekarang masih sibuk jadi belon bisa update recipes nihhh dan kebetulan juga dalam rangka menguruskan badan jadi masak dikurangi heheh

Linda Sunny mengatakan...

nasi matang itu apa??

Lisa Aries mengatakan...

hehehehee.. maksudnya nasi biasa... yang biasa kita makan.... bukan beras gitu... ;-p

taufik ali murtaldlo taufik mengatakan...

rrrrrrrrruar biasa........ benar-benar unik resepnya. gampang lagi. cuma harus sabar yah. tapi dipikir2 hampir sama dengan proses bikin apemnya orang jawa jaman dulu yah. cuma orang kita pada belagu. perkara bikin kue yang diinepin semalan pada kagak mau. alasanya repot. beda ama orang india yah. mau repot2. makanya negaranya bisa bikin mobil, motor sendiri, sampai dijual di indonesia. kita........?????????? cuma bisa impor sampah. sampah apa saja deh....sampai sampah kondom pun indonesia doyan. aku kumpulin semua nich resepnya mbak. trima kasih yach. aku tunggu yg lainnya.

taufik ali murtaldlo taufik mengatakan...

rrrrrrrrruar biasa........ benar-benar unik resepnya. gampang lagi. cuma harus sabar yah. tapi dipikir2 hampir sama dengan proses bikin apemnya orang jawa jaman dulu yah. cuma orang kita pada belagu. perkara bikin kue yang diinepin semalan pada kagak mau. alasanya repot. beda ama orang india yah. mau repot2. makanya negaranya bisa bikin mobil, motor sendiri, sampai dijual di indonesia. kita........?????????? cuma bisa impor sampah. sampah apa saja deh....sampai sampah kondom pun indonesia doyan. aku kumpulin semua nich resepnya mbak. trima kasih yach. aku tunggu yg lainnya.

taufik ali murtaldlo taufik mengatakan...

blendernya lucu banget. entar kalau pulang ke indonesia, jangan lupa di bawa yah. mungkin peranti saji orang india juga lucu dan unik kali ya mbak. tolong dong lain kali difoto piring, sendok, garpu, dll. pasti ok punya. aku tunggu.